Deretan Artis Ini Mengidap Skoliosis, Siapa Saja?

Skoliosis lebih sering ditemukan pada anak-anak sebelum masa pubertas, yaitu sekitar usia 10-15 tahun.

JEDA.ID —Deretan artis ini juga mengidap skoliosis atau tulang punggung bengkok. Belum lama ini, bintang film Imperfect, Jessica Mila, mengungkap sudah mengalami kondisi tidak normal pada tulang punggung yang bengkok atau skoliosis sejak SMP.

Ia juga menambahkan bahwa dirinya hanya perlu berolahraga secara rutin supaya sakit punggungnya tidak cepat kambuh.

Dikutip dari laman alodokter.com, skoliosis adalah kondisi di mana tulang belakang melengkung, seperti huruf C atau S. Skoliosis lebih sering ditemukan pada anak-anak sebelum masa pubertas, yaitu sekitar usia 10 tahun-15 tahun.

Skoliosis yang terjadi biasanya ringan, namun dapat berkembang menjadi lebih parah seiring pertambahan usia, khususnya pada wanita. Bila skoliosis menjadi parah, bisa menyebabkan penderitanya mengalami gangguan jantung, paru-paru, atau kelemahan pada tungkai.

Sebagian besar kasus skoliosis tidak ditemukan penyebabnya (idiopatik). Namun, terdapat beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya skoliosis. Cara penanganan skoliosis pun dilakukan berdasarkan tingkat keparahan, usia, serta kondisi lengkungan tulang belakang.

Bikin Merinding, Kota Gaib di Indonesia ini Ada dalam Sejarah

Oleh karena hal itu, maka perlu kita wasapadai bersama ya dengan terus melakukan hidup sehat. Nah, tahukan kalian bahwa tidak hanya Jessica Mila, ternyata sederet artis ini juga mengidap tulang punggung bengkok. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Tiffany Young

Salah satu member girl group SNSD, Tiffany, mengaku  dirinya mengidap skoliosis sejak usia 16 tahun. Memiliki kondisi tulang bengkok sempat membuat kariernya sebagai penyanyi terancam.

Tiffany Young juga mengidap skoliosis (allkpop)

Tiffany Young juga mengidap skoliosis (allkpop)

Sebab dokter yang memeriksanya kala itu mengatakan dia tak bisa debut sebagai artis K-Pop. Wanita 31 tahun ini tetap berjuang dan lihatlah dirinya sekarang. Kini dia menjadi salah satu artis K-Pop paling berpengaruh dan populer.

Shailene Woodley

Chailene Woodley juga didiagnosa skoliosis sejak SMP seperti Jessica Mila, tepatnya ketika usianya 15 tahun. Kondisi tersebut membuat bintang film ‘A Fault In Our Stars’ ini harus pakai penjepit plastik selama dua tahun demi memperbaiki tulang bengkoknya.

Martha Hunt

Siapa sangka Martha Hunt, seorang model terkenal dan terpilih sebagai Victoria’s Secret Angel ini pernah mengidap tulang punggung bengkok. Martha Hunt juga seperti Jessica Mila yang didiagnosis saat SMP di usia 14 tahun.

Hobi Memasak Ternyata Bermanfaat, Apa Saja?

Dia mengaku sempat malu karena bentuk tubuhnya tidak simetris. Martha pun harus operasi untuk membuat tulang punggungnya lebih lurus.

Gracia Indri

Gracia Indri menderita skoliosis dengan kemiringan hingga 45 derajat. Kelainan tulang belakang ini salah satunya disebabkan karena dia sempat kegemukan, sehingga tulang punggung tak mampu menopang tubuhnya dengan sempurna.

Akibat kondisinya tersebut Gracia harus menghindari olahraga berat seperti angkat beban. Sehari-harinya dia lebih banyak melakukan olahraga dengan intensitas sdang seperti sepeda statis, body combat dan body pump.

Nikita Mirzani

Skoliosis yang diidapnya membuat Nikita Mirzani mudah merasa lelah. Dia juga kerap kali merasa tidak nyaman karena kelainan tulang belakang tersebut. Seperti Jessica Mila, dia mengandalkan olahraga untuk memperbaiki kondisi tulangnya. Nikita Mirzani memilih latihan pilates secara rutin dan menerapkan pola hidup sehat.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah Ans

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.