Deretan Orang Terkaya Indonesia di Lingkaran Jokowi

Di lingkaran Jokowi, ada orang terkaya di Indonesia yang ingin fokus mengetaskan kemiskinan. Ada pula anak orang terkaya yang menjadi wakil menteri.

JEDA.ID–Sejumlah orang terkaya di Indonesia berada di lingkaran Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka ada yang bertugas sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), menteri di Kabinet Indonesia Maju, sampai ketua umum partai politik pendukung.

Beberapa nama orang terkaya di Indonesia yang berada di lingkaran Jokowi di antaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dua anggota Wantimpres Dato Sri Tahir dan Arifin Panigoro, serta Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Berikut profil cerita orang terkaya di Indonesia itu yang kini berada di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim (JIBI)

Pada 2018, Globe Asia menempatkan Nadiem Makarim sebagai orang terkaya ke-150 di Indonesia. Globe Asia menyebut pendiri Gojek ini memiliki harta US$100 juta atau setara Rp1,4 triliun.

Forbes pada 2017 lalu menyebut mantan bos Gojek ini memang belum masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi mereka. Namun, bisnis yang dijalani Nadiem tengah booming sehingga potensial masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Terakhir, Mendikbud Nadiem Makarim masuk dalam daftar Time 100 Next. Nadiem masuk dalam kategori Leaders bersanding dengan sosok-sosok pemimpin lain yang berpengaruh seperti Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada dan senator muda Amerika Serikat Josh Hawley.

Gaya Pakaian Nadiem Makarim, di Gojek sampai Mendikbud

Nadiem Makarim beserta 99 orang lainnya masuk daftar Time 100 Next karena dianggap sebagai pendatang baru dan masa depan di dunia bisnis, hiburan, olahraga, politik, sains, kesehatan dan banyak lagi.

Jurnalis Time, Amy Gunia, mendeskripsikan Nadiem sebagai seorang pebisnis yang kemudian dipanggil Presiden Joko Widodo untuk membantu sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

”Kehadiran Makarim bakal membawa sentuhan anak muda, jiwa kewirausahaan yang cerdas di kabinet,” kata Deputi Center for Strategic and International Studies, Brian Harding, sebagaimana dilansir dari Liputan6.com.

Arifin Panigoro

orang terkaya Indonesia

Arifin Panigoro (Antara)

Pengusaha minyak ini baru dilantik Presiden Jokowi sebagai anggota Wantimpres. Forbes mencatat Arifin Panigoro sebagai orang terkaya ke-45 di Indonesia. Forbes mencatat harta Panigoro mencapai US$670 juta atau setara Rp9,38 triliun.

Sebagaimana dikutip dari Detikcom, Arifin merupakan pemilik Medco Energi yaitu perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi kelas kakap di Indonesia.Perusahaan energi ini sudah berdiri sejak 1980-an.

Medco mulai dikenal saat memulai usaha pengeboran minyak tahun 1981 yang salah satu modalnya dari bantuan pemerintah. Bersama Medco, Arifin mencatatkan sejarah besar, hal itu terjadi ketika Medco berhasil melakukan pembelian PT Stanvac.

Harta Rp5 Triliun, Ini Alasan Sandiaga Uno Pakai Grand Livina Rp100 Juta

Dengan pembelian itu, PT Stanvac tidak lagi dikuasai orang asing. Stanvac sendiri merupakan perusahaan minyak tertua di Indonesia. Berkat Arifin, perusahaan ini sudah dimiliki sepenuhnya oleh Medco.

Arifin juga punya sepak terjang di dunia politik. Dia pernah bergabung dengan PDIP dan menjadi anggota DPR pada 1999-2004. Lantas dia ia terpilih lagi di DPR untuk periode berikutnya.

Namun, pada 2015, orang terkaya di Indonesia inimengundurkan diri dari DPR dan PDIP pada tahun 2005 dan membentuk Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

Hary Tanoesoedibjo

Hary Tanoe

Hary Tanoe (JIBI)

Forbes mencatat Hary Tanoesoedibjo sebagai orang terkaya ke-32 di Indonesia dengan harta US$1 miliar atau setara Rp 14 triliun. Hary adalah Ketua Umum Partai Perindo, salah satu partai yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Anak Hary Tanoe, Angela Herliani Tanoesoedibjo, ditunjuk Jokowi  Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Angela yang juga merupakan Wakil Sekretaris Jenderal Perindo ini dilantik bersama 11 wakil menteri lainnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Jokowi menyebut sosok Angela adalah pengusaha muda yang memiliki pengalaman di bidang media. Mantan Gubernur DKI Jakarta juga menuturkan Angela juga pandai dalam melakukan promosi.

Beli Rumah Rp193 Miliar, Hary Tanoesoedibjo Rogoh 1% Harta

Forbes menyebut Hary Tanoe mulai membangun bisnis media segera setelah lulus hingga punya 60 stasiun TV, stasiun radio, dan surat kabar.

Melalui perusahaannya yang terdaftar MNC Land, orang terkaya di Indonesia ini membangun resor di Bali dan Jawa Barat yang akan dikelola oleh perusahaan Donald Trump.

Dato Sri Tahir

orang terkaya Indonesia

Dato Sri Tahir (Antara)

Dato Sri Tahir merupakan orang terkaya ke-7 di Indonesia yang baru dilantik menjadi anggota Wantimpres. Per 13 Desember 2019, Forbes mencatat harta Tahir mencapai US$5,2 miliar atau setara Rp72,8 triliun (kurs US$1=Rp14.000).

Dia pendiri Mayapada Group, perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, rumah sakit, dan real estat, dan beberapa bidang lainnya. Penyuka mi instan ini dulunya seorang anak penyewa becak yang miskin.

Pria kelahiran 26 Maret 1952 ini mengaku hidup dari keluarga tak mampu. Bahkan dia tinggal di rumah kontrakan di Surabaya. Kini saat menjadi Wantimpres, akan fokus memberikan masukan kepada Jokowi mengenai kemiskinan.

Cerita Orang Terkaya sampai Rakyat Jelata Akrab dengan Mi Instan

Tahir mengaku mengentaskan kemiskinan sesuai teori ekonomi dengan pajak. Hal itu juga yang akan disampaikan kepada orang nomor satu di Indonesia.

Dia mengaku baru dikabari menjadi Wantimpres pada dua hari oleh Mensesneg Pratikno. Dirinya pun langsung menerima tawaran tersebut. Apalagi, masuk dalam lingkaran pemerintah bukan pertama kalinya bagi Tahir.

”Saya kan periode yang lalu jadi utusan khusus presiden bidang investasi, selama lima tahun, jadi sekarang hanya pindah tempat,” kata orang terkaya di Indonesia ini sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.