Sebaiknya Hindari, Ini 9 Tanda Pria Toxic yang Bikin Kamu Terpuruk

Apakah saat ini Anda merasa sedang menjalin hubungan dengan pria toxic yang membuat Anda terpuruk? Ada beberapa ciri pria toxic yang sebaiknya dihindari.

JEDA.ID– Apakah saat ini Anda merasa sedang menjalin hubungan dengan pria toxic yang membuat Anda terpuruk?

Memiliki pasangan yang mencintai, mendukung, dan menguatkan Anda adalah idaman semua orang, namun, terkadang Anda bersama orang yang membuat Anda dalam posisi sulit bahkan memaksa Anda mengubah diri Anda sendiri secara sadar maupun tidak.

Berikut adalah 9 tanda pria toxic yang malah membuat Anda lebih sulit dalam menjalani hubungan, seperti dilansir Bisnis.com, Sabtu (20/6/2020) simak ya:

Tak Hanya Pulau Malamber, Ini 5 Pulau di Indonesia yang Nyaris Dijual

1. Anda Menolak Ragam Acara hanya karena dia

Sabgat alami bagi Anda untuk menghabiskan waktu bersama si dia, namun Anda tak seharusnya menghabiskan seluruh waktu Anda bersama. Jika Anda terus menolak ajakan nongkrong sama teman, kolega, dan keluarga hanya karena dia, itu adalah tanda Anda menjalin hubungan tak sehat.

Jika dia menginginkan yang terbaik bagi Anda, dia tentu akan membantu Anda menjadwal hubungan dan perjumpaan Anda dengan orang lain. Hal ini penting ketimbang Anda terus menerus menolak ajakan sahabat dan keluarga.

2. Anda Sering Merasa Lelah Batin

Menjalin hubungan tentu menguras tenaga dan hati, namun bukan berarti Anda merasa lelah hanya karena itu. Ketika Anda terlalu sering bertengkar, Anda selalu mencemaskan respon pasangan, atau terus memperdebatkan beban dan kewajiban yang sebenarnya tak perlu ada jika Anda berada pada hubungan lain, percayalah hubungan Anda sangat bermasalah.

Alhasil Anda jadi sulit fokus pada pekerjaan atau menemukan waktu untuk melakukan hal yang Anda sukai. Hubungan yang tak sehat akan menghabiskan energi Anda, bahayanya, hal itu bisa menjauhkan Anda dari diri Anda sendiri hingga tak ada hal baik yang bisa Anda berikan bagi diri Anda sendiri.

3. Anda Seringkali Bersikap Egois

Hubungan percintaan bukanlah adu kekuasaan atau kompetisi. Jika Anda melihat diri Anda sering membuat pasangan merasa rendah diri, tak dicintai, ini juga bukan tanda hubungan Anda sehat. Jika Anda merasa tidak nyaman berkompromi dengan dia, karena Anda merasa fia akan berkuasa lebih atas Anda dan entah mengancam Anda, sudah seharusnya Anda tak lagi menjalin hubungan dengan dia.

4. Dia Tidak Mendukung Cita-cita Anda

Kapanpun Anda membicarakan soal cita-cita dan pikitan Anda lalu dia terlihat tidak terkesan apalagi membuat Anda merasa bodoh untuk mulai mencoba meraih cita-cita Anda, waspadalah.

Apa yang bisa Anda harapkan dari pasangan yang tidak menghargai keputusan Anda? Pasangan yang baik akan menolong Anda mencapai cita-cita dan target Anda.

5. Suka Membuat Anda Kehilangan Akal

Ketika Anda bersama seseorang yang membuat Anda terpuruk, apapun yang dia lakukan akan terasa sangat menekan Anda. Dia bisa saja menonton TV hingga larut malam, sementara mata Anda sudah kelelahan.

Saat dia berbicara dengan perempuan lain, Anda menjadi cemburu dan insecure. Seringkali Anda pun tak bisa menjelaskan alasan kenapa Anda marah atau bertingkah aneh di luar karakter asli Anda. Percayalah, jauh dalam lubuk hati, Anda sebenarnya sudah tahu ada yang tidak beres dengan pasangan Anda.

Perlu Tahu, Ini Tipe Calon Karyawan yang Dihindari HRD

6. Dia Malah Mendukung Kebiasaan Buruk Anda

Jika pasangan Anda melihat diri dia dalam Anda, maka dia mungkin tak tertarik ketika Anda ingin melakukan perubahan dalam diri Anda, karena ini mengartikan dia pun harus berubah.

Anda membutuhkan pasangan yang bisa membantu Anda berkembang, dan membantu Anda mencapai itu, bukan malah mendukung kebiasaan Anda yang buruk. Hal ini mungkin terlihat receh, padahal jika dia sadar kebiasaan buruk adalah penyebab Anda tak bisa berkembang.

7. Anda Tak Menjadi Diri Sendiri Saat Bersamanya

Apakah orang-orang mengatakan Anda jadi berbeda di hadapan pasangan Anda? Apakah Anda merasa berbeda saat bersama dia? Adakah sesuatu yang canggung dan aneh dalam hubungan Anda selama ini? Apakah Anda sering mengatakan hal yang tidak sesuai dengan niatan, atau Anda kerap kali menyesal setiap kali berbicarqa dengan dia?

Jika Anda kesulitan menunjukkan kepada dia siapa Anda sebenarnya, maka itu sudah penanda bahwa dia tak bisa mengeluarkan versi terbaik dalam diri Anda. Pria yang bisa mengeluarkan versi terbaik dalam diri Anda akan membiarkan Anda menjadi diri Anda sendiri, dan tidak akan menekan kepribadian asli Anda.

8. Anda Mudah Cemburu Pada Banyak Hal

Bagi orang yang jarang cemburu lalu seringkali menjadi cemburu saat punya pasangan, Anda perlu waspada. Ketika Anda merasa panik dan cemburu ketika pasangan traveling bersama sahabat kantornya, atau saat dia menggunakan ponsel terlalu sering, artinya ada yang salah dengan diri Anda dan hubungan Anda.

Kadangkala kecemasannya bukan karena perselingkuhan. Namun karena Anda kerap merasa hubungan yang Anda bina sangat rentan karena dia bisa bahagia tanpa Anda. Inilah penanda, pasangan Anda adalah kabar buruk bagi diri Anda.

9. Perjuangan Anda Sia-sia

Setiap pasangan sering bertengkar atau berargumen adalah hal biasa. Hal itu normal. Hal itu menjadi masalah ketika Anda merasa harus berbohong, menyakiti satu sama lain, atau berteriak dengan suara kencang, memecahkan barang, apalagi sampai ada yang melakukan kekerasan fisik.

Hal ini menandakan pasangan Anda mungkin tidak menghargai keyakinan dan prinsip Anda, atau dia tak percaya komunikasi bisa efektif menyembuhkan. Anda juga sudah sering melukai pasangan Anda. Apapun alasannya, ini adalah tanda dia merupakan pria toxic yang telah mengeluarkan versi yang terburuk dalam diri Anda.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.