Bahaya! Bug Instagram Bisa Bikin Peretas Ambil Alih Ponsel

Ada bug Instagram yang bisa membuat peretas mengambil alih ponsel Anda. Bug Instagram ini diketahui peneliti keamanan siber Check Point Security.

JEDA.ID-Apakah Anda aktif di Instagram? Jika jawabannya ya, sebaiknya waspada karena ada bug Instagram yang bisa membuat peretas mengambil alih operasi telepon seluler Anda (ponsel).

Ya! Belum lama ini, ada laporan ada bug Instagram  yang dianggap mengerikan. Sebabnya bug ini akan memungkinkan peretas untuk mengambil alih ponsel si korban.

Yang membuat ngerinya adalah, bukan hanya akun Instagram saja yang diambil alih, tetapi juga isi dari keseluruhan ponsel tersebut. Celah ini pun ditemukan oleh peneliti keamanan siber Check Point Security.

Sejak itu Instagram telah memperbaiki kerentanan tersebut. Ini artinya jika pengguna menjalankan versi terbaru Instagram dipastikan aman dari serangan ini.

Kabar baiknya adalah serangan ini agak sulit dilakukan, sebab peretas perlu mengirimkan gambar yang dimuat dengan kode berbahaya korban si pemilik ponsel.

Obat Penurun Kolesterol Berpotensi Kurangi Keparahan Covid-19

Korban kemudian perlu membuka akun Instagram mereka dan mengunggah foto tersebut. Ini berarti ada beberapa langkah dalam proses serangan siber ini yang harus diselesaikan agar peretasan dapat berjalan.

Idenya adalah bahwa aplikasi seperti Instagram akan meminta izin pengguna ke fitur tertentu pada ponsel dan dengan mengeksploitasi bug ini, kode dalam gambar kemudian dapat mendukung izin untuk mendatangkan malapetaka.

Dilansir dari Ubergizmo, Jumat (25/9/2020), mengutip pernyataan Instagram dari Business Insider, Kepala Penelitian Dunia Maya Check Point Yaniv Balmas mengatakan orang perlu meluangkan waktu untuk mengatur setiap izin yang dimiliki aplikasi di perangkat pengguna.

Terganggu SMS Spam? Ini Langkah-Langkah Melaporkannya

“Pesan ‘aplikasi meminta izin’ ini mungkin tampak seperti beban, dan mudah untuk hanya mengklik ‘Ya’ dan melupakannya. Namun dalam praktiknya, ini adalah salah satu garis pertahanan terkuat yang dimiliki setiap orang terhadap serangan dunia maya seluler. ” jelasnya seperti dikutip dari detikcom, Jumat (25/9/2020).

Instagram juga mencatat bahwa hingga saat ini, tidak ada laporan atau contoh di mana peretasan berhasil dieksploitasi

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.