Cara Alami Sembuhkan Sakit Kepala, Mau Coba?

Daripada minum obat, sebaiknya pilih cara alami meredakan sakit kepala. Ada beragam cara alami menghilangkan sakit kepala.

JEDA.ID—Sakit kepala memang bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Ada cara alami untuk menghilangkan sakit kepala. Tipa kesehatan kali ini membahas cara alami menghilangkan sakit kepala.

Pada umumnya obat menjadi solusi untuk meredakan sakit kepala. Namun, waspadalah obat berisiko menimbulkan efek samping seperti nyeri otot, mual dan muntah, gangguan organ hati, jantung berdebar, dan sebagainya.

Lantas bagaimana caranya menyembuhkan sakit kepala tanpa minum obat?

Sebenarnya ada cara menghilangkan sakit kepala tanpa obat dan efek samping. Seperti yang dilansir dari detikcom, Jumat (25/9/2020) berikut ini adalah cara alami mengobati sakit kepala dengan aman dan cepat.

1. Makan Kentang

Kentang memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga bisa dikonsumsi untuk mengurangi sakit kepala. Karena, sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan kalium. Kentang yang diolah dengan cara direbus lebih efektif untuk mengurangi rasa sakit kepala.

2. Minum Kopi

Kafein berlebih yang ada di kopi memang bisa menyebabkan sakit kepala. Tapi kandungan kafein dalam satu gelas kopi juga bisa menenangkan sistem saraf yang tegang yang menyebabkan sakit kepala.

3. Makan Pisang

Pisang mengandung potassium dan magnesium yang tinggi sehingga ampuh untuk menghilangkan sakit kepala yang berlebihan.

4. Minum Air Jahe

Air jahe dianjurkan untuk menghilangkan rasa nyeri di kepala. Minuman ini bisa membuat badan terasa lebih hangat dan rileks. Tapi, perlu dicatat jika hawa panas yang ada di jahe bisa berbahaya untuk kalian yang mengalami hipertensi atau sakit kepala tegang.

5. Minum Air Putih

Sakit kepala bisa jadi tanda kalian mengalami dehidrasi. Jika sakit kepala kalian dibarengi dengan rasa haus, mulut kering dan jarang buang air kecil, coba untuk minum segelas air putih.

6. Istirahat di Ruang Gelap

Jika tiba-tiba terkena sakit kepala saat sedang beraktivitas, disarankan untuk segera mencari tempat untuk duduk atau berbaring. Kalian bisa beristirahat di ruangan yang gelap dan tenang untuk melemaskan bagian kepala dan pundak.

7. Pijat

Coba pijat bagian kepala yang sakit menggunakan jari telunjuk dan atau ibu jari kalian. Pijat terus selama 7-15 detik dan lepaskan. Ulangi terus sampai sakit kepala yang kalian rasakan berkurang.

8. Kompres

Teknik kompres panas dan kompres dingin bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala. Caranya dengan mengompres dahi dan bagian belakang leher dengan kain hangat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan otot.

Terganggu SMS Spam? Ini Langkah-Langkah Melaporkannya

Setelah itu gunakan kompres dingin yang bisa dibuat dengan membalut es batu menggunakan sapu tangan di bagian tersebut. Efek dingin ini dapat mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan terhadap saraf sensitif di kepala.

9. Relaksasi

Relaksasi dengan cara meditasi bisa dilakukan untuk mengurangi sakit kepala. Mulai dengan memejamkan mata, kemudian atur napas kalian. Bayangkan kalian sedang berada di tempat favorit yang nyaman dan rasa sakit kepala akan hilang secara perlahan.

Awas! 7 Aplikasi Jahat Menyebar di TikTok dan Instagram

10. Peregangan

Sakit kepala bisa disebabkan oleh otot yang tegang di bagian leher dan pundak. Jika ini penyebab sakit kepala kalian, kalian bisa melakukan peregangan ringan dengan cara menekuk kepala ke satu sisi dan putar perlahan ke arah bawah membentuk gerakan setengah lingkaran. Ulangi lagi ke sisi yang berlawanan.

11. Minyak Kayu Putih

Kayu putih merupakan tanaman herbal yang memiliki kandungan sineol, terpineol, aldehid valerat, dan butirat yang dapat digunakan untuk menghilangkan sakit kepala sebelah. Aroma minyak kayu putih bisa membuat saraf yang tegang menjadi lebih rileks dan menenangkan pikiran kalian.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.