Cara Migrasi dari WhatsApp Tanpa Kehilangan Data dan Chat

Sebelum pindah ke aplikasi lain, ingatlah untuk mengamankan data dan percakapan di WhatsApp.

JEDA.ID-Aturan baru WhatsApp membuat para penggunanya berbondong-bondong melakukan migrasi dari WhatsApp. Tapi proses migrasi dari WhatsApp tidak sekadar mengunduh aplikasi lain dan membuat akun baru.

Sebab data dan chat pengguna masih tersimpan di WhatsApp. Lalu bagaimana cara aman melakukan migrasi dari WhatsApp tanpa kehilangan data? Simak ulasannya di tips gadget dan tips teknologi kali ini.

Sebelum meninggalkan WhatsApp dan beralih ke Signal, Telegram atau aplikasi messaging lainnya, ada baiknya pindahkan semua data dan riwayat percakapan kalian. Apalagi untuk kalian yang sudah lama menjadi pengguna WhatsApp dan menyimpan banyak informasi penting.

5 Negara Paling Merugi di Sektor Pariwisata Akibat Pandemi Corona

Berikut cara mudah menghapus akun WhatsApp tanpa harus kehilangan semua data dan riwayat percakapan sebagaimana dikutip dari detikcom, Jumat (15/1/2021) :

1. Pindahkan semua data dan percakapan

WhatsApp menawarkan dua cara untuk menyalin semua data pengguna yang ingin menghapus akunnya yaitu dengan mengunduh semua informasi akun dan mengekspor semua percakapan.

Dikutip dari Independent, Jumat (15/1/2021) cara yang pertama akan mengunduh semua data kalian yang pernah dikumpulkan WhatsApp, seperti informasi akun dan pengaturan.

Untuk mengakses, buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke menu Settings dan pilih opsi Account. Setelah itu klik opsi ‘Request account info’. Setelah klik ‘Request report’ kalian akan mendapatkan notifikasi dari WhatsApp ketika laporan data kalian sudah siap, yang akan memakan waktu sekitar tiga hari.

Setelah itu kalian bisa memindahkan semua histori percakapan yang ingin disimpan. Untuk memindahkan semua percakapan, buka menu Settings di aplikasi WhatsApp, lalu pilih opsi Chat History.

Klik opsi ‘Export chat’ yang ada di bagian paling atas. Setelah itu kalian bisa memilih secara manual percakapan dengan kontak atau grup mana saja yang ingin dipindahkan.

Menahan Napas bisa Berisiko Tertular Covid-19, Benarkah?

WhatsApp memberikan opsi untuk turut mengekspor semua media seperti foto, video dan dokumen atau tidak. Jika memilih opsi dengan media, tentu ukuran percakapan yang akan diunggah akan semakin besar.

Setelah diekspor, semua percakapan tersebut bisa dikirim ke alamat email atau disimpan di perangkat masing-masing.

Perlu dicatat bahwa semua file percakapan ini hanya merupakan lampiran dan tidak bisa digunakan untuk mengembalikan semua percakapan, baik di WhatsApp maupun di aplikasi lainnya.

2. Ucapkan selamat tinggal

Setelah mencadangkan semua data dan pesan di WhatsApp, jangan lupa kabari semua kontak bahwa kalian tidak akan menggunakan platform ini lagi. Beri tahu nomor telepon dan platform messaging baru yang akan digunakan agar tetap bisa dihubungi semua kontak.

Tidak perlu menghubungi keluarga dan teman secara satu-satu, cukup gunakan fitur broadcast yang bisa mengirimkan pesan ke beberapa kontak sekaligus. Untuk pengguna iPhone, fitur ini bisa diakses dengan klik ‘broadcast lists di bagian atas layar. Sedangkan pengguna Android bisa klik tiga dot sisi kanan atas lalu pilih opsi new broadcast.

3. Hapus akun WhatsApp

Langkah terakhir adalah langkah yang paling penting yaitu menghapus akun WhatsApp. Tapi begitu akun dihapus, semua riwayat pesan, grup, dan backup di Google Drive juga akan langsung menghilang dan tidak bisa dikembalikan lagi. Maka dari itu cadangkan semua percakapan mengikuti panduan di atas.

Keren! Ada Smartwatch Bisa Deteksi Corona

Untuk menghapus akun WhatsApp, masuk ke menu Settings lalu pilih Account dan klik ‘Delete my account’ yang ada di bagian paling bawah. Setelah itu kalian akan diminta untuk memasukkan nomor telepon, dan menjelaskan alasan menghapus akun.

Jika sudah yakin untuk menghapus akun WhatsApp, klik tombol ‘Delete my account’ yang ada di bawah layar. Setelah diklik proses penghapusan akan dimulai dan tidak ada cara untuk membatalkannya atau mendapatkan akses ke akun.

7 Cara Mudah Mencegah Radang Amandel, Tanpa Bantuan Obat

Proses penghapusan akun akan memakan waktu hingga 90 hari. Tapi selama periode tersebut pengguna yang telah menghapus akun tetap tidak bisa mengakses akunnya

Setelah akun terhapus, data-data pribadi kalian yang telah dibagikan WhatsApp ke perusahaan Facebook lainnya juga turut dihapus. Ada beberapa informasi yang tetap disimpan di database tapi akan dihapus dari pengenal pribadi.

Pesan-pesan yang dikirim di chat, baik pribadi maupun grup, juga tetap bisa dilihat oleh penerima pesan dan tidak akan terhapus.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.