Bebas Visa, Ini Keindahan 3 Negara di Afrika yang Layak Dikunjungi

Ada 23 negara di Afrika yang bisa dikunjungi secara bebas visa. Bisa mengunjungi keindahan pantai di Zanzibar sampai berpetualang di sabana.

JEDA.ID–Pemegang paspor Indonesia memiliki akses bebas visa ke 71 negara di dunia. Beberapa negara yang memberikan pemegang paspor Indonesia bebas visa ada di Afrika yang punya pesona alam yang menawan.

Total 23 negara di Afrika yang memberikan akses bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia. Memang tidak semuanya bebas visa murni, ada yang menerapkan visa on arrival.

Berikut tiga negara di Afrika yang menerapkan bebas visa bagi pemegang pasor Indonesia yang wisatanya layak dikunjungi.

Kenya

National park

National park di Kenya

Kenya bisa dibilang merupakan jendela dari Afrika. Ada banyak tempat menarik yang akan membuat wisatawan takjub. Negara ini dekat garis khatulistiwa, memiliki pemadangan memesona, serta kekayaan wisata flora dan fauna yang luar biasa.

Sosok 5 Firaun Wanita yang Melegenda

Kenya bisa dibilang tengah mengembangkan pariwisata untuk menjadi tujuan global. Perkembangan industri pariwisata di negara ini kini juga didukung dengan akses yang lebih mudah.

Salah satu tempat wisata yang menarik di Kenya adalah Taman Nasional Samburu. Di tempat ini keanekaragaman tanaman dan hewan khas Kenya tersaji.

Shimba hills

Shimba Hills di Kenya

Beberapa binatang yang hidup di kawasan taman ini adalah gajah, singa, macan tutul, cheetah, oryx, gerenuk, kerbau, dan berbagai kijang. Di dalam area ini, terdapat penginapan bergaya perkemahan sederhana dengan fasilitas toilet dan pancuran air dingin yang baik.

Ada juga Danau Victoria yang juga disebut Victoria Nyanza. Danau terbesar di Afrika ini adalah salah satu sumber utama air dari Sungai Nil.

Harta Rp145 Triliun, Orang Terkaya Afrika Borong 10.000 Mobil Desa

Danau ini terletak di antara Tanzania dan Uganda, serta berbatasan dengan Kenya. Luas wilayahnya adalah 26.828 mil persegi (69.484 km persegi) dan menjadi salah satu danau air tawar terluas di dunia.

Bila ingin ke Kenya, pemegang paspor Indonesia hanya membutuhkan visa on arrival.

Zimbabwe

bebas visa ke Zimbabwe

Air terjun Victoria di Zimbabwe (Freepik)

Datang ke Zimbabwe juga hanya menerapkan visa on arrival. Negara ini kerap disebut salah satu negara termiskin di dunia. Namun, bukan berarti tidak ada tempat wisata menarik.

Di negara ini terdapat air terjun Victoria, satu air terjun terbesar di dunia. Alirannya deras dan akan membentuk pelangi kala matahari sedang terik-teriknya. Lokasinya berada di Sungai Zambezi perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe.

Air terjun ini memiliki lebar sekitar 1 mil (1,6 km), dengan ketinggian 128 meter. Lokasinya juga berdekatan dengan dengan hutan hujan Zimbabwe dan tak jauh dari Elephants Walk Center.

Danau Kariba

Danau Kariba di Zimbabwe

Tempat lain yang layak dikunjungi adalah Danau Kariba. Aliran air Sungai Zambezi menjadi sumber pengairan danau ini. Ada bendungan yang juga berada tak jauh dari Danau Kariba.

Danau ini menjadi sumber kehidupan bagi flora dan fauna di alam Zimbabwe. Berperahu sambil memancing merupakan salah satu kegiatan utama bagi para turis yang datang. Danau ini adalah danau dan waduk buatan manusia terbesar di dunia berdasarkan volume.

Tanzania

bebas visa tanzania

Gunung Kilimanjaro di Tanzania

Bagi penyuka naik gunung, negara ini tidak asing karena Gunung Kilimanjaro, gunung tertinggi di Afrika, berada di negara ini. Pemegang paspor Indonesia tidak perlu repot bila ingin naik Gunung Kilimanjaro karena hanya butuh visa on arrival.

Tradisi Suku Wodaabe: Kontes Ketampanan Lantas Mencuri Istri Orang

Bila ingin naik gunung ini total waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 8-10 hari. Enam hari untuk perjalanan pulang pergi, dua hari untuk jelajah kota sekitar, dua hari untuk perjalanan menggunakan pesawat.

Tempat wisata lain yang menarik di Tanzania adalah Zanzibar. Tentu yang melegenda adalah Kampung Freddie Mercury di Pulau Zanzibar. Zanzibar bukan cuma memiliki pantai yang indah, namun juga memiliki banyak lokasi menarik untuk dijelajahi.

Tanzania bebas visa

Keindahan Zanzibar Tanzania (Freepik)

Misalnya datang ke Zanzibar dengan menjelajah kota tuanya. Kota ini merupakan salah satu kota paling berperan dalam sejarah, seni dan budaya di Afrika Timur.

Sebagian besar bangunan yang berdiri di kota ini mencerminkan ragam budaya campuran yang menganut unsur Arab, Persia, India dan Eropa.

Bisa juga tur ke hutan. Namun, yang wajib dikunjungi adalah pantai. Zanzibar punya banyak pantai-pantai yang bisa dikunjungi.

Hampir seluruh pantai di Zanzibar berpasir putih dan airnya berwarna biru kehijauan, ada beberapa pantai yang terbaik yaitu Pantai Nungwi, Pantai Kendwa, Paje, dan Kiwengwa yang seluruhnya berada di pulau Unguja.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.