Kegiatan yang Bisa Mengalihkan Perhatian Anak dari Gadget

Ada sejumlah permainan yang bisa dilakukan dengan anak balita untuk mengalihkan perhatiannya dengan gadget yang telah menjadi rutinitas.

JEDA.ID – Pemanfaatan gadget untuk anak di bawah umur terutama balita seperti pisau bermata dua. Bisa jadi bermanfaat, namun di sisi lain efek buruk bermain gadget secara berlebihan sulit dihindari. Karenanya, orang tua dianjurkan untuk mencari alternatif kegiatan lain agar anak tidak melulu bermain gadget.

Para orang tua disarankan agar tidak sekadar melarang anak-anak memakai gadget tetapi cuma minta mereka melakukan aktivitas lain tanpa memberikan pilihan lebih lanjut.

5 Langkah Cegah Anak Kecanduan Gadget

Bergantung pada usia dan minat anak, akan lebih baik jika orang tua juga dapat memberikan saran aktivitas menarik lain yang dapat dilakukan bersama-sama seperti berolahraga, hiking, atau memancing.

Bermain di luar ruangan akan membantunya belajar bermain dengan anak-anak lainnya. Pada saat yang sama, hal tersebut juga membantunya membangun keterampilan motorik kasarnya ketika mereka berlari mengitari tanah dan menikmati beberapa permainan di luar ruangan.

6 Langkah Menumbuhkan Minat Baca Anak

Sebelum Melarang

Namun, sebelum menganjurkan alternatif permainan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, perlu dipahami anak-anak pada dasarnya meniru orang tua.

Sebelum melarang anak-anak menggunakan gadget, perhatikan seperti apa Anda berinteraksi dengan gadget. Jika Anda tak pernah bisa berjauhan dengan gadget, tentu sulit mencegah anak kecanduan hal serupa.

Sisihkan ponsel, tablet, dan laptop Bunda selama beberapa jam setiap harinya. Kemudian, libatkan diri dalam bentuk hiburan alternatif dan habiskan waktu bersama keluarga serta anak-anak.

Gadget pada dasarnya punya banyak hal positif. Sebagai orang tua, salah satu peran yang dapat Anda lakukan adalah jangan bosan memberikan pendampingan mengenai dunia digital yang juga bisa menjadi tempat menggali ilmu. Secara bersamaan, kamu juga bisa memberikan petuah bahwa penggunaan gadget yang berlebihan pun tidaklah baik.

Anak Main Gadget, Ini Batasan Waktu Idealnya

Tinggalkan Gadget

Libatkan anak-anak dalam kegiatan yang mengharuskan mereka meninggalkan ponsel atau gadget lainnya. Ubah rutinitasnya dan pastikan waktu luangnya tidak sama dengan agenda saat bercengkrama dengan layar gadget.

psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo menyarankan kegiatan alternatif yang melibatkan aktivitas fisik untuk mengalihkan perhatian anak dari kesukaannya bermain gadget.

“Sesuaikan dengan minat anak,” kata Vera di Jakarta, Senin (17/11/2014), sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Menurut Vera, orang tua sebaiknya tidak hanya melarang anak untuk bermain gadget tetapi juga harus menyiapkan kegiatan pengganti seperti, melukis, mewarnai, bermain kartu atau beraktivitas di luar rumah.

Ketika beraktivitas fisik, anak akan cenderung lupa pada gadget-nya dan orang tua juga sebaiknya terlibat dalam aktivitas pengganti tersebut.

Dia juga mengatakan orang tua juga sebaiknya menyiapkan sejumlah aktivitas pengganti agar ketika anak mulai ingat pada gadget-nya dapat segera beralih ke kegiatan yang lain.

Pada anak usia remaja, Vera berpendapat kegiatan pengganti sebaiknya didiskusikan terlebih dulu agar sesuai dengan minat sang anak.

Ia tidak menyarankan aktivitas pengganti dilakukan di pusat perbelanjaan karena kurang terjadi interaksi di sana. “Kurangi peran gadget dalam keseharian, beri contoh langsung,” katanya.

Sejumlah kegiatan alternatif untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget diantaranya adalah berolahraga, bermain musik, berkreasi dengan barang bekas, bersih-bersih rumah, atau aktivitas sederhana seperti mewarnai.

Begini Cara Memilih Day Care yang Aman untuk Anak

Berikut rekomendasi mainan anak untuk mengasah kreativitas sekaligus mengalihkan perhatian anak dari gadget;

Board Game

Beberapa jenis mainan anak berupa board games yang terkenal adalah monopoli, ular tangga, ludo, halma hingga permainan kata scrabble. Selain board games yang sudah dikenal, kini mulai bemunculan board game dengan jalan cerita yang menarik dan mengandung unsur lokal.

Ada Candra Geni yang terinspirasi sejarah dan liputan jurnalistik Ekspedisi Cincin Api, clever board yang sederhana namun menantang sekaligus mendidik. Board game seri Kakak Teladan yang salah satunya mengajak anak mengasah memorinya melalui cara mengingat daftar belanja ibu.

Puzzle

Melalui permainan bongkar pasang, anak akan diajak menyusun gambar tententu dari potongan-potongan kecil yang tak beraturan. Tak hanya menyenangkan, permainan ini dipercaya juga memiliki banyak manfaat seperti mengasah kegigihan, berpikir kritis hingga melatih koordinasi tubuh anak.

Tak hanya bongkar pasang, Anda juga bisa mengajak anak bermain puzzle dalam bentuk lain yaitu Sudoku, teka-teki silang hingga math puzzle yang bisa meningkatkan minat anak terhadap matematika. Karena permainan anak ini cukup menyita waktu dan pikirannya, anak menjadi tidak tertarik dengan gadget, sehingga tidak ketergantuangannya terhadap gadget akan semakin berkurang.

Lego

Jika anak suka bermain permainan yang sifatnya menyusun dan membangun maka, mainan anak Lego bisa jadi salah satu alternatif mengembangkan minatnya. Permainan menyusun balok ini tak hanya digemari oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Libatkan orang lain seperti ibu, ayah maupun anak yang lebih besar dengan terlebih dahulu memberi contoh menyusun balok-balok sedemikian rupa. Anak akan lebih mudah tertarik jika melihat contoh terlebih dahulu.

Bermain Lego dikenal bisa mengasah kemampuan motorik halus anak serta menambah daya imajinasinya. Keseruan bermain Lego ini akan membantu mengalihkan anak dari gadget, sehingga anak tidak akan ketergantungan dengan gadgetnya.

Activity Book

Activity book atau buku aktivitas bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk mengajak anak rehat dari gadget-nya sekaligus mengenalkan anak pada kebiasaan membaca. Anda tak akan kesulitan menemukan berbagai jenis buku aktivitas, mulai dari quite book berbahan kain felt yang cocok untuk anak dibawah 1 tahun hingga di atas 5 tahun.

Ada pula mainan anak busy book dengan aneka cerita seperti Paw Patrol, Thomas, hingga My Little Pony yang dilengkapi dengan figurine dan playmat yang mengajak anak bercerita sambil berimajinasi.

Buku Aktivitas lain yang sedang digemari adalah busy book dari El-hana yang memadukan edukasi dan beragam permainan seru yang dikemas dengan berbagai tema.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.