7 Manfaat Olahraga Kardio di Pagi Hari, Bisa Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat olahraga kardio di pagi hari sangat banyak. Manfaat olahraga kardio di pagi hari tak hanya meningkatkan imunitas tubuh.

JEDA.ID-Apakah Anda melakukan olahraga kardio di pagi? Tahukah anda bahwa olahraga kardio di pagi hari punya banyak manfaat? Tips kesehatan kali ini membahas manfaat olahraga kardio.

Olahraga aerobik adalah latihan fisik yang melibatkan oksigen untuk memenuhi sejumlah kebutuhan energi selama bergerak. Olahraga aerobik dapat merangsang denyut jantung dan meningkatkan laju pernapasan.

Berenang, berlari, bersepeda dan senam adalah contoh dari olahraga yang dikategorikan sebagai olahraga aerobik. Perlu diketahui bahwa olahraga aerobik ini memiliki sejumlah tingkatan mulai dari intensitas rendah hingga tinggi.

Melongok Sejarah 5G, Korea Selatan Kali Pertama Menerapkan Jaringan Ini

Dikutip dari detikcom, Selasa (13/10/2020), berikut adalah manfaat olahraga aerobik atau kardio bagi tubuh kalian.

1. Menjaga kesehatan jantung

Dalam olahraga ini, jantung berfungsi lebih cepat memompa darah ke seluruh tubuh karena olahraga ini melibatkan gerakan yang intens. Untuk itu, olahraga aerobik ini meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh sekaligus menjaga pembuluh arteri tetap sehat.

2. Menurunkan tekanan darah

Aerobik sangat sesuai untuk menurunkan tekanan darah. Saat melakukan olahraga aerobik, pembuluh darah akan melebar dengan tujuan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

3. Menurunkan berat badan

Olahraga aerobik ini memiliki ciri berupa gerakan yang intens sehingga ampuh untuk membakar kalori yang ada dalam tubuh. Menurut ahli, gerakan aerobik dapat membakar sekitar 100-200 kalori selama 20 menit dalam kategori aerobik sedang. Kalian juga dapat membakar kalori sebesar 200-400 kalori ketika berlari atau bersepeda selama 30 menit.

No Bra Day, Benarkah Tidak Pakai Bra Bermanfaat Bagi Kesehatan?

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Olahraga aerobik ini dapat meningkatkan kekuatan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih prima. Kondisi ini dapat membuat tubuh menjadi tidak rentan terkena penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh dari virus dan bakteri.

5. Memperbaiki suasana hati

Dikutip dari Mayo Clinic, olahraga aerobik terbukti melepaskan hormon endorfin yang menimbulkan perasaan bahagia atau senang. Maka dapat disimpulkan bahwa olahraga aerobik ini dapat memperbaiki suasana hati. Selain itu, olahraga aerobik juga dapat menghilangkan rasa sakit, membuat tubuh rileks dan memperbaiki kualitas tidur.

6. Menjaga kesehatan otak

Dikutip dari Medical News Today, penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik dapat menjaga kesehatan otak karena olahraga ini merangsang fungsi kognitif dan mengurangi risiko demensia. Ahli menyarankan orang dewasa untuk olahraga aerobik selama 20-60 menit setiap hari.

7. Detoksifikasi tubuh

Gerakan yang intens memacu peredaran darah lebih cepat sehingga pengangkutan zat hasil sisa metabolisme dalam tubuh seperti karbon dioksida dan asam laktat yang bersifat toksik dapat segera diangkut oleh darah. Makanya, olahraga kardio ini juga berfungsi untuk detoksifikasi tubuh dengan mengeluarkan racun yang ada.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.