8 Makanan Ini Menambah Imunitas Tubuh untuk Cegah Corona

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun, di antaranya menjaga pola makan, gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga.

JEDA.ID-Ada beragam cara untuk menambah imunitas tubuh.Selain rajin berolahraga, kita juga bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk menambah imunitas tubuh.

Makanan apa saja untuk menambah imunitas tubuh, simak ulasannya di tips kesehatan kali ini ya.Menjaga imunitas sangat penting, agar tubuh terlindungi dari berbagai penyakit, terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Selain meningkatkan imunitas, untuk mecegah paparan virus Corona, tetap diperlukan 3 M, yaitu menjaga jarak dan menghindari kerumunan, menggunakan masker, serta mencuci tangan.

Obat Radang Sendi Jepang Diklaim Efektif Atasi Corona

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun, di antaranya menjaga pola makan, gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga. Selain itu, ada banyak makanan penambah imunitas untuk mencegah Corona.

Dikutip dari Healthline dan detikcom, Rabu (13/1/2021), berikut makanan yang dapat meningkatkan imunitas untuk mencegah paparan virus Corona.

1. Buah sitrus

Banyak orang langsung beralih ke vitamin C setelah terkena flu, karena kandungannya membantu membangun sistem kekebalan. Beberapa buah yang mengandung vitamin C yang tinggi, cukup mudah ditemukan.

Di antaranya jeruk bali, jeruk nipis, jeruk keprok, hingga jeruk lemon. Jumlah harian vitamin C yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 75 mg untuk wanita, dan 90 mg untuk pria.

2. Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai makanan yang bisa melawan infeksi. Selain itu, bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan arteri, dan membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin yang ada dalam bawang putih, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Jahe

Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang membantu mengurangi sakit tenggorokan, penyakit inflamasi, dan meredakan mual. Selain itu, mengonsumsi jahe dapat mungkin bisa menurunkan kadar kolesterol.

pepaya merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh (ilustrasi Freepik)

pepaya merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh (ilustrasi Freepik)

4. Pepaya

Makanan penambah imunitas ini kaya akan vitamin C. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan, disebut papain yang memiliki efek antiinflamasi. Jumlah kalium, magnesium, dan folat yang cukup dalam pepaya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

5. Kerang

Kerang mengandung banyak zinc yang dibutuhkan tubuh agar sel kekebalan dapat berfungsi dengan baik. Beberapa makanan laut yang memiliki banyak zinc meliputi tiram, kepiting, dan lobster.

Sering Duduk Terlalu Lama? Ini 6 Pilihan Olahraga yang Tepat

Perlu diingat bahwa jumlah zinc yang disarankan per hari dalam makanan adalah 11 mg untuk pria, 8 mg untuk wanita. Kelebihan zinc justru bisa menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh.

6. Bayam

Selain kaya akan vitamin C, bayam juga dikemas dengan antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi melalui sistem kekebalan. Bayam paling sehat jika dimasak sebentar untuk mempertahankan nutrisinya.

7. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral, dan dikemas dengan vitamin A, vitamin C, serta vitamin E, dan antioksidan lainnya. Brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang bisa dikonsumsi secara rutin. Sama seperti bayam, masak brokoli sebentar saja atau dengan cara dikukus untuk menjaga nutrisi yang ada di dalamnya.

Inilah 5 Kecelakaan Pesawat Terburuk Di Indonesia

8. Paprika merah

Paprika merah mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitamin C dari jeruk. Makanan ini juga kaya akan beta karoten.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Beta karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A, membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.