• Sat, 20 April 2024

Breaking News :

5 Gambar Ini Bisa Ungkap Kepribadian Anda

Gambar bisa dijadikan alat untuk mengukur kepribadian lewat tes.

JEDA.ID – Ada banyak psikotes jenis tes kepribadian yang beredar mulai dari MBTI (The Myers–Briggs Type Indicator) hingga media gambar (enegram). Media gambar adalah yang paling sering ditemui dan mudah diakses di mana saja.

Ada banyak orang yang suka melakukan tes kepribadian. Sebab, seperti dilansir dari laporan Live Science, ada 1,5 juta orang per tahunnya yang melakukan tes kepribadian.

Pahami 7 Alur Pendaftaran Tes CPNS

Salah satu alasannya adalah untuk mengetahui banyak hal tentang diri sendiri. Untuk itu, tes kepribadian bisa mengungkapkan informasi tentang diri sendiri yang sebelumnya tidak diketahui. Dalam hal ini berarti, tes kepribadian mampu mengenal diri lebih baik.

Dalam tes kepribadian biasanya ada skor-skor tertentu untuk tingkat intelektualitas maupun kreativitas diri. Ada dua jenis tes kepribadian yang beredar di internet yaitu MBTI dan Ennegram.

Jenis-jenis tes untuk mengetahui kepribadian seseorang umumnya dilakukan oleh psikolog berpengalaman. Tetapi ada juga tes-tes sederhana dan bisa dicari secara online.

Berbeda dengan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang agak kompleks, tes psikologi dengan gambar ini bisa ungkap kepribadian diri kamu dengan cara yang lebih sederhana.

Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Tes Pendengaran Bayi Baru Lahir

Berikut ini beberapa gambar yang bisa ungkap kepribadian dalam psikologi diri Anda;

Gambar 1

Apa yang Anda lihat pertama kali?

Jika Anda melihat sosok wanita dalam gambar ini artinya Anda adalah seorang yang romantis dan senang dikelilingi oleh teman dan keluarga. Tapi seringkali ditemukan sifat naif. Sehingga orang dengan kepribadian ini perlu memperhitungkan sejumlah hal sebelum mengambil keputusan.

Jika ikan, Anda adalah sosok yang “go with the flow” dan mudah menemukan solusi dalam situasi apapun. Anda juga dinilai sangat bijak dan senang belajar dari kesalahan. Namun terkadang butuh lebih aktif untuk mengejar mimpi yang ingin diraih.

Jika malam berbintang, tampaknya Anda adalah seorang pemimpi. Orang seperti ini dapat memulai revolusi, walaupun terkadang ide-ide yang dilontarkan agak sedikit gila. Jangan berhenti bermimpi namun tetap realistis.

Ujian Nasional Dihapus? Jangan Kesusu Mas Nadiem

Gambar 2

Apa yang Anda lihat pertama kali?

Jika Anda melihat gambar pohon, Anda adalah orang-orang yang bekerja dengan logika dan selalu percaya dengan analisa otak. Orang-orang seperti Anda memiliki kualitas di dunia kerja karena rasional. Namun, bisa jadi terlalu rasional malah Anda akan sulit berpikir kreatif ata out of the box.

Orang-orang yang melihat gambar gorila mungkin sedang berjuang menghadapi masalah yang berhubungan dengan harga diri.

Jika Anda melihat gambar gorila, Anda sangat keras terhadap diri sendiri dan punya standar tinggi yang selalu sulit dicapai.

Anda juga tidak mudah mengalah apabila ada penghalang di sana-sini. Anda tidak mudah berhenti belajar dan bekerja meski tubuh dan pikiran butuh istirahat.

Namun, ada sisi baik dari diri Anda. Yaitu rasa ingin tau, impian yang konsisten, dan terus belajar. Hal itulah yang membedakan dengan orang lain.

Jika Anda melihat gambar singa, Anda adalah orang tidak membuang waktu untuk memikirkan hal-hal terlalu jauh, tetapi lebih memainkan naluri.

Dan, karena singa hidup di alam terbuka, Anda mungkin cenderung memiliki jiwa petualang tapi sering melupakan orang lain.

Anda terkadang menyakiti orang lain dengan cara yang sangat buruk, meskipun tidak berniat melakukannya.

Anda tidak jahat, tapi lupa bahwa untuk memeroleh kesenangan tidak boleh menyakiti orang lain.

Anda punya target tinggi dan ambisi, tapi untuk mencapainya, Anda perlu belajar memusatkan energi dan menyalurkannya secara produktif.

Jika yang Anda lihat ikan, Anda adalah orang yang pandai dalam menjalani hidup juga memiliki dampak luar biasa. Anda pandai menjalin hubungan baik dengan siapapun orang yang ditemui.

Anda mencintai kehidupan dan berharap orang lain juga melakukan begitu. Namun, tidak semua orang seperti itu dan orang-orang yang percaya pada cinta tanpa syarat seperti itu sangat langka.

Tapi orang-orang ini tidak pernah menyerah, karena mereka benar-benar percaya apa yang terjadi memberi nilai dan energi dalam kehidupan.

Gambaran Tes Asesmen Kompetensi Minimum Pengganti UN

Gambar 3

Apa yang pertama kali Anda lihat?

Kamu yang melihat wujud ayam umumnya tidak berpikir seperti kebanyakan orang. Kamu yang sering berpikir out of the box ini kerap mengamati aspek positif dalam hidup. Kamu juga merupakan orang yang sabar dan kompeten dalam bidang sains dan matematika. Diprediksi dapat sukses dalam karier terkait angka dan arsitektur.

