Begini Cara Menghilangkan Perut Buncit, Tanpa Harus Pakai Drama

Menghilangkan lemak perut juga bermanfaat bagi kesehatan, sebab lemak di perut dapat menimbulkan berbagai penyakit.

JEDA.ID-Cara menghilangkan perut buncit kerap menjadi pencarian populer di Internet.Cara menghilangkan perut buncit ada beragam, mulai dari rajin melakukan olahraga hingga mengatur pola makan.

Tips kesehatan dan tips diet kali ini bakal membahas cara menghilangkan perut buncit tanpa pakai drama. Biasanya, alasan untuk mengecilkan perut karena hal tersebut mengganggu penampilan. Namun menghilangkan lemak perut juga bermanfaat bagi kesehatan, sebab lemak di perut dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Bagi sebagian orang proses menghilangkan perut buncit memang tidak mudah. Dibutuhkan motivasi dan keseriusan untuk menjalani sejumlah program diet agar hasilnya maksimal. Untungnya, ada beberapa cara alami mengecilkan perut buncit yang mudah dilakukan.

Virus Corona di Makanan, Ini Cara Memasak Produk yang Terkontaminasi

Dikutip dari Healthline dan detikcom, Selasa (22/12/2020), berikut cara menghilangkan perut buncit secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah.

1. Konsumsi banyak serat larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Hal ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi penyerapan kalori.

Sebuah studi observasi yang diterbitkan oleh NCBI terhadap 1.100 orang dewasa menemukan bahwa untuk setiap peningkatan 10 gram dalam asupan serat larut, penambahan lemak perut menurun sebesar 3,7% selama periode 5 tahun.

Beberapa makanan yang mengandung serat larut seperti alpukat, shirataki, biji rami, serta kacang-kacangan.

2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh, seperti minyak kedelai. Kandungan ini ditemukan di beberapa margarin dan selai dan juga sering ditambahkan ke makanan kemasan, tetapi banyak produsen makanan berhenti menggunakannya.

Startup Baru Bakal Menjamur Tahun Depan, Ini Alasannya

Beberapa penelitian telah mengaitkan asupan lemak trans yang tinggi dengan peningkatan lemak perut. Cobalah untuk menghindari makanan yang mengandung lemak trans agar proses menghilangkan perut buncit lebih efektif.

3. Menambah asupan protein

Asupan protein tinggi meningkatkan pelepasan hormon kepenuhan PYY, yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Protein juga meningkatkan laju metabolisme dan membantu Anda mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Makanan berprotein tinggi, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan, sangat ideal untuk mengecilkan lemak di sekitar pinggang.

4. Mengurangi stres

Stres bisa membuat perut bertambah buncit dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres. Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.

Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang dapat menghilangkan stres. Berlatih yoga atau meditasi bisa menjadi metode yang efektif.

5. Membatasi asupan gula

Gula mengandung fruktosa, yang telah dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit hati berlemak.

Asupan gula yang berlebihan merupakan penyebab utama kenaikan berat badan pada banyak orang. Untuk menghilangkan perut buncit, batasi asupan permen dan makanan olahan yang tinggi gula tambahan.

6. Rutin olahraga kardio

Latihan aerobik (kardio) adalah cara efektif untuk meningkatkan kesehatan dan membakar kalori. Studi juga menunjukkan bahwa ini adalah salah satu bentuk olahraga paling efektif untuk mengurangi lemak perut.

7. Membatasi asupan karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak, termasuk lemak perut. Cobalah mengurangi asupan karbohidrat atau mengganti karbohidrat olahan dalam makanan dengan sumber karbohidrat yang sehat, seperti biji-bijian, kacang polong, atau sayuran.

Hati-Hati Pencarian Ini di Google Bisa Bikin Berurusan dengan Polisi

Diet dengan kurang dari 50 gram karbohidrat per hari menyebabkan hilangnya lemak perut pada orang yang kelebihan berat badan, mereka yang berisiko terkena diabetes tipe 2, dan wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

8. Tidur yang cukup

Tidur sangat penting untuk seluruh aspek kesehatan tubuh, termasuk berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengalami peningkatan berat badan.

Tidur yang cukup harus menjadi salah satu prioritas utama jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Pastikan tidur minimal 7 jam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

9. Mengonsumsi ikan berlemak

Ikan berlemak terkenal dengan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Mereka kaya akan protein dan lemak omega-3 berkualitas tinggi yang melindungi tubuh dari penyakit.

Kenali Jenis-Jenis Sakit Kepala dan Penyebabnya

Beberapa bukti menunjukkan bahwa lemak omega-3 ini juga dapat membantu mengurangi lemak visceral, yang merupakan jenis lemak di sekitar perut. Ini merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan perut buncit.

10. Membatasi konsumsi jus buah

Meskipun jus buah mengandung vitamin dan mineral, kandungan gula yang dimiliki jus buah sama tingginya dengan soda dan minuman manis lainnya. Minum dalam jumlah banyak dapat membawa risiko yang sama untuk peningkatan lemak perut.

Untuk membantu mengurangi lemak perut yang berlebih, ganti jus buah dengan air, es teh tanpa pemanis, atau air soda dengan irisan lemon atau jeruk nipis.

 

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.