Harta Rp5 Triliun, Ini Alasan Sandiaga Uno Pakai Grand Livina Rp100 Juta

Sandiaga Uno memiliki dua mobil yang semuanya keluaran Nissan. Selain Grand Livina, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga punya X-Trail.

JEDA.ID–Mantan calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno selama ini dikenal sebagai pengusaha yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

Hartanya tercatat mencapai Rp5 triliun. Namun, untuk urusan mobil, Sandiaga setia dengan mobil Nissan Grand Livina keluaran 2013.

Urusan mobil ini sempat diunggah Sandiaga Uno di akun Instagramnya @sandiuno pada Senin (14/10/2019). Sandi berfoto bersama Deddy Corbuzier. Di belakang mereka ada dua mobil.

Satu milik Sandi yaitu Nissan Grand Livina, satu lagi Tesla Model 3 milik Deddy. Di keterangan foto, Sandiaga Uno menuliskan, ”Bro @mastercorbuzier, mobil lo boleh lebih keren, tapi followers gue di Instagram masih lebih banyak.”

Harga mobil Nissan Grand Livina milik Sandi dengan Tesla yang dipunyai Deddy Corbuzier memang jomplang. Sebagaimana dikutip dari Detikcom, Selasa (15/10/2019), Deddy merupakan salah satu artis yang sudah mendapatkan unit Tesla Model 3.

Mobil Tesla Model 3 saat ini masuk Indonesia melalui importir umum. Deddy Corbuzier diketahui membelinya dari Prestige Image Motorcars. Sementara banderolannya dipatok lebih dari Rp1 miliar.

Sedangkan Nissan Grand Livina milik Sandiaga Uno keluaran tahun 2013. Sebagaimana dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Sandiaga Uno yang disetorkan ke KPK pada 14 Agustus 2018, mobil itu seharga Rp100 juta.

Di LHKPN itu, Sandi memiliki dua mobil yang semuanya keluaran Nissan. Selain Grand Livina, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga punya X-Trail lansiran tahun 2015 senilai Rp225 juta.

Artinya harta Sandi yang berupa kendaraan bermotor hanya senilai Rp325 juta atau hanya 0,0065% dari total hartanya. Ternyata alasan khusus Sandiaga Uno setia menggunakan Nissan.

Sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, Sandi sempat menjadi pimpinan dari PT Mitra Pinasthika Mustika Auto (MPM Auto). MPM Auto adalah dealer resmi dari mobil pabrikan Nissan dan Datsun.

”Dulu waktu saya menjadi pengusaha di salah satu distributor mobil Nissan, mobil X-Trail dan Grand Livina itu paling mudah dipakai. Apalagi waktu keliling Jakarta di jalan-jalan kecil,” kata Sandi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Apartemen di AS

Pengusaha yang dalam Pilpres 2019 lalu berduet dengan Prabowo Subianto ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Forbes pada 2013 mencatat harta Sandi mencapai US$460 juta. Kala itu, Sandiaga Uno masuk jajaran 50 orang terkaya di Indoensia versi Forbes.

Globe Asia pada 2018 mencatat harta Sandiaga Uno mencapai US$300 juta atau setara dengan Rp4,3 triliun. Dengan harta sebanyak itu, Sandiaga masuk di urutan ke-85 sebagai orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia.

Globe Asia mencatat harta Sandi turun sekitar US$200 juta bila dibandingkan dengan 2017. Bila mobil milik Sandi nilainya tidak lebih dari 1% dari total hartanya, sebagian besar harta Sandiaga berupa surat berharga yang nilainya sekitar Rp4,7 triliun.

Selain itu, Sandiaga Uno juga memiliki 15 bidang tanah dan atau bangunan yang nilainya Rp191,64 miliar. Tanah, rumah, dan apartemen milik Sandi itu tersebar di berbagai kota di dalam dan luar negeri.

Misalnya dia punya apartemen di New York, AS seluas 98 meter persegi yang nilainya menembus Rp33 miliar. Ada pula apartemen di Boston, AS, seluas 110 meter persegi yang harganya Rp15 miliar.

Kemudian dia juga punya bangunan di Washington seluas 119 meter persegi yang nilainya Rp7,4 miliar.

Harta lainnya yang dimiliki Sandiaga Uno adalah harta bergerak lainnya senilai Rp3,2 miliar, kas setara kas Rp495 miliar, dan harta lainnya Rp41 miliar. Sandiaga tercatat memiliki utang Rp340 miliar sehingga harta bersihnya senilai Rp5.099.960.524.965.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.