Belum Dapat Kuota Belajar Gratis? Lakukan 3 Langkah Ini

Bagi yang belum dapat kuota belajar gratis diminta tetap tenang. Selain itu, bagi yang belum dapat kuota belajar gratis dapat melakukan 3 langkah mudah.

JEDA.ID-Pemerintah bekerja sama dengan operator telekomunikasi, secara bertahap mulai menyalurkan bantuan kuota belajar gratis kepada para peserta didik dan pendidik di seluruh Indonesia. Ada yang belum dapat kuota belajar gratis?

Bagi yang belum dapat kuota belajar gratis, tenang. Pasalnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan penyaluran bantuan ini dilakukan dalam beberapa tahap selama periode September hingga Desember 2020.

“Bagi yang belum dapat [kuota belajar gratis] jangan khawatir, karena ini dilakukan secara bertahap. Dan di tanggal berapapun penerima mendapatkan kuota, masa berlaku akses internetnya akan sama, sesuai pengaktifan sejak menerima bantuan,” kata Nadiem dalam konferensi pers virtual Peresmian Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, Jumat (25/9/2020).

Cara Alami Sembuhkan Sakit Kepala, Mau Coba?

Lalu apa yang harus dilakukan jika belum juga mendapatkan bantuan kuota belajar? Menteri Nadiem meminta agar peserta didik maupun pendidik melakukan tiga hal berikut ini seperti dikutip dari detikcom, Jumat (25/9/2020):

1. Lapor kepada pimpinan satuan pendidikan (kepala sekolah) untuk mendapatkan bantuan kuota belajar
2. Sampaikan nomor ponsel yang akan didaftarkan
3. Cek ke operator sekolah atau kampus untuk memastikan nomor telah terdaftar dan aktif.

Dikatakan Nadiem, ini adalah pertama kalinya pemerintah meluncurkan inisiatif pemberian bantuan ini dalam skala masif. Tentunya akan ada banyak tantangan dalam pendistribusiannya, sehingga diperlukan kerja keras dan pengawasan ketat.

“Pengawasan dilakukan oleh Kemendikbud bersama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Masyarakat juga dapat melakukan pengawasan untuk memantau pelaksanaan bantuan kuota data internet dengan ikut melaporkan jika mencurigai adanya penyimpangan,” ujarnya.

Apabila terdapat indikasi penyimpangan, masyarakat bisa melaporkannya kepada Unit Layanan Terpadu (ULT) Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud lewat tautan https://ult.kemdikbud.go.id/. Sedangkan segala pertanyaan terkait teknis kuota belajar dapat ditanyakan ke layanan pelanggan masing-masing operator seluler dan ULT Kemendikbud.

Jadwal Penyaluran Bantuan Kuota Internet

Cermati yuk tahapan tahapan penyalurannya, seperti ini:

Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:
1. tahap I pada 22 sampai 24 September 2020.
2. tahap II pada 28 sampai 30 September 2020.

Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:
1. tahap I pada 22 sampai 24 Oktober 2020.
2. tahap II pada 28 sampai 30 Oktober 2020.

Bermain Ponsel Sebelum Tidur Jadi Kebiasaan? Waspadai Risiko Berbahaya Ini

Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:
1. tahap I pada 22 sampai 24 November 2020.
2. tahap II pada 28 sampai 30 November 2020.

Cara Cek Kuota Belajar

Telkomsel

Koneksi Internet Telkomsel saat ini tersedia melalui produk Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U. Guru dan murid yang telah menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud akan menerima SMS dari Telkomsel. Bagi yang ingin mengecek kuota belajar Telkomsel bisa langsung menghubungi nomor *888# atau lewat aplikasi MyTelkomsel.

Indosat

Guru dan murid pengguna Indosat Ooredoo tentu tidak absen dari pemberian bantuan kuota belajar Kemendikbud. Pengecekan bantuan bisa melalui aplikasi myIM3 atau menghubungi nomor Unstructured Supplementary Service Data (USSD). Nomor USSD untuk kuota belajar Kemendikbud adalah *123*075# lalu pilih nomor satu.

Tri

Pengguna Tri yang nomornya terdaftar dalam Dapodik dan PD Dikti akan menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud. Guru dan murid yang ingin mengecek sudah menerima bantuan atau belum bisa langsung menghubungi nomor USSD *123*10*3#. Pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Bima+ yang informasinya akan muncul di kolom kuota aplikasi dan edukasi.

Xl dan Axis

Pengguna Xl dan Axis tak perlu repot jika ingin mengetahui apakah  sudah menerima bantuan atau belum. Guru dan murid bisa langsung menghubungi nomor *123# lalu pilih info. Cara lain untuk mengeceknya adalah lewat aplikasi myXL dan AxisNet sesuai nomor operator komunikasi yang digunakan.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.