• Thu, 29 September 2022

Breaking News :

11 Makanan Tinggi Protein Ini Cocok Untuk Diet

Mengonsumsi lebih banyak protein menjadi kunci bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet untuk membentuk otot tubuh.

JEDA.ID—Makanan tinggi protein sangat baik untuk kesehatan. Bahkan tak sedikit orang mengonsumsi makanan tinggi protein selama diet.

Diet tinggi protein bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena mampu mengenyangkan perut, dan membakar kalori sedikit lebih banyak. Mengonsumsi lebih banyak protein menjadi kunci bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet untuk membentuk otot tubuh.

Ingin Terapi Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19? Cek Syaratnya

Tips kesehatan kali ini membahas aneka makanan tinggi protein yang cocok untuk diet. Dilansir dari Detik.com, Selasa (29/12/2020), inilah 11 makanan tinggi protein yang cocok untuk diet.

1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dibanding sayuran lainnya. Satu cangkir brokoli yang diiris mengandung 3 gram protein dengan hanya 31 kalori.

2. Tuna

Tuna adalah bahan makanan yang tinggi protein dan rendah lemak. Kalorinya pun cukup rendah sehingga nutrisinya mayoritas terdiri dari protein. 150 gram tuna biasanya mengandung 39 gram protein dengan 179 kalori. Selain kaya protein, tuna juga mengandung banyak omega-3.

3. Telur

Telur utuh termasuk salah satu makanan yang paling sehat dan penuh nutrisi. Bahkan putih telur hampir sepenuhnya hanya mengandung protein. Satu butir telur berukuran besar biasanya mengandung 6 gram protein.

4. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak kaya akan protein dan rasanya juga enak. 85 gram daging sapi tanpa lemak yang telah dimasak biasanya mengandung 22 gram protein, zat besi dan vitamin B12.

Long Covid-19 Pengaruhi Siklus Haid? Ini Penjelasannya

5. Gandum

Gandum mengandung serat, magnesium, vitamin B1 dan sejumlah nutrisi lainnya. Setengah cangkir gandum mentah mengandung 13 gram protein nabati atau sekitar 15% dibanding total kalorinya.

6. Almond

Untuk kalian yang mencari cemilan tinggi protein bisa mencoba ngemil almond. Dalam setiap 30 gram almond mengandung 6 gram protein nabati serta serat, vitamin E, mangan dan magnesium.

7. Greek Yogurt

Greek yogurt adalah jenis yogurt yang lebih kental. Rasanya lezat dengan tekstur yang creamy dan mengandung banyak nutrisi. Greek yogurt versi tanpa lemak biasanya mengandung 17 gram protein per 170 gram.

8. Cottage Cheese

Cottage cheese adalah jenis keju yang lembut serta memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah. Proteinnya pun cukup tinggi, dari satu cangkir cottage cheese mengandung 27 gram protein atau sekitar 59% dari kalori.

Cara Mudah Mengobati Sariawan Secara Alami Tanpa Rasa Pedih

9. Dada Ayam

Dada ayam, terutama yang tanpa kulit, merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein paling tinggi sehingga cocok untuk diet. Bahkan kandungan protein satu dada ayam tanpa kulit yang dipanggang mencapai 53 gram atau 80% dari kalori.

10. Susu

Susu tidak hanya kaya akan protein tapi juga nutrisi lain yang penting seperti kalsium, fosfor dan vitamin B2. Satu gelas susu mengandung 8 gram protein, dengan 149 kalori.

11. Edamame

Makanan yang mengandung protein tinggi lainnya adalah edamame. Kacang-kacangan dari Jepang ini adalah kacang kedelai yang belum matang dan masih berada dalam polong. Kacang berwarna hijau ini bisa menjadi cemilan sehat yang tinggi protein. Satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein dan 52% kebutuhan vitamin K harian.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.