• Mon, 3 October 2022

Breaking News :

Sering Makan Terlalu Cepat? Waspadai Dampaknya

idak jarang kita sering makan terlalu cepat. Padahal makan terlalu cepat memiliki dampak terhadap tubuh kita."

JEDA.ID-Tidak jarang kita sering makan terlalu cepat dengan berbagai alasan misalnya karena terburu-buru berangkat kerja. Padahal kebiasaan ini memiliki dampak terhadap tubuh kita.

Jika Anda memiliki kebiasaan makan terlalu cepat, seperti mengunyah dengan terburu-buru dan bahkan langsung menelannya begitu saja, sebaiknya kebiasaan tersebut dihilangkan. Kebiasaan seperti ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tips kesehatan kali ini membahas dampak makan terlalu cepat.

Melansir dari Clean Eating dan detikcom, Jumat (4/9/2020), Berikut ini 5 dampak kebiasaan ini bagi tubuh kita:

1. Obesitas

Kebiasaan ini seringkali dikaitkan dengan risiko kelebihan berat badan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa, seseorang yang makan cepat akan mudah merasa lapar dibandingkan dengan mereka makan dengan santai.

Ada Tetangga Positif Corona, Kita Harus Bagaimana?

Hal ini karena akan mengganggu hormon usus yang mengatur nafsu makan dan memberikan sinyal kapan tubuh merasa kenyang.

2. Diabetes

Obesitas bisa  menyebabkan resistensi insulin. Kondisi ini mengakibatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 meningkat.

Aktivitas mengunyah dan menelan terburu-buru membuat tubuh tidak menggunakan insulin secara efektif dan menyebabkan diabetes.

3. Sindrom metabolik

Resistensi insulin berhubungan dengan sindrom metabolik, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kolesterol, dan stroke. Sebuah studi yang melibatkan hampir 9.000 orang dengan usia 40 ke atas, menemukan orang dengan kebiasaan ini berisiko terkena kolesterol dan memiliki lingkar pinggang besar.

4. Gastritis

Gastritis merupakan peradangan pada dinding lambung yang menggerogoti lapisan perut. Sebuah penelitian di Korea melaporkan bahwa sebagian besar pasien mengalami tanda gastritis karena makan teresa-gesa.

4 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

Selain itu, mereka yang mengunyah dan menelan berlebihan menyebabkan makanan lebih lama berada di dalam perut, sehingga lapisan perut terkena asam lambung.

5. Tersedak

Dampak lainnya adalah tersedak di tenggorokan karena proses mengunyah dan menelan berjalan tergesa-gesa.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.