• Thu, 25 April 2024

Breaking News :

Cara Membuat Resolusi Tahun Baru Anti Gagal

Menurut sebuah analis, resolusi yang gagal diwujudkan biasanya disebabkan karena harapan yang terlalu berlebihan dan salah sasaran.

JEDA.ID – Dalam hitungan hari, tahun 2019 segera berlalu dan berganti dengan tahun baru 2020. Menjelang pergantian tahun, ada baiknya mengevaluasi capaian tahun ini dan membuat resolusi untuk tahun baru.

Membuat resolusi untuk tahun depan bisa membuat hidup Anda menjadi terarah. Selain itu, segala sesuatu menjadi lebih terorganisir. Resolusi tahun baru juga akan menjadi salah satu sumber motivasi yang mampu menggerakkan anda dalam melakukan sesuatu.

Tren Teknologi 2020: Tahun Suram Bagi Selebgram?

Membuat resolusi tahun baru identik dengan suatu perubahan yang lebih baik. Ingin menurunkan berat badan, memiliki pasangan, memiliki karir yang lebih baik, dan sebagainya. Resolusi penghujung tahun akan menjadi salah satu pegangan yang bisa anda andalkan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik, dan juga berubah menjadi lebih baik lagi di tahun yang baru.

Terkadang orang menjadi tak ingin membuat resoluti tahun baru lantaran di tahun sebelumnya banyak hal yang belum tercapai. Atau Anda mengalami tahun yang buruk belakangan ini.

Menurut sebuah analis, resolusi yang gagal diwujudkan ini biasanya disebabkan karena harapan yang terlalu berlebihan dan salah sasaran. Maka dari itu sebelum menciptakan resolusi seseroang memang dianjurkan untuk menerapkan beberapa tips dan trik agar harapan yang dituliskannya tidak meleset.

Aneka Jurus PDKT yang Paling Disukai dan Dibenci

Spesifik dan Terukur

Buatlah resolusi tahun baru yang lebih spesifik. Pakai kata-kata yang jelas dan tidak ambigu. Berilah gambaran kegiatan yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan itu. Sesuatu yang spesifik akan lebih efektif dan mudah diwujudkan.

Misalnya, jika Anda ingin menurunkan berat badan jangan cuma memiliki target turun berapa kilogram, tapi penting pua membuat rencana apa saja yang Anda lakukan. Berolahraga lari, bersepeda, atau berlatih di pusat kebugaran, tetapkan berapa kali sehari dan untuk berapa lama. Biarkan Anda asyik dengan kegiatan itu dan lihatlah apa yang akan terjadi di penghujung tahun.

Tak ada cara terbaik untuk melakukan perubahan selain melakukannya secara perlahan tapi pasti. Fokuslah pada satu perubahan yang ingin kamu gapai. Jangan melakukan segalanya secara bersamaan karena hasilnya dijamin tak akan maksimal.

Selain spesifik, perlu pula dibuat menjadi resolusi yang terukur. Kamu perlu pastikan bahwa resolusi yang dibuat sesuai atau relevan dengan kepribadian, karakter maupun keadaan kamu. Memberikan manfaat bagi diri sendiri, bukan malah merugikan atau terkesan memaksakan diri.

Kegiatan yang Bisa Mengalihkan Perhatian Anak dari Gadget

Harus Realistis

Tentu saja resolusi tahun baru harus Anda harus dibuat secara realistis. Anda juga harus kemajuan tidak selalu berjalan mulus. Beberapa orang hanya menginginkan hasil yang cepat dan terkesan instan.

Sedangkan menurut orang lainnya, hasil baik didapat dengan usaha yang lambat tapi pasti tercapai. Jadi, perubahan membutuhkan waktu yang bisa lama atau cepat tergantung seberapa kuat kita berusaha mencapainya.

Anda harus sadar dengan kemampuan diri dan apa yang akan Anda tuju. Membuat resolusi yang tepat dan sesuai baik untuk berlatih mengendalikan diri.

