• Wed, 1 December 2021

Breaking News :

Begini Cara Kerja Black Box Ungkap Penyebab Kecelakaan Pesawat

Perangkat ini menyimpan percakapan yang terjadi antara pilot kepada kru atau menara pengawas.

JEDA.ID-Cara kerja black box dalam mengungkap penyebab kecelakaan pesawat sungguh sangat unik. Penasaran bagaimana cara kerja black box dalam mengungkap penyebab kecelakaan pesawat?

Simak terus ulasannya di tips teknologi kali ini. Black box menyimpan misteri yang bisa mengungkap penyebab kejadian peristiwa kecelakaan pesawat.  Itulah sebabnya setiap terjadi kecelakaan pesawat, black box paling dicari.

Perangkat ini menyimpan percakapan yang terjadi antara pilot kepada kru atau menara pengawas. Bagaimana cara kerjanya?

Ini 9 Cara Mengetahui Kejujuran Pria

Dikutip dari Flightradar24 dan detikcom, Senin (11/1/2021), black box adalah istilah dalam industri penerbangan untuk menyebut perekam data penerbangan elektronik, yang menggambarkan Cockpit Voice Recorder (CVR) atau Flight Data Recorder (FDR), atau kombinasi keduanya

Pada dasarnya, jika ada masalah yang muncul dengan pesawat, terutama jika ada kecelakaan serius dan tidak mungkin untuk berbicara dengan pilot tentang apa yang terjadi, data dari black box dapat membantu merekonstruksi apa yang sebenarnya terjadi.

Data yang direkam FDR

FDR terus mencatat beragam data (sekitar 700 parameter berbeda) tentang semua aspek pesawat saat terbang dari satu tempat ke tempat lain.

6 Organ Ini Kena Efek Corona pada Pasien Covid-19

Bagian ini antara lain merekam ketinggian, kecepatan udara, arah penerbangan, percepatan, vertikal, pitch, roll, serta status autopilot Status yang terekam mampu memberikan informasi hingga 1.000 karakteristik pesawat yang dapat membantu investigasi.

Data yang direkam CVR

CVR yang terletak di kokpit, merekam percakapan di dek penerbangan dan suara lain seperti transmisi radio dan alarm otomatis. Yang terekam dalam CVR kurang lebih adalah suara mesin, peringatan, suara pembicaraan pilot dan berbagai bunyi lainnya. Dari sini, parameter seperti kecepatan pesawat, kegagalan sistem hingga waktu dapat ditentukan.
Empat microphone di kokpit

Pada salah satu perangkat black box terdapat microphone yang berfungsi sebagai penyalur data untuk CVR. Microphone ini akan menyalurkan data suara yang terekam terlebih dahulu ke associated control unit yang menyediakan audio teraplifikasi ke CVR.

Empat micrhophone ini digunakan sebagai headset pilot, co-pilot, anggota ketiga, jika ada, dan yang terakhir di dekat tengah-tangah kokpit.

CVR rekam suara 30 menit terakhir

CVR menggunakan sistem looping di mana tape tersebut akan terus terulang dan mampu merekam hal yang baru dan mampu menghapus yang lama setiap 30 menit sekali. Jadi CVR biasanya merekam suara saat 30 menit terakhir.

Efikasi Vaksin Sinovac 65,3 Persen, Apa Artinya?

Sistem kerjanya, material baru direkam dan material lama dihapus, dan untuk yang menggunakan penyimpanan solid-state, CVR dapat merekam hingga dua jam.

FDR terhubung ke kabel sensor

Karena FDR merekam semua aspek pesawat saat terbang dari satu tempat ke tempat lain, bagian ini dirancang tersambung langsung pada kabel-kabel sensor yang terletak di berbagai area. Dari sinilah FDR dapat merekam seluruh keadaan yang ada di dalam pesawat.

Proses evakuasi

Black box dibekali underwater locator beacon (ULB) yang mengirimkan gelombang ultrasonik yang dapat dikenali sonar, sehingga para evakuator dapat langsung mencarinya.

Saat proses evakuasi, diperlukan penanganan khusus ketika membawa black box agar tidak ada kerusakan lebih terhadap perangkat yang dapat menghilangkan data yang terekam.

Membaca black box

Setelah diamankan, black box akan dibaca oleh tim investigator untuk menguak penyebab kecelakaan. Teknisi akan mencopot bahan pelindung dan membersihkan sambungan di black box secara hati-hati agar data yang terekam tidak terhapus.

File audio atau data pesawat harus diunduh serta diduplikasi. Awalnya, data yang diunduh masih berbentuk mentah. Oleh karena itu harus melalui proses pembacaan sandi untuk kemudian diubah dalam bentuk grafik.

Corona Mengganas, 5 Negara Ini Kembali Lockdown!

Terkadang, investigator juga menerapkan analisis spektral, langkah yang dipakai untuk menguji suara sehingga membuat ilmuwan mampu memilih suara-suara yang bisa didengarkan atau menandai alarm pertama yang berbunyi hingga terjadi ledakan.

Investigator yang menganalisis black box terdiri dari perwakilan dari pihak pesawat dan juga pihak produsen pesawat, serta spesialis bahasa atau bahkan penerjemah. Proses ini memakan waktu hingga mingguan bahkan bulanan hingga lengkap sepenuhnya

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.