Apa Penyebab Pemanasan Global dan Bagaimana Cara Menguranginya?

Peningkatan suhu tersebut berasal dari peningkatan emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari kegiatan manusia sehari-hari.

JEDA.ID-Penyebab pemanasan global adalah karena ulah manusia. Setelah mengetahui penyebab pemanasan global, kita bisa mencegah atau menguranginya.

Pemanasan global (global warming) adalah kejadian yang disebabkan oleh peningkatan suhu rata-rata lapisan atmosfer, suhu air laut, dan suhu daratan. Peningkatan suhu tersebut berasal dari peningkatan emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari kegiatan manusia sehari-hari.

Ditemukan Fosil Makhluk Mirip Udang Bermata Lima

Gas rumah kaca adalah gas-gas di udara yang biasa menyerap panas sehingga keberadaannya dapat meningkatkan suhu udara di bumi.

Dalam buku Pemanasan Global dan Perubahan Iklim oleh Bayu Sapta Hari, disebutkan, berdasarkan laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) tahun 2013, bukti-bukti sistem iklim bumi mengalami pertambahan panas di antaranya kenaikan suhu di daratan, lautan, dan atmosfer, mencairnya es di kutub, perubahan wilayah yang tertutup salju, kenaikan permukaan air laut, serta perubahan kuantitas uap air di atmosfer.

Berikut penyebab pemanasan global seperti melansir dari detikcom, Sabtu (7/11/2020):

1. Asap Kendaraan Bermotor

Gejala pemanasan global dapat diamati dari pergantian musim yang tidak bisa diprediksi. Saat ini sering terjadi hujan, badai, dan angin puting beliung di berbagai daerah.

5 Tips Nonton Turnamen E-Sports Selama Pandemi

Banjir yang terjadi bersamaan dengan kekeringan mengakibatkan timbulnya wabah penyakit. Penyebabnya tidak lain karena aktivitas manusia yang memicu terjadinya pemanasan global seperti pembakaran fosil yang tidak sempurna dan polusi yang disebabkan kendaraan bermotor. Gas CO2 yang dihasilkan dari aktivitas tersebut dapat menjadi penghalang pemantulan panas bumi.

2. Alih Fungsi Hutan

Penebangan pohon secara besar-besaran oleh para pelaku illegal logging semakin menambah permasalahan lingkungan. Pasalnya, pohon yang berperan dalam menyerap gas CO2 dan menyuplai udara segar keberadaannya semakin berkurang.

Selain aksi illegal logging, areal hutan saat ini juga banyak beralih fungsi menjadi lahan perkebunan komersial, lahan pertambangan, dan industri. Akibatnya terjadi bencana di mana-mana.

3. Limbah Ternak yang Tidak Terolah dengan Baik

Kegiatan peternakan juga termasuk salah satu penyebab pemanasan global. Gas terutama metana memiliki potensi pemanasan global lebih tinggi dibandingkan karbondioksida.

Karena itu dibutuhkan upaya mengolah limbah untuk mengurangi pencemaran lingkungan seperti melalui teknologi biogas dengan konsep zero waste (tidak dihasilkan limbah). Upaya tersebut diharapkan dapat membantu memperlambat laju pemanasan global.

4. Emisi Karbondioksida Berlebih

Karbondioksida (CO2) merupakan salah satu faktor penyebab pemanasan global. Emisi CO2 di tingkat global, regional, nasional, dan lokal terus meningkat setiap tahunnya.

4 Bisnis Ini Bakal Meroket Setelah Pandemi Usai

Peningkatan emisi CO2 secara umum terjadi karena kegiatan manusia, seperti penggunaan bahan bakar fosil, perubahan tata guna lahan, industri, dan kebakaran hutan.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa mengurangi pemanasan global dan perubahan iklim:

1. Mulai meninggalkan pembalut dan tampon bagi wanita.
2. Makan makanan sehat, seperti buah dan sayur.
3. Hemat penggunaan air.
4. Berhenti membeli kemasan plastik.
5. Hemat listrik.
6. Bepergian menggunakan kendaraan umum.
7. Hijaukan lingkungan dengan menanam dan merawat tumbuhan.
8. Beri tahu dan didik generasi penerus serta orang lain untuk memahami lingkungan hidup.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.