• Thu, 9 February 2023

Breaking News :

Pesona Wuhan Sebelum Diisolasi Akibat Virus Corona

Tempat paling ikonik di Wuhan adalah Yellow Crane Tower. Tempat ini berbentuk menara yang disebut-sebut sebagai menara paling spektakuler di China.

JEDA.ID–Kota Wuhan di China resmi diisolasi mulai Kamis (23/1/2020) karena menyebarnya virus corona atau coronavirus yang awalnya dari wilayah tersebut. Isolasi Wuhan yang dihuni 11 juta penduduk itu menjadikan warga tidak leluasa beraktivitas.

Operasional pesawat dan kereta yang keluar dari Kota Wuhan dihentikan sementara. Pesawat dan kereta api yang masuk ke kota itu masih beroperasi dengan jumlah penumpang sangat sedikit dan mereka semua memakai masker serta sarung tangan.

Wuhan

Warga Wuhan menggunakan masker saat beraktivitas (Kyodo/Reuters)

Layanan transportasi publik ditangguhkan dan warga diminta tidak bepergian ke mana pun demi mengendalikan penyebaran virus corona ini. Sebagaimana dikutip dari Detikcom, isolasi ini diberlakukan menjelang liburan Tahun Baru China alias Imlek.

Virus Misterius China Dinamai nCov, Sudah Sampai Thailand-Korea

Biasanya saat Imlek ada ratusan juta warga China pulang ke kampung halaman atau mengunjungi kerabat dengan menggunakan pesawat, kereta dan jalur darat. Warga Wuhan merasa khawatir dengan isolasi terhadap kota mereka, termasuk khawatir kekurangan pangan.

”Ada kekurangan pangan dan disinfektan dan kami butuh lebih banyak sumber daya. Kami harap semua orang bisa memahami bahwa kami sekarang merasa seperti inilah akhir dunia,” tulis warga Wuhan yang tidak menyebut namanya tersebut.

Wuhan

Petugas berada di ruang terbuka mengantisipasi virus corona (Reuters)

Sebelum virus corona menyebar di kota itu, Wuhan merupakan salah satu kota yang kerap dikunjungi wisatawan. Kota ini terdiri atas 3 distrik dengan pesona masing-masing.

Salah satu tempat paling ikonik di Wuhan adalah Yellow Crane Tower. Tempat ini berbentuk sebuah menara, yang disebut-sebut sebagai menara paling spektakuler di China.

Tower ini dibangun pada tahun 223 dengan ketinggian sekitar 52 meter. Ada lima tingkatan dari bangunan ini. Dari tower ini akan tersaji pemandangan alam yang indah sekitar Kota Wuhan.

Yellow Crane Tower

Yellow Crane Tower (Freepik)

Berikutnya ada East Lake. Danau ini memiliki pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menaiki kapal untuk menikmati pemandangan dari tengah danau. Bila saat musim semi, bunga-bunga di sekitar danau bermekaran.

Ada banyak jenis bunga yang ditanam di sana. Salah satu jenis bunga yang terkenal dari danau ini adalah teratai. Selain itu masih ada jenis bunga lainnya seperti Cherry Blossom, Forest of the Birds, Mei Blossom, dan lainnya.

Theme Park

Kota ini juga memiliki theme park yang terkenal yaiti Wuhan Happy Valley. Ada 9 theme park yang unik, mulai dari Happy Ocean, Dream Avenue, Dessert Kingdom, Happy Time, Speed World, Bird’s Heaven, Yuguang Island, Typhoon Bay, dan Happy Wuhan.

Semua theme park itu mengusung tema masing-masing. Tempat ini cocok dikunjungi jika berwisata bersama keluarga dan anak-anak.

Akar Konflik Muslim Uighur di Xinjiang China

Di Wuhan ada juga Gunung Wudang yang termasuk tempat bersejarah di China. Gunung ini memiliki kompleks bangunan kuno yang sudah masuk ke dalam situs warisan dunia sejak 1994 yang lalu. Gunung Wudang ini selain terkenal akan peninggalan bangunan kunonya juga terkenal akan tradisi seni bela diri wushu.

Wudang

Gunung Wudang (cathaypacific.com)

Di gunung ini ada beberapa resort wisata yang memiliki kolam dengan mata air yang unik. Ada juga gua, tebing, dan puncak gunung yang indah.

Kemudian tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan hobi selfie adalah Botanical Viewing Garden. Taman wisata yang satu ini merawat lebih dari 360 jenis tanaman.

Tanaman tersebut dibagi ke dalam 13 jenis taman khusus, seperti Plum Garden, Rhododendron Garden, Cherry Blossom Garden, dan masih banyak lagi.

Jika berkunjung ke sana saat musim semi, maka keindahan bunga yang bermekaran akan membuat betah apalagi saat festival. Tempat lain di Wuhan yang paling legendaris adalah Yangtze River Bridge.

Yangtze River Bridge

Yangtze River Bridge (Freepik)

Jembatan ini adalah jembatan pertama yang dibangun di atas Sungai Yangtze. Jembatan ini memiliki 9 lubang dan dibagi menjadi 2 tingkatan. Tingkatan yang lebih tinggi adalah untuk bus, sedangkan tingkatan yang lebih rendah adalah untuk kereta api.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.