5 Resep Alami Redakan Demam, Apa Saja?

Ada sejumlah resep alami redakan demam. Resep alami redakan demam ini sangat mudah diperoleh di sekitar kita.

JEDA.ID-Ada banyak cara untuk redakan demam. Namun daripada memilih obat-obatan kimia, tak ada salahnya mencoba resep alami redakan demam.

Apakah saja resep alami redakan demam? Simak yuk. Tips kesehatan kali ini membahas resep alami redakan demam.

Demam kerap disertai dengan sakit kepala, nyeri otot, serta kehilangan nafsu makan. Selain gejala umum yang disebutkan, sebagian orang juga mengalami dehidrasi, tubuh lemas, bahkan menggigil. Demam terjadi sebagai gejala penyakit lain seperti flu atau saat kondisi tubuh sedang tidak fit.

Jika demam semakin parah lebih dari tiga hari, kemungkinan besar disebabkan oleh chikunguya, malaria, atau virus demam berdarah. Dalam kasus tersebut, segera berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan intensif.

Minum Kopi Tanpa Nyeri Lambung? Ini Triknya

Berikut lima resep alami yang dapat digunakan di rumah untuk redakan demam seperti dikutip dari detikcom, Minggu (8/11/2020):

1. Kemangi

Ambil sekitar 20 lembar daun kemangi dan rebus, tambahkan 1 sendok teh jahe ke dalamnya. Biarkan air rebusan berkurang hingga setengahnya lalu tambahkan sedikit madu. Minum teh ini dalam waktu 2 sampai 3 kali sehari untuk meredakan demam.

2. Bawang putih

Hancurkan 1 siung bawang putih, masukkan ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 10 menit kemudian saring. Minum dalam dua kali sehari untuk hasil terbaik.

3. Jahe

Unsur antivirus dan antibakter pada jahe membantu melawan penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh. Selain demam, jahe juga dapat mengobati pilek, radang, dan sakit tenggorokan.

Menyusui Kala Pandemi Bisa Tetap Berlangsung Aman, Ini Triknya

Tambahkan 1/2 sendok teh jahe parut ke dalam secangkir air mendidih kemudian campurkan madu untuk menambah cita rasa. Minum dalam 3 sampai 4 kali sehari agar ramuan bekerja lebih optimal.

4. Daun ketumbar

Masukkan segenggam daun ketumbar ke dalam 1/3 cangkir air, lalu blender sampai halus, kemudian saring hasilnya. Minum sebanyak 2 sendok teh dalam 3 kali sehari untuk menurunkan demam.

5. Cuka sari apel

Sifat asam pada cuka membantu menurunkan panas. Vitamin di dalamnya juga membantu menambah mineral dalam tubuh. Campurkan 2 sendok teh cuka sari apel dan 1 sendok makan madu ke dalam segelas air dan minum setidaknya 2 sampai 3 kali sehari

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.