Sama-Sama Cantik, Istri Wishnutama Mantan Model, Istri Nadiem Makarim Pebisnis

Posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia 2019-2024 resmi dijabat Wishnutama Kusubandio.

JEDA.ID– Posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia 2019-2024 resmi dijabat Wishnutama Kusubandio. Ia menggantikan Arief Yahya.

Dalam pengumuman Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019), Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi Wishnutama sebagai Menparekraf. Posisi itu sebelumnya ditempati oleh Arief Yahya dengan jabatan menteri pariwisata periode 2014-2019. Wishnutama menerima tongkat estafet itu sebagai menparekraf.

Nama Wishnutama sebelumnya memang sudah santer diprediksi akan menempati posisi menteri di sektor pariwisata pada periode kedua Presiden Jokowi. “Kira-kira untuk meningkatkan kemampuan kreativitas di Indonesia sehingga mampu bersaing di dunia Internasional, lalu soal meningkatkan devisa,” ujar Wishnutama usai dipanggil ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019) lalu.

Sementara itu yang sedikit mengejutkan, Presiden Joko Widodo Jokowi memberikan tugas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) kepada Nadiem Makarim. Dia diberi pesan khusus. “Saya manggilnya mas saja, karena masih muda. Mas Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Jokowi saat pengenalan calon menteri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu seperti dilansir detikcom. 

Sebelum masuk kabinet, Nadiem merupakan pendiri perusahaan startup, Gojek. Dia pun meninggalkan posisinya setelah ditunjuk Jokowi. Jokowi memberi pesan khusus ke Nadiem sebagai Mendikbud. Dia diminta menyiapkan SDM-SDM yang siap kerja.

“Kita akan membuat terobosan-terobosan yang signifikan dalam pengembangan SDM, yang menyiapkan SDM-SDM yang siap kerja, siap berusaha, yang me-link and match antara pendidikan dan industri nanti di wilayah Mas Nadiem,” ucapnya.

Para Pendamping

Di balik pria sukses terdapat pendamping atau istri yang selalu mendukungnya. Tak terkecuali Wishnutama dan Nadiem Makarim. Berikut fakta-fakta istri Menparekraf Wishnutama, Gista Putri seperti dilansir berbagai sumber.

1. Berawal karier sebagai model

Gista Putri mengawali karier sebagai model majalah. Sampai akhirnya ia dipercaya bermain dalam film drama musikal berjudul Simfoni Luar Biasa pada tahun 2011. Dalam film garapan sutradara Awi Suryadi, Gista Putri bermain film bersama penyanyi asal Filipina bernama Christian Bautista sebagai pemeran utama. Tak hanya itu sederet artis juga ikut bermain dalam film tersebut seperti Ira Wibowo, Ira Maya Sopha, Maribeth, Valerie Thomas, Verdi Solaiman dan masih banyak lagi.

2. Sarjana Hukum

Sebelum menikah dengan Wishnutama, Gista sempat berpacaran dengan komika Ge Pamungkas. Sayangnya, hubungan mereka tak bertahan lama.  Gista Putri mengawali karier saat masih menjadi mahasiswa. Saat bermain film Simfoni Luar Biasa, Gista Putri adalah mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Hukum Universtitas Trisakti, Jakarta.

Ia sempat menunda kuliahnya demi menggapai kariernya. Seusai film tersebut, Gista Putri memilih merampungkan kuliahnya dan berhasil menyabet gelar sarjana hukum.

3. Bintang Video Klip Noah

Gista Putri yang lahir di Jakarta, 2 Agustus 1987 silam itu tak hanya cantik tapi juga awet muda. Setelah menikah dengan Wishnutama pada 19 September 2015, Gista Putri tetap terlihat memesona meski tengah hamil muda sekalipun. Selain itu, Gista Putri juga dikenal modis.

Gista Putri pernah beradu akting dengan Ariel Noah pada 2012. Sebab dirinya dipercaya menjadi bintang videoklip single terbaru Noah berjudul Separuh Aku.

4. Presenter

Selain jago berakting, Gista Putri juga sorang presenter. Ia pernah menjadi pembawa acara musik pagi bersama Raffi Ahmad dan presenter acara infotaiment di salah satu stasiun televisi swasta.

5. Sedang Hamil

Gista Putri saat ini sedang hamil buah cintanya dengan Wishnutama setelah empat tahun menikah. Kabar kehamilan Gista Putri diketahui lewat unggahan sosial media Wishnutama.

Istri Nadiem Makarim

Franka Franklin (liputan6)

Franka Franklin (liputan6)

Nadiem Makarim kembali menjadi sorotan setelah namanya masuk dalam bursa calon menteri kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin periode 2019 – 2024. Dia pun kemudian resmi dilantik sebagai Mendibud.
Namun tak banyak yang tahu jika dibalik kesuksesan yang diraih Nadiem Makarim dalam bidang teknologi tak lepas dari dukungan besar sang istri, Franka Franklin. Dikutip dari berbagai sumber, berikut fakta Franka Franklin.

1. Jarang Terekspos

Franka Franklin menikah dengan Nadiem Makarim pada 2014 lalu. Dia dikarunia satu orang anak dari pernikahan tersebut. Meski demikian, sosok Franka Franklin termasuk pribadi yang tertutup dan kehidupan rumah tangganya dengan Nadiem Makarim jauh dari ekspos media.

2. Agensi Iklan

Franka memulai karier profesional pada tahun 2006 di sebuah agensi iklan di Singapura. Dia juga pernah bergabung dengan outlet penjualan jam tangan mewah di Indonesia, Time International. Lepas dari Time International, dia sempat bekerja di Kanmo Grup untuk beberapa brand Mothercare dan Early Learning Centre, serta menjadi Chief Marketing Officer di luxola.com yang kini sudah diakuisisi oleh Sephora. Selain itu, Franka pernah menghabiskan waktu hampir 3 tahun bergabung dengan online fashion brand ternama berrybenka.com.

3. Tekuni Bisnis

Sama seperti sang suami, Franka Franklin juga menekuni dunia bisnis. Dia dikenal sebagai salah satu pemilik dari Tulola Jewellery yang didirikan sejak 2017. Bisnis tersebut juga dijalankan bersama Happy Salma dan kini telah memiliki beberapa gerai di mall besar.

4. Pendidikan

Latar belakang pendidikan Franka Franklin tak sembarangan. Dia merupakan lulusan universitas di tiga negara, yakni Hogeschool Rotterdam di Belanda, Northumbria University di Inggris, dan Raffles Design Institute di Singapura.

5. Kegiatan Sosial

Franka juga diketahui pernah tergabung dalam organisasi Indonesia Mengajar yang didirikan Anies Baswedan. Dia sempat menjabat sebagai Specialist Communication Strategist.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.