Penyebab dan Tahap Sel Kanker Menyebar ke Seluruh Tubuh

Berbagai jenis kanker punya kemungkinan menyebar tergantung kondisi pengidapnya.

JEDA.ID – Kondisi Ria Irawan dikabarkan terus menurun usai kembali dilarikan ke IGD Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta pada Senin (18/11/2019). Ria Irawan mengidap kanker kelenjar getah bening usai sel anak kanker endometrium menyebar hingga kepala.

Dilansir Liputan6.com, Selasa (19/11/2019), belum banyak informasi yang bisa disampaikan sang suami. Mayky Wongkar hanya mengakui kondisi Ria Irawan sempat menurun sehingga harus dirawat di RSCM.

Ria Irawan sudah berjuang sembuh dari kanker sejak 2012 silam. Pemain film Madame X itu sempat dinyatakan pulih. Namun beberapa bulan lalu, kanker Ria Irawan kembali kambuh. Sehingga dirinya harus menjalani pengobatan seperti kemoterapi.

Penyebaran Kanker

Menurut dokter ahli hematologi onkologi medik dr Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM, berbagai jenis kanker punya kemungkinan menyebar. Terutama yang sudah memasuki tingkat lanjut, yaitu fase tiga dan empat.

“Sesuai namanya ya, kanker yang kapsulnya sudah pecah bisa menyebar ke bagian lain. Disebut infiltrasi jika menyebarnya masih di area lokal dan invasi bila sudah menyerang organ tubuh lain,” kata dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) tersebut, dilansir Detik, Sabtu (14/9/2019).

Kanker yang sudah masuk ke sistem limfoma atau aliran darah, biasanya lebih mudah menjangkau bagian tubuh lain. Kanker yang menyebar hingga limfoma berbeda dengan kanker kelenjar getah bening. Hal ini ditandai dengan adanya riwayat penyakit dan pengobatan pada pasien.

Menurut dr Nadia, dokter wajib curiga jika pasien punya riwayat tersebut dan ditemukan sel kanker di sistem limfoma. Hal ini mungkin mengindikasikan kanker yang dialami pasien sebelumnya, sudah masuk ke aliran limfoma.

Kanker yang masuk ke sistem limfoma atau aliran darah disebut sistemik karena bisa menjangkau seluruh tubuh. Pengobatan untuk kanker yang bersifat sistemik adalah kemoterapi, disertai terapi lain sesuai kondisi pasien.

Setiap jenis kanker punya peluang berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lain. Secara umum, kanker yang ditemukan dan ditangani sejak dini berisiko menyebar lebih kecil.

Tahap Kanker

Menurut laman Cancer Center, Webmd, adapun tahapan kanker kelenjar getah bening dari awal kemunculannya hingga terjadinya serangan kanker kedua setelah pengobatan;

Pada tahapan pertama, kanker ditemukan di 1 daerah kelenjar getah bening stadium I. Kanker telah menginvasi 1 organ atau situs ekstralimfatik.

Pada tahapan kedua, kanker sudah berada di 2 atau lebih daerah kelenjar getah bening di sisi yang sama diafragma. Kanker ini melibatkan 1 organ dan kelenjar getah bening regionalnya.

Tahapan III-IV. Kanker kelenjar getah bening pada tahapan ini berada di kedua sisi diafragma atau telah menyebar ke seluruh tubuh di luar kelenjar getah bening. Limfoma biasanya menyebar ke hati, sumsum tulang atau paru-paru.

Progresif: Jika kanker tumbuh lebih besar atau menyebar saat pasien sedang dirawat karena lifoma asli, itu disebut penyakit progresif.

Berulang atau relaps: Limfoma berulang adalah limfoma yang telah kembali setelah pengobatan atau disebut serangan kanker kedua. Biasanya ini terjadi di daerah pertama kali orang itu menderita kanker.

Kekambuhan ini bisa terjadi setelah perawatan pertama atau bertahun-tahun kemudian. Jika terjadi kekambuhan, diperlukan pengobatan yang lebih tinggi lagi.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.