• Tue, 19 October 2021

Breaking News :

22 Persen Nakes Telah Divaksinasi Covid-19

Sudah ada 22 persen nakes yang vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Berikut ini detail lengkapnya dari Kementerian Kesehatan.

JEDA.ID — Pemerintah menyebut hingga 22 Januari 2021 sudah ada 132.000 tenaga kesehatan atau nakes vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Detailnya, dari 132.000 nakes itu tersebar di 13.525 fasilitas kesehatan di 92 kabupaten/kota di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Pacar Nafsuan Normal Enggak Ya? Ini Batasan dan Cara Menghadapinya

Jumlah ini setara dengan 22 persen dari total 598.483 nakes yang akan vaksinasi Covid-19 di tahap pertama.

“Di tahap pertama, kami menyebarkan undangan bagi 598.483 tenaga kesehatan dari target 1,47 juta. Sisa 888.282 tenaga kesehatan sudah mulai diberikan undangan di 21 Januari kemarin. Jika ada tenaga kesehatan yang belum terdaftar di tahap pertama, kemungkinan mereka ada di kelompok kedua,” ungkap Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi sebagaimana telah diberitakan Solopos.com pada Sabtu (23/1/2021).

Baca Juga: Doni Monardo Positif Covid-19 dengan CT Value 25, Artinya Apa Sih?

Selain jumlah nakes yang telah vaksinasi Covid-19 tersebut, ada juga tenaga kesehatan yang batal untuk disuntik vaksin karena sejumlah alasan. “Di antaranya merupakan penyintas Covid-19, memiliki komorbid, darah tinggi, penyakit bawaan, dan sedang hamil,” lanjutnya.

Vaksinasi Covid-19 sangat penting diberikan kepada nakes untuk mengurangi tingkat keparahan penyakit, sehingga mengurangi angka tenaga kesehatan yang meninggal.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga Outdoor untuk Jaga Imunitas Tubuh

“Kita sudah kehilangan lebih dari 600 tenaga kesehatan dan ini merupakan kehilangan yang besar bagi bangsa Indonesia. Mari kita putus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui vaksinasi,” tambah dia.

Selain itu, vaksinasi memiliki manfaat yang lebih besar dibanding risikonya. Hal ini dikarenak vaksin memiliki risiko efek simpang yang rendah. Berdasarkan laporan dari Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), semua reaksi masih bersifat ringan dan tidak ada yang serius. Proses vaksinasi kepada tenaga kesehatan masih akan terus berlangsung dan diharapkan hingga Februari 2021 untuk mencapai target 1,47 juta tenaga kesehatan divaksinasi.

Baca Juga: Tokyo Kota Paling Instagramable di Dunia, Jakarta Masuk 30 Besar

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.