Saat membuat resolusi, umumnya mereka yang tidak bisa mengendalikan dirinya ini akan mengebiri fungsi logika berpikir jernih. Maka dari sini biasanya jika muncul resolusi yang berlebihan tersebut, mereka jarang ada yang bisa merealiasasikan seluruh resolusi yang dibuatnya tersebut.

5 Gambar Ini Bisa Ungkap Kepribadian Anda

Bikin Jadwal

Dr. Paul Marciano, seorang penulis buku Carrots and Sticks Don’t Work menyampaikan cara membuat resolusi tahun baru paling realistis. Salah satunya adalah dengan membuat jadwal.

Anda pasti sering mendengar orang mengatakan bahwa mereka tidak dapat “menemukan waktu” untuk melakukan sesuatu. Kita lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan melakukan hal lain seperti wisata kuliner atau berdiam diri di rumah tanpa melakukan apapun.

Untuk itu, jadikan tujuan baru Anda sebagai prioritas dan benar-benar melakukannya dengan menjadwalkan kegiatan pada rutinitas Anda. Lakukan latihan di pusat kebugaran pada hari yang sudah ditentukan atau pergi ke dokter untuk konsultasi kemajuan Anda dengan program penurunan berat badan. Usahakan untuk selalu mengikutinya dengan benar dan teratur agar pencapaian bisa di dapat.

PNS Punya Sisa Cuti? Bisa Dipakai Tahun Berikutnya

Urutkan

Setelah Anda menemukan apa saja yang akan menjadi resolusi tahun baru, mulailah mengurutkan. Anda bisa mengurutkan dari yang paling mudah ke yang paling sulit, atau dari yang jarak waktunya lebih dekat hingga yang paling jauh.

Menyusun urutan akan membuat Anda lebih terorganisir. Selain itu, Anda juga akan mudah mengukur keberhasilan yang dicapai.

Mengurutkan resolusi juga membantu Anda menemukan motivasi baru. Jika Anda berhasil di resolusi-resolusi paling mudah, Anda mungkin akan bersemangat untuk mengejar keberhasilan mencapai target reosolusi yang lain.

Publikasikan rencana Anda

Anda perlu memberi tahu orang-orang terdekat Anda saat membuat resolusi tahun baru. Jangan Anda simpan sendiri. Memberitahukan rencana kepada orang lain akan membuat Anda lebih termotivasi. Selain itu, orang-orang terdekat akan menjadi semacam alarm ketika Anda sudah mulai lupa dengan resolusi tahun baru Anda.

Kopi dan Boba Booming 2019, Bagaimana 2020?

Evaluasi Rencana

Buatlah beberapa tahapan untuk mewujudkan resolusimu sehingga lebih mudah bagimu untuk meninjau dan mencatat apa saja kemajuan yang telah kamu raih. Catatlah kemajuan dan langkah-langkah berikutnya yang harus kamu lakukan dalam sebuah buku.

“Jika Anda bisa mengukurnya, Anda bisa mengubahnya,” itulah prinsip dasar psikologi. Pengukuran ini akan menjadi sumber motivasi ketika Anda merenungkan saat memulai di awal dan yang dialami saat ini.

Mencatat setiap hal baik kemajuan atau gagal dalam mencapai target juga akan membantu Anda untuk mengidentifikasi grafik pergerakan yang dilakukan sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan usaha Anda.

Rencanakan Reward

Agar Anda semakin fokus dalam meraih tujuan, janjikan sebuah reward untuk diri Anda sendiri. Segala bentuk kemajuan, sekecil apapun itu, pantas untuk dirayakan.

Bergembiralah saat kamu memperoleh kemajuan dalam resolusi tahun baru yang telah kamu buat. Rayakan bersama orang-orang tercinta yang selalu mendukung dan memberikanmu semangat untuk mewujudkan apa yang kamu inginkan.

Namun, jangan sampai terlena dengan perayaan tersebut. Berusahalah lebih keras untuk membuat kemajuan yang lebih besar sehingga resolusi yang kamu buat tidak hangus begitu saja.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.