Riasan Mata Jadi Fokus Utama Agar Tampil Prima Meski Pakai Masker

Riasan mata menjadi kunci untuk tampil lebih menarik saat menggunakan masker.

IBUKOTAKITA.COM-Bagi kaum Hawa riasan wajah merupakan hal wajib. Namun di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, semua orang wajib memakai masker saat menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk keluar rumah. Penggunaan masker ini pun menuntut kaum wanita untuk mengubah cara mereka merias wajah.

Complexion atau make up yang terlalu tebal, tidak lagi begitu penting untuk mereka, sehingga riasan mata menjadi kunci untuk tampil lebih menarik saat menggunakan masker.

Di China, rias mata yang mencolok sudah menjadi hal baru. Setelah lockdown, penjualan eyeliner dan produk eyeshadow naik 40 persen di China. Ahli make-up, Samaira Sandhu, mengatakan bahwa tren makeup dramatic eye look seperti yang Anda lihat di Timur Tengah sedang naik daun sedangkan tampilan bagian lainnya lebih terlihat nude.

Pilihannya bulu mata palsu, glitter eyeshadows, warna-warna neon, eyeliners warna warni dan maskara. Jika ada satu tren makeup mata yang dapat viral dari media sosial ke dunia nyata sekarang, itu adalah warna neon.

“Bulu mata yang mencolok, maskara warna-warni terutama eyeliners biru dan neon akan lebih mengallihkan pandangan dari bibir,” jelas Ahli rias, Anuj Dogra.

Mobil Listrik Kian Dilirik, Ini Deretan Merek Ternama Berharga di Bawah Rp800 Juta

Dia mengatakan akan ada kembalinya tren kecantikan Bollywood  1970-an ala Sharmila Tagore dengan bibir nude dan riasan mata yang menonjol.

Ahli make-up Ambika Pillai mengatakan bahwa ide yang muncul adalah menciptakan riasan mata yang tahan lama, seperti melakukan ekstensi bulu mata hingga memakai maskara warna-warni.

Pillai menyarankan agar semuanya tetap menggunakan jenis makeup matte, terutama dalam musim panas dan udara lembab yang akan datang. Dia menyarankan tidak menggunakan eyeshadow karena lebih mudah luntur,

“Gunakan primer mata. Itu membuat kelopak mata terlihat bersih dan mulus sehingga membuat maskara dan eyeliner Anda lebih menonjol ”katanya.

Gunakan warna shimmery yang mudah diaplikasikan seperti gloss mata. Sandhu suka menggunakan kajal (yang biasanya lebih mudah luntur) dengan kombinasi eyeshadow hitam yang juga memberikan smokey look.

Nah, untuk dapat tampil cantik meski memakai masker, brand make up Y.O.U membagikan tips mudah mendapatkan tampilan healthy glow seperti dikutip dari bisnis.com, Jumat (3/7/2020).

1. Tidak Perlu Complexion Terlalu Tebal

Setelah menggunakan skincare dan primer, Anda tidak perlu menggunakan foundation atau BB cushion. Penggunaan two-way cake secara tipis-tipis sudah cukup, atau  cukup menggunakan concealer di beberapa bagian yang ingin ditutupi, lalu kunci dengan translucent powder.

Bulu mata yang menyolok, maskara warna-warni terutama eyeliners biru dan neon akan lebih mengallihkan pandangan dari bibir. (Freepik)

2. Glowing Eyes

Ingin  memiliki riasan mata yang cantik dengan instan? Anda bisa coba pakai eyeshadow cair, seperti Y.O.U Perfect Glam Liquid Eyeshadow yang hadir dengan 4 varian warna, yaitu Sparkling Peach, Golden Honey, Champagne Pink, dan Glow Bronze yang cocok untuk sehari-hari maupun acara penting.

Anda bisa pakai langsung di kelopak mata dan tepuk-tepuk dengan jari yang bersih hingga merata, atau dapat digunakan di atas eyeshadow favorit. Pigmentasinya bisa membuat riasan mata terlihat lebih berbinar. Selain itu, liquid eyeshadow ini juga dapat diaplikasikan sebagai highlighter loh. Anda bisa tambahkan juga eyeliner dan maskara agar mata lebih terdefinisi.

3. Aplikasikan Teknik Igari Blush On

Aplikasikan blush on warna merah muda di pipi hingga bagian bawah mata. Teknik blush on ini memang memberikan kesan seperti demam. Namun, saat mengenakan masker, blush on ini membuat wajah terlihat sehat, segar, dan merona.

4. Gunakan Lip Cream Matte/Lip Tint

Gunakan lip cream matte yang transferproof atau lip tint favorit Anda.

Namun demikian, banyak pertanyaan yang muncul terkait penggunaan kosmetik. Amankah berdandan menggunakan kosmetik di tengah pandemi Covid-19 ini, dan bagaimana cara menggunakan kosmetik secara aman selama masa new normal.

Sebab, biasanya penggunaan kosmetik banyak ditujukan untuk area sekitar mata dan bibir. Padahal, droplet yang menjadi sumber penularan virus corona dapat menyebabkan seseorang tertular bila berkontak dengan area wajah, terutama hidung, mata, dan mulut.

5 Aplikasi Sepeda Gratis dan Oke Untuk Memandu Aktivitas Bersepeda

Wadah kosmetik pun biasanya berbahan plastik dan seringkali terdapat cermin yang melekat. Nah agar aman mengenakan kosmetika berikut ini tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin RS Pondok Indah–Puri Indah, Jakarta, Susi Rendra.

1. Cuci tangan sebelum memakai kosmetika

Hal pertama yang terpenting adalah mencuci tangan sebelum menggunakan kosmetik. Bila memungkinkan, gantilah kosmetik kita dengan set yang baru bila sudah lama tidak digunakan selama masa work from home (WFH) kurang lebih hampir 3 bulan. Bila tidak memungkinkan membeli yang baru, buanglah lapisan teratas kosmetik sebelum mulai digunakan kembali

2. Aplikasikan kosmetik saat masih berada di rumah

Hindari mengaplikasikan kosmetik di area publik, karena ada risiko droplet mikro di udara yang dapat menempel di permukaan kosmetik kita

3. Hindari saling meminjam

Jangan meminjamkan kosmetik milik kita dan jangan meminjam kosmetik milik orang lain selama masa pandemi ini. Kita tidak bisa mengetahui apabila seseorang tersebut ternyata orang tanpa gejala (OTG).

4. Bersihkan wadah kosmetik secara rutin

Bersihkan menggunakan sabun ataupun bahan antiseptik lainnya, bila perlu setiap hari. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kosmetik saat wajah bersih. Hindari touch-up (menambahkan, mengoreksi) kosmetik saat kita di luar rumah dan tidak bisa membersihkan muka terlebih dahulu.

5. Bila sudah terindikasi terkena infeksi Covid-19, hentikan penggunaan kosmetik

Pakai kembali kosmetik setelah melewati masa hidup virus yang telah kita ketahui. Sebagian orang merasa lebih aman dengan membuang kosmetik lama dan menggantinya dengan yang baru setelah sembuh

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.