Tak Berkategori

Bermain Ponsel Sebelum Tidur Jadi Kebiasaan? Waspadai Risiko Berbahaya Ini

Bermain ponsel sebelum tidur menjadi ‘ritual’ yang sulit dihindari bagi beberapa orang. Padahal bermain ponsel sebelum tidur memiliki sejumlah risiko.

JEDA.ID-Bermain ponsel sebelum tidur menjadi ‘ritual’ yang sulit dihindari bagi beberapa orang. Padahal bermain ponsel sebelum tidur memiliki sejumlah risiko.

Ya. Tanpa sadar kita sering bermain ponsel sebelum tidur entah untuk sekadar mengecek notifikasi, berbincang sejenak dengan teman, browsing, atau berselancar di media sosial. Namun terkadang, karena terlalu asyik bermian ponsel justru membuat seseorang menjadi lupa waktu dan melewatkan waktu tidurnya.
Apabila Anda memiliki kebiasaan main gadget sebelum tidur, baiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini sekarang juga.

Penggunaan ponsel terlalu sering apalagi menjelang waktu tidur dapat mendatangkan segudang dampak buruk. Tips kesehatan kali ini membahas sederet risiko dari kebiasaan ini.

Bahaya tersebut akibat cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel. Cahaya ini sebenarnya berfungsi untuk membantu pengguna melihat layar dengan nyaman saat berada di bawah sinar matahari. Jika layar digunakan dalam ruang gelap, cahaya biru ini justru tidak baik untuk mata dan kesehatan Anda.

Terganggu SMS Spam? Ini Langkah-Langkah Melaporkannya

Sederet risiko kesehatan akan menghantui pengguna jika terus-terusan bermain ponsel sebelum tidur setiap harinya. Apa saja? Inilah rangkumanya yang dikutip dari laman Liputan6.com dan dari berbagai sumber :

Menurunkan Kualitas Tidur

Risiko kesehatan pertama yang bisa mengancam Anda adalah turunya kualitas tidur. Menurut sebuah penelitian, bermain handphone menjelang waktu tidur dapat menurunkan kualitas tidur. Anda akan sulit memejamkan mata, bahkan tidak mendapatkan tidur yang nyenyak.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Pertama karena faktor rangsangan cahaya dari handphone. Cahaya tersebut dapat mengganggu irama sirkadian otak yang berpengaruh terhadap rasa kantuk seseorang. Kedua, penggunaan gawai menjelang waktu tidur akan membuat emosi bergejolak, sehingga akan membuat Anda sulit merasakan kantuk.

Risiko Depresi dan Gangguan Bipolar

Tahukah kamu, bermain ponsel sebelum tidur bahkan dapat meningkatkan risiko depresi dan gangguan bipolar. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang melibatkan ribuan siswa.

Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hubungan antara penggunaan handphone menjelang tidur dengan penurunan adaptasi lingkungan di kemudian hari. Penurunan kesehatan mental yang dapat terjadi seperti mood depresi dan penurunan harga diri. Depresi dapat terjadi akibat kekurangan tidur, sehingga hormon melatonin akan terganggu dan merusak mood.

Ancaman Kesehatan Mata

Bermain handphone terlalu lama tentu berpotensi mengganggu indra penglihatan. Hal ini dikarenakan pancaran sinar biru dari layar ponsel. Cahaya biru dari layar ponsel akan membuat retina mata jadi tegang.

Obat Penurun Kolesterol Berpotensi Kurangi Keparahan Covid-19

Jika terus dibiarkan, kondisi ini dapat semakin parah hingga akhirnya menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan. Sejumlah peneliti dan dokter mata juga mengungkapkan risiko terlalu lama menatap layar ponsel dapat menyebabkan katarak.

Meski penelitian belum memastikan berapa lama reaksi sinar biru dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada mata, namun baiknya Anda segera memutus kebiasaan bermain ponsel di malam hari. Utamanya saat menjelang tidur.

Otak Menjadi Lelah

Aktivitas akan terganggu. Apakah Anda akan terus melakukan kebiasaan ini dan menganggu performa kerja Anda?
Faktanya, bermain handphone sebelum tidur dapat membuat otak menjadi mudah lelah. Hal ini bisa terjadi karena durasi waktu tidur terpotong. Tentu saja ini akan berpengaruh pada aktivitas Anda keesokan harinya. Pasalnya, otak akan terlalu lelah untuk bekerja.

Obesitas

Bermain ponsel sebelum tidur akan menyebabkan kurangnya waktu untuk beristirahat. Kondisi ini secara tidak langsung dapat memicu rasa lapar. Hal ini disebabkan hormon di dalam tubuh secara otomatis akan memberikan dorongan untuk makan, bahkan di saat malam.

Awas! 7 Aplikasi Jahat Menyebar di TikTok dan Instagram

Jika kebiasaan ini terus terjadi berulang, maka tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur sehingga mengakibatkan obesitas. Tak hanya obesitas, adanya dorongan untuk makan di malam hari juga bisa menimbulkan sederet masalah kesehatan lain untuk tubuh Anda.

Gangguan Saraf

Tak hanya obesitas, gangguan tidur akibat bermain handphone sebelum tidur juga akan menyebabkan gangguan saraf. Kurang tidur akibat bermain handphone terlalu lama dapat membuat neurotoxin meningkat. Jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, kondisi ini akan mengakibatkan saraf-saraf tubuh terganggu.

Meskipun kerap diremehkan, ancaman kesehatan dari kebiasaan buruk ini ternyata tidak main-main. Bagiamana, apakah Anda sudah menyusun rencana untuk mulai meninggalkan kebiasaan buruk ini?

Ditulis oleh : Annisa Putri

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.