• Fri, 26 April 2024

Breaking News :

Sederet Website Gratis Bikin Belajar di Rumah Jadi Menyenangkan

Untuk mencegah penyebaran virus corona, sejumlah pemerintah daerah di Indonesia memutuskan para pelajar untuk belajar di rumah.

JEDA.ID— Untuk mencegah penyebaran virus corona, sejumlah pemerintah daerah di Indonesia memutuskan para pelajar untuk belajar di rumah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memahami kebijakan penghentian aktivitas bersekolah yang diambil Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mencegah penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19). Hal ini dilakukan setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemantauan dan koordinasi dengan semua kementerian, lembaga, dan Pemda.

Terkait dengan langkah beberapa Pemda untuk menghentikan sementara aktivitas bersekolah, Kemendikbud siap untuk mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN) jika diperlukan. Hal ini demi memastikan keamanan dan keselamatan semua warga sekolah. “Dampak penyebaran Covid-19 akan berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Kami siap dukung kebijakan yang diambil Pemda. Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama,” dijelaskan Mendikbud di Jakarta, Sabtu (14/03/2020) seperti dilansir website Kemendikbud.

Mendikbud menjelaskan, saat ini kerja sama penyelenggaraan pembelajaran secara daring dilakukan dengan berbagai pihak. Beberapa pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan secara daring antara lain Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius.

Pembelajaran Daring

Mendukung pernyataan Mendikbud, beberapa mitra menyatakan kesanggupannya untuk berkontribusi menyelenggarakan sistem belajar secara daring. Setiap platform akan memberikan fasilitas yang dapat diakses secara umum dan gratis.
Google berkomitmen untuk membantu meningkatkan pembelajaran untuk semua orang. Sehubungan dengan situasi Covid-19, Google membantu para siswa dan guru di Indonesia untuk dapat melanjutkan pembelajaran di luar sekolah melalui G Suite for Education.

Ini merupakan alat pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa yang tersedia gratis dari Google. Sekolah dapat menggunakan Hangouts Meet, alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite, dan Google Classroom, untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Hingga 1 Juli 2020, Google menyediakan fitur Hangouts Meet yang paling lengkap secara gratis yang meliputi kemampuan live streaming hingga 100.000 penonton dalam suatu domain dan pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas hingga 1 Juli 2020 yang bisa direkam dan disimpan di Google Drive untuk akses di kemudian hari.

Fernando Uffie, Pendiri Kelas Pintar mendukung langkah antisipatif Kemendikbud untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Siswa bisa tetap belajar secara daring, guru bisa tetap memberikan pendampingan dalam proses belajar siswa, dan orang tua bisa memonitor perkembangan belajar anaknya. Semua itu bisa dilakukan dengan solusi pendidikan berbasis teknologi seperti Kelas Pintar.

“Selama satu bulan ke depan, Guru maupun Siswa di seluruh Indonesia bisa menggunakan solusi belajar daring dari Kelas Pintar secara gratis. Agar proses pembelajaran siswa tetap berlanjut, kapan dan dari manapun,” jelas Uffie.

Memonitor Hasil Kerja Siswa

Benny Kusuma, Education Lead PT. Microsoft Indonesia menjelaskan pihaknya menyediakan akses Office 365 untuk pendidikan. Untuk memanfaatkan fasilitas ini, pihak sekolah hanya perlu menyediakan domain institusi sebagai identitas digital para guru dan murid.

Dengan fasilitas Teams dalam Office 365, proses belajar mengajar tetap dapat berlangsung secara digital dan guru bisa bertatap muka dengan murid melalui fasilitas video conference bila dibutuhkan. “Guru dapat mengirimkan materi ajar berbasis teks, suara maupun video melalui teams class kepada para muridnya. Demikian pula para murid bisa berdiskusi dengan guru dan murid yang lain di dalam teams class tersebut,” jelas Benny.

Hanani Faiza, Content Associate Manager Quipper menjelaskan pihaknya akan memberikan akses dan material gratis bagi sekolah, guru dan siswa. Guru dan sekolah juga dapat menggunakan layanan Quipper School untuk memberikan tugas dan ujian sekaligus memonitor hasil kerja siswa. Hal ini termasuk video, modul, dan kumpulan soal ujian nasional (UN) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi masuk mandiri peguruan tinggi negeri (SBMPTN) untuk guru SMP dan SMA di seluruh Indonesia.

Kisah-Kisah Mengharukan Pasien yang Sembuh dari Covid-19

Kurikulum Nasional

Belva Devara, Chief Executive Officer (CEO) dan Pendiri Ruangguru juga mengumumkan pembukaan Sekolah Online Ruangguru Gratis. Melalui program ini, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa.

Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 – 12.00 WIB, di mana akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu Master Teachers Ruangguru.

“Para guru di Indonesia juga dapat mengikuti Pelatihan Guru Online gratis selama satu bulan kedepan. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional,” terang Belva.

