• Wed, 1 December 2021

Breaking News :

Sudah Sebulan Isolasi Mandiri Nirina Zubir Masih Positif Corona, Kok Bisa?

Nirina mengaku sangat sedih dengan kenyataan hasil tes swab-nya yang masih positif corona.

JEDA.ID-Artis Nirina Zubir sudah sebulan isolasi mandiri karena dirinya positif Covid-19. Meski sudah sebulan isolasi mandiri, Nirina masih positif corona. Kok bisa ya?

Tips kesehatan kali ini membahas mengapa sudah sebulan isolasi mandiri tetap positif corona. Fakta  hingga saat ini  tak kunjung dinyatakan negatif corona membuat Nirina sangat sedih. Ia meluapkan kesedihannya melalui sebuah unggahan video di instagram pribadinya @nirinazubir_.

Seaglider Ditemukan di Selayar, Ini yang Bisa Diungkap Benda Tersebut

Dalam video yang berdurasi beberapa detik, Nirina memperlihatkan sebelah matanya yang mengeluarkan air mata. Nirina mengatakan bahwa ia merasa sedih, kecewa, dan terluka. Semua lantaran ia mendapat hasil test swab yang mengharuskannya isolasi lagi.

“1 Bulan isoman! Menangislah! Bersedihlah! Berilah waktu… Karena kita punya rasa… Namun jangan berlarut2 dan membiarkan rasa itu menarik kita ke titik yg membuat kita lemah…” tulis Nirina Zubir, dikutip dari Instagramnya seperti dikutip dari detikcom, Jumat (8/1/2021).

Ini Deretan Artis Pemain Saham, Siapa Saja Ya?

“Ada saatnya kita sedih. Ada saatnya kita kecewa. Ada saatnya kita terluka. Manusiawi! Jujur ini yg na rasa begitu na mendengar hasil swab test Na!” ungkapnya.

Di sisi lain, Nirina juga mengaku paham bahwa pelajaran saat terinfeksi Covid-19 salah satunya adalah saat dirinya belajar lebih sabar dengan kehidupan. Ia pun harus menerima kenyataan ini dengan kuat dan semangat.

“Ini pelajaran baru na. Saat ini adalah sekolah kita agar lebih bisa mengolah rasa…tuk kehidupan kita selanjutnya, Terimalah Hadapilah Dan Jadilah kuat,” katanya.

Sebenarnya bagaimana penjelasan medis terkait yang dialami Nirina Zubir ini?

Menurut Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan, sebenarnya waktu yang dibutuhkan untuk isolasi mandiri oleh pasien positif Covid-19 tanpa gejala adalah 10 hari. Sementara untuk yang bergejala membutuhkan minimal 10 hari, ditambah minimal 3 hari bebas gejala.

Menghitung Masa Karantina Covid-19

“Terkait dengan PCR yang masih positif kemungkinan besar apalagi kalau sudah lebih dari satu bulan, positifnya adalah karena yang terdeteksi kemungkinan sisa-sisa virus atau bangkai-bangkai virus. Jadi sudah tidak infeksi ataupun sudah tidak menular lagi,” kata Erlina  melalui sambungan telepon, Kamis (7/1/2021).

Meski sudah tidak infeksi ataupun tidak menular lagi, pasien Corona yang sudah isolasi lebih dari satu bulan itu tetap harus menjalankan protokol kesehatan demi kesembuhan yang maksimal.

5 Fakta Cara Kerja Vaksin Sinovac Tangkal Corona

Erlina juga menjelaskan beberapa hal yang perlu dilakukan saat isolasi mandiri untuk mempercepat kesembuhan, di antaranya makan makanan dengan asupan gizi yang baik, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi vitamin untuk memperbaiki sistem imun.

“Kalau di rumah bisa masuk udara, ventilasi rumah dijaga, dibuka. Dengan imun yang kuat virus Corona cepat hilang dari tubuh,” ucapnya.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.