Kalau kamu melihat wanita berbibir merah dalam gambar tersebut, berarti kamu memiliki karakter yang kuat dan kepribadian ceria. Hidup selalu memberikan banyak kejutan dan tantangan, tetapi kamu dengan karakter ini dapat belajar dan berjuang untuk menghadapinya. Karakter ini terbilang lebih sukses di bidang sosial dan kreatif sehingga pekerjaan dalam desain komunikasi bisa dipertimbangkan.

Lihat pria dalam gambar ini? Ternyata kamu jenius. Kamu dapat sukses dalam bidang yang dipilih karena kepintaran kamu dalam menemukan solusi serta tidak suka berkonsentrasi pada masalah. Kamu juga merupakan orang yang kreatif dan senang mengobservasi. Jadi, teruslah mengembangkan diri ya.

Alasan Psikologis Di Balik Orang Malas Antre

Gambar 4

Apa yang pertama kali Anda lihat?

Jika jawaban Anda adalah perempuan muda, Anda adalah orang yang optimis. Anda memancarkan energi positif dan itulah yang disukai semua orang dari Anda.

Minat Anda luas dan tidak pernah bisa menahan diri untuk mencoba hal-hal baru dalam hidup selama itu menarik. Anda seorang petualang impulsif, selalu siap untuk tantangan berikutnya. Anda senang dengan kehidupan secara umum dan ingin semua orang di sekitar Anda juga bahagia.

Anda menikmati membantu orang, baik secara finansial, emosional atau hanya dengan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Anda kuat dan teguh hati, dan jika Anda melempar bola melengkung, Anda akan berdiri tegak di tanah dan mampu bergerak maju.

Jika jawaban Anda adalah lelaki tua, Anda adalah orang yang sangat jujur, santai dan setia. Semua orang di sekitar Anda menghormati Anda dan mereka merasa dapat mengandalkan Anda.

Anda seorang yang terlahir sebagai pemimpin dan salah satu kekuatan terbesar yang Anda punya adalah kenyataan bahwa Anda menganalisis semuanya dengan seksama sebelum mengambil keputusan.

Setelah melewati analisis yang tepat, Anda tidak punya masalah dalam memimpin dan mengarahkan orang, pada kenyataannya, Anda cukup pandai dalam hal itu.

Anda sangat terdorong dan meskipun terkadang perlu waktu untuk mencapai tujuan, merencanakannya langkah demi langkah, kegagalan bukanlah pilihan.

Pendekatan Anda selangkah demi selangkah dan proses perencanaan yang cermat tidak menyisakan ruang untuk setiap keputusan yang diambil secara mendadak.

Anda sangat skeptis dan perfeksionis. Itulah sebabnya Anda sering stres. Anda perlu belajar cara duduk dan bersantai dari waktu ke waktu dan membiarkan semuanya berjalan sendiri.

Pengetahuan dan Mitos Seputar Seks di Kalangan Remaja

Gambar 5

Apa yang pertama kali Anda lihat?

Jika Anda melihat gunung es lebih dulu, selamat! Ternyata Anda sebenarnya benar-benar pandai melakukan sulap! Ya, mungkin Anda bingung, benarkah sulap yang menjadi bakat tersembunyi Anda selama ini?

Tapi itu benar! Anda pandai melakukan berbagai trik sulap, seperti mengeluarkan koin, membuat kelinci ajaib menghilang, hingga mengetahui kartu mana yang akan orang ambil.

Tapi, ini tidak berarti Anda harus menjadi pesulap atau apa pun. Anda mungkin tertarik dengan berbagai video di YouTube yang berisi trik-trik sulap tertentu. Karena barang-barang ini mudah Anda mainkan, tak ada salahnya untuk memamerkan bakat tersembunyi ini di berbagai kesempatan, seperti pesta ulang tahun anak-anak.

Jika Anda melihat es krim terlebih dahulu, bersemangatlah, karena Anda adalah seorang penampil! Jika Anda sudah menjadi seorang aktor teater, operet, atau bahkan penyanyi yang merasa nyaman di atas panggung, pertahankan!

Anda memiliki kelebihan, dan ini menunjukkan Anda siap untuk menjadi sorotan kapan pun. Jika Anda bukan seorang penampil atau Anda memiliki demam panggung atau kegugupan, jangan khawatir, tidak semua pertunjukan harus dilakukan dalam kerumunan besar. Anda punya cara lain untuk memamerkan bakat tersembunyi Anda.

Seperti menceritakan kisah menarik kepada seorang teman, atau membuat seseorang di tempat kerja tertawa dengan lelucon konyol Anda. Hanya karena Anda memiliki bakat untuk menjadi bintang di setiap pertunjukan, itu tidak berarti Anda harus benar-benar menjadi bintang.

Jika Anda melihat paus lebih dulu, bertahanlah. Anda mungkin tidak menyukai olahraga, tetapi ini tidak mengubah fakta bahwa Anda bisa menjadi atlet yang sangat berbakat.

Anda memiliki refleks yang hebat, dan seperti kebanyakan pecandu olahraga, Anda hidup karena serbuan serotonin yang muncul ketika detak jantung Anda meningkat.

Jika Anda bukan anggota tim olahraga, Anda harus bergabung! Ini akan menjadi cara yang bagus untuk menggunakan bakat alami Anda di bidang atletik. Jika olahraga tim bukan hal yang Anda sukai, cobalah cari latihan rutin yang membuat Anda nyaman.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.