Tutup Iklan

Perawatan Kulit Setelah Olahraga Tetap Harus Dilakukan

Menyentuh kulit ketika Anda berkeringat saat olahraga berpotensi menyebarkan kuman.

JEDA.ID—Perawatan kulit setelah berolahraga tetap harus dilakukan. Perawatan kulit setelah berolahraga adalah untuk menjaga kulit Anda tetap sehat.

Perawatan kulit setelah olahraga itu penting lantaran ketika Anda berolahraga Anda pasti menyentuh kulit. Hal ini berpotensi menyebarkan kuman dan bakteri dari kulit ke dalam pori-pori. Jika ini tidak dirawat dengan benar membuat permasalahan lain seperti jerawat, kulit kering dan kulit irritasi.

Dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (5/12/2020), berikut ini adalah perawatan kulit setelah olahraga.

1. Kebersihan kulit di masa pandemi corona Covid-19

Menjaga kebersihan di masa pandemi corona Covid-19 jadi satu hal yang selalu diutamakan. Pastikan memberiskan semua peralