Demi Jaga Kesehatan Jantung, Hindari Makan Berlebihan Makanan Ini

Kesehatan jantung perlu diperhatikan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

JEDA.ID-Untuk menjaga kesehatan jantung, hindari makan berlebihan sejumlah makanan ini. Makan berlebihan makanan ini bisa berdampak negatif terhadap kesehatan jantung.

Padahal jantung merupakan organ vital yang memiliki peran penting bagi tubuh. Organ vital ini bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Banyak faktor yang dapat menyebabkan fungsi jantung menurun, salah satunya dari pola makan yang tidak sehat.

Kesehatan jantung perlu diperhatikan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak banyak diketahui, ada beberapa makanan yang dapat memperburuk fungsi jantung. Jika dikonsumsi secara terus menerus akan menimbulkan penyakit jantung.

Masa Subur Wanita Setelah Haid, Bagaimana Cara Menghitungnya?

Tips kesehatan kali ini membahas aneka makanan yang bisa memengaruhi kesehatan jantung kita. Dikutip dari WebMD dan ditulis detikcom, Selasa (24/11/2020), berikut makanan yang dapat memperburuk fungsi jantung.

1. Daging merah

Makan terlalu banyak daging sapi, domba dan daging merah lainnya dapat meningkatkan peluang terkena penyakit jantung dan diabetes. Hal ini karena daging merah tinggi lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol.

Batasi porsi mengonsumsi daging merah untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu, carilah potongan daging tanpa lemak seperti daging bulat, sirloin, dan daging giling tanpa lemak.

2. Pizza

Pizza dapat menyehatkan jika membuatnya dengan cara yang benar. Tetapi kebanyakan pizza memiliki jumlah natrium, lemak, dan kalori dengan jumlah yang mengejutkan. Semua kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Jangan Ditiru! Inilah 5 Diet Ekstrem yang Tidak Masuk Akal

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat Anda ingin memesan pizza. Saat memesan pizza pilih kulit tipis atau gandum utuh, minta sedikit keju, sayuran yang banyak, dan lewati pepperoni atau sosis, yang mengandung garam. Pilihan pizza ini aman dikonsumsi untuk kesehatan jantung.

3. Kentang goreng

Kentang goreng dari restoran cepat saji memiliki banyak lemak dan garam yang buruk bagi kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan kentang goreng atau kentang goreng 2 hingga 3 kali seminggu memiliki tingkat risiko kematian yang tinggi.

Jika Anda tetap ingin memanjakan diri dengan kentang goreng, konsumsi lah dengan porsi yang sedikit. Anda dapat membuat kentang goreng sendiri yang dipanggang dengan minyak zaitun untuk kesehatan jantung. Hal ini akan lebih baik jika Anda menggunakan ubi.

4. Gula, garam dan lemak

Jumlah garam, gula, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Jika ingin memiliki jantung yang sehat, hindari lah pola makan yang memiliki kandungan tersebut.

Alih-alih terpaku pada satu makanan buruk, sebaiknya Anda berfokus pada diet secara keseluruhan. Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan seperti buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak untuk kesehatan jantung.

5. Soda

Sekaleng soda memiliki lebih banyak gula tambahan dari gula yang direkomendasikan oleh para ahli. Peminum soda cenderung bertambah berat badannya dan lebih mungkin mengalami obesitas, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Untuk mencegah penyakit tersebut, minumlah air tanpa rasa dan pemanis tambahan.

6. Alkohol

Minum alkohol dalam jumlah sedang tidak membahayakan jantung kecuali Anda memiliki tekanan darah tinggi atau trigliserida tinggi, yang merupakan sejenis lemak dalam darah. Jenis lemak ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kenali Gejala Toxic Positivity, Apa Itu?

Namun bagi peminum berat, alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gagal jantung, stroke, dan penambahan berat badan. Jika Anda belum pernah mengonsumsi alkohol, lebih baik jangan mencoba untuk kesehatan tubuh.

7. Yogurt dengan perasa

Yogurt dapat menjadi sumber nutrisi super. Konsumsi yogurt secara teratur dapat melindungi Anda dari tekanan darah tinggi. Akan tetapi, perhatikan jenis yoghurt yang dibeli. Yogurt dengan rasa bukan lah pilihan yang tepat untuk kesehatan jantung.

Yogurt rasa penuh dengan gula tambahan, yang dapat menambah berat badan, tekanan darah tinggi, peradangan, dan penyakit jantung. Untuk pilihan yang paling sehat, pilih yogurt rendah lemak dan tambahkan buah segar, kayu manis, atau vanila untuk menambah rasa.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.