Tutup Iklan

Sering Duduk Terlalu Lama? Ini 6 Pilihan Olahraga yang Tepat

Bagi Anda yang bekerja, baik di rumah atau kantor, pasti menghabiskan waktu duduk selama berjam-jam.

JEDA.ID-Terlalu lama duduk barangkali jadi problem sebagian besar kita. Nah agar tidak terlalu lama duduk tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Bagi Anda yang bekerja, baik di rumah atau kantor, pasti menghabiskan waktu duduk selama berjam-jam. Pegal di bagian pinggang maupun pundak pun sudah jadi langganan. Mengatasinya, Anda harus mengimbangi dengan kegiatan lain, seperti berolahraga.

Tips kesehatan kali ini membahas sejumlah olahraga yang cocok bagi Anda yang terlalu lama duduk. Mengutip laman Times of India dan Liputan6.c0m, Senin  (11/1/2021), ada beberapa jenis olahraga untuk menjaga otot pinggul, punggung bawah, hingga kaki. Pemilihannya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Mengejutkan, Ini Fakta Unik Semut yang Jarang Diketahui

Lantas, apa saja olahraga yang bisa Anda lakukan jika terlalu banyak duduk? Yuk, simak tips agar tetap bugar ini :

1. Hip rolls

Mulailah dengan berbaring telentang dan menjaga lutut tetap di udara. Sembari menjaga bahu menempel dengan matras atau media olahraga lain, putar pinggul Anda dari satu sisi ke sisi lainnya. Cara ini membantu melatih punggung bawah dan pinggul Anda.

2. One arm plank

Mulailah dari posisi plank dan tahan selama Anda bisa. Lalu, perlahan-lahan mulailah dengan memindahkan beban Anda dari satu lengan ke lengan lainnya. Gerakan ini memperkuat punggung bawah dan sangat cocok untuk orang yang dipaksa duduk di satu tempat dalam jangka waktu lama.

3. Thrusters with dumbbells

Mulailah dengan posisi jongkok. Lalu, gerakkan tubuh Anda ke posisi berdiri dan gunakan momen yang sama untuk mendorong beban ke atas kepala Anda.

Kenali Tanda-Tanda Pandemic Fatigue, Apa saja?

Pastikan Anda memilih beban yang nyaman bagi Anda. Olahraga ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan beban buatan sendiri jika tak memiliki dumbel.

4. Swimmers

Ini adalah latihan yang aman dan efektif untuk punggung bawah Anda. Mulailah dengan berbaring tengkurap dan angkat kaki dan lutut Anda.

Tendang berulang kali meniru gerakan renang gaya bebas. Lakukan ini setidaknya selama satu menit. Jika merasa menendang terlalu keras, untuk memulainya, Anda dapat mengangkat kaki dan menahan selama mungkin.

Begini Cara Kerja Black Box Ungkap Penyebab Kecelakaan Pesawat

5. Dirty dogs

Setelah melatih otot bokong, lanjut dengan merangkak. Sekarang tinggal satu kaki dari pinggul. Gunakan glutes untuk membantu menyeimbangkan tubuh Anda.

6. Side bends with weights

Latihan ini dapat dilakukan dengan segala jenis beban yang Anda sukai. Mulailah dengan menahan beban dengan kedua tangan di atas kepala. Lalu, miringkan ke kiri dan ke kanan. Selesaikan 10 pengulangan di kedua sisi.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.