Ada Kuota Belajar Gratis dan Kuota Umum, Perbedaannya Apa Ya?

ada dua macam kuota Internet gratis dari pemerintah yaitu kuota belajar dan kuota umum. Ada perbedaan antara kuota belajar dan kuota umum.

JEDA.ID-Pemerintah menyalurkan kuota Internet gratis untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen dibagi menjadi dua, ada kuota belajar gratis dan ada kuota umum. Apa perbedaan kuota belajar gratis dan kuota umum? Yuk cari tahu.

Dikutip dari detikcom, Sabtu (26/9/2020), kuota belajar hanya dapat digunakan untuk mengakses halaman dan aplikasi untuk pembelajaran yang disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Untuk kuota belajar, secara terperinci ada 19 aplikasi pembelajaran, 5 aplikasi video conference, 22 website, dan 401 website universitas yang bisa diakses untuk memenuhi kebutuhan PJJ.

Tips Menjadi Impostor di Among Us

Sedangkan kuota umum bisa digunakan mengakses seluruh halaman dan aplikasi.

Perinciannya adalah sebagai berikut:

1. Peserta didik PAUD mendapatkan 20GB per bulan terdiri dari 5GB kuota umum dan 15GB kuota belajar
2. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35GB per bulan terdiri dari 5GB kuota umum dan 30GB kuota belajar
3. Pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42GB per bulan terdiri dari 5GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar
4. Mahasiswa dan dosen mendapatkan 50GB per bulan dengan rincian 5GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Jika dilihat, alokasi kuota belajar dan kuota umum memang tidak seimbang. Jatah untuk kuota belajar jauh lebih besar ketimbang kuota umum. Kemendikbud menjelaskan ada alasan untuk itu.

Bahaya! Bug Instagram Bisa Bikin Peretas Ambil Alih Ponsel

“Tentunya pemerintah memberikan subsidi sebesar ini agar benar-benar digunakan untuk mendukung PJJ. Untuk akses yang umum di luar pembelajaran akan dibatasi. Jadi yang untuk entertainment, main game, dan lainnya lebih kecil. Ini adalah suatu bentuk pengawalan agar benar-benar digunakan sesuai tujuannya,” kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam konferensi pers virtual Peresmian Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, Jumat (25/9/2020).

Mendikbud Nadiem berharap diresmikannya Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020 dapat mendukung para peserta didik dan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di tengah situasi pandemi yang menantang ini.

Cara Cek Kuota Belajar Gratis

Telkomsel

Koneksi internet Telkomsel saat ini tersedia melalui produk Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U. Guru dan murid yang telah menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud akan menerima SMS dari Telkomsel. Bagi yang ingin mengecek kuota belajar Telkomsel bisa langsung menghubungi nomor *888# atau lewat aplikasi MyTelkomsel.

Indosat

Guru dan murid pengguna Indosat Ooredoo tentu tidak absen dari pemberian bantuan kuota belajar Kemendikbud. Pengecekan bantuan kuota belajar bisa melalui aplikasi myIM3 atau menghubungi nomor Unstructured Supplementary Service Data (USSD). Nomor USSD untuk kuota belajar Kemendikbud adalah *123*075# lalu pilih nomor satu.

Tri

Pengguna Tri yang nomornya terdaftar dalam Dapodik dan PD Dikti akan menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud. Guru dan murid yang ingin mengecek sudah menerima bantuan atau belum bisa langsung menghubungi nomor USSD *123*10*3#. Pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Bima+ yang informasinya akan muncul di kolom kuota aplikasi dan edukasi.

Xl dan Axis

Pengguna Xl dan Axis tak perlu repot jika ingin mengetahui apakah sudah menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud. Guru dan murid bisa langsung menghubungi nomor *123# lalu pilih info. Cara lain untuk mengeceknya adalah lewat aplikasi myXL dan AxisNet sesuai nomor operator komunikasi yang digunakan.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.