Radinka Qiera, Direktur Sekolahmu juga telah menyelenggarakan pembelajaran kelas maupun karier dengan berkolaborasi bersama ratusan sekolah dan organisasi. Pembelajaran daring ini ditujukan bagi seluruh murid, guru, bahkan orang tua. Program-program yang disediakan Sekolahmu telah dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik yang berpengalaman dalam menerapkan pembelajaran berbasis kompetensi yang sukses.

Sementara itu, CEO Zenius, Rohan Monga menyatakan platformnya turut membantu siswa mempersiapkan UN dan UTBK. Jika sebelumnya belajar secara mandiri dianggap tidak terarah dan terukur, Zenius pun merumuskan cara untuk membantu anak belajar mandiri di rumah yang efektif dan efisien, terarah dan terukur.

Berikut sejumlah website yang mengajikan materi pembelajaran gratis.

Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id

Akses Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/

Akses Kelas Pintar: https://kelaspintar.id

Akses Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office

Akses Quipper School: https://www.quipper.com/id/school/teachers/

Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://sekolahonline.ruangguru.com

Akses gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas

Akses Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri

Yuk Bikin Apotek Hidup, Alternatif Menyediakan Obat Herbal Keluarga

Menyiapkan Kondisi Rumah untuk Belajar

ilustrasi (freepik)

ilustrasi (freepik)

Dengan banyaknya materi-materi belajar yang bisa diakses secara daring tersebut, sekarang tergantung kepada orang tua, dan keluarga untuk mendukung pembelajaran pelajar di rumah.  Usahakan untuk menciptakan suasana belajar menyenangkan di rumah, agar anak akan lebih mudah memahami materi yang diberikan di sekolah.

Berikut ini 7 hal yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan suasana belajar menyenangkan di rumah seperti dilansir dari berbagai sumber:

Siapkan Alat Belajar dan Materi

Sebelum belajar, anak perlu menyiapkan materi yang akan dipelajari. Persiapkan hal ini sejak dari sekolah. Atau untuk langkah mudahnya, anak bisa mempelajari lagi apa yang baru saja dipelajari di sekolah.  Dengan begitu otak akan lebih mudah mencerna. Termasuk bila materi berasal dari Internet, sebisa mungkin sudah disiapkan sebelum belajar.

Selain itu, Anda juga perlu membantu anak untuk mempersiapkan segala peralatan belajar sebelumnya, seperti pulpen, buku dan beberapa peralatan lain. Ini bertujuan agar konsentrasi belajar tidak terpecah.

Bersihkan Ruangan Belajar

Ruangan belajar yang bersih akan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan selama belajar. Dengan begitu, pikiran akan menjadi lebih jernih untuk menyerap setiap pelajaran. Bandingkan jika ruangan kotor atau sumpek, anak tidak akan fokus dalam menyerap setiap pelajaran.

Pencahayaan Optimal

Dibutuhkan pencahayaan yang optimal untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus selama belajar. Pencahayaan yang buram akan mengganggu konsentrasi, menyebabkan kantuk, atau bahkan berakibat buruk pada kesehatan mata. Dengan pencahayaan optimal, suasana belajar akan lebih menyenangkan.

Siapkan Camilan

Selain suasana sekitar, perut juga perlu diisi. Menyediakan cemilan saat belajar di rumah akan membantu anak menghilangkan rasa bosan dan lapar. Untuk itu, siapkan camilan yang bergizi untuk membantu otak bekerja optimal, seperti buah-buahan, susu, atau jus.

Belajar Sambil Bermain

Salah satu cara menyenangkan belajar di rumah adalah dengan belajar sambil bermain. Belajar tidak selalu dilakukan dengan metode kuno, Anda bisa membantu anak dengan belajar sambil bermain. Hal ini bisa diterapkan dengan bermain kuis atau hal-hal menyenangkan lainnya. Sehingga anak akan berpikir bahwa belajar bukan sesuatu yang membosankan.

Sesekali Anda bisa mengajak anak untuk belajar di halaman rumah, taman atau di area terbuka untuk menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan. Belajar di rumah tidak harus selalu di ruangan tertutup. Bahkan Anda bisa menciptakan suasana sekreatif mungkin sehingga anak tidak bosan.

Jauhkan Benda yang Mengundang Interaksi

Anak harus jauh dari segala benda yang akan mengundang interaksi saat belajar. Seperti TV, video game atau sejenisnya. Bukannya belajar, anak akan teralih perhatiannya akan barang-barang seperti itu. Belajar di rumah memang tidak perlu dilakukan terlalu serius, tapi Anda juga harus menerapkan aturan sehingga belajar lebih kondusif.

Fokus

Terakhir, anak harus tetap fokus agar belajar dapat optimal. Membuat suasana belajar yang santai sangat dianjurkan saat belajar di rumah, namun anak harus tetap fokus pada materi yang dipelajari. Bila harus menggunakan gadget pastikan anak hanya fokus pada materi pelajaran bukan membuka aplikasi lain.

Untuk anak sekolah, belajar di rumah sangat penting untuk membantu anak menyerap materi lebih baik. Bukan hanya di rumah, mungkin sesekali juga perlu belajar di tempat rekreasi atau taman hiburan lain. Ubah mind set anak bahwa belajar itu menyenangkan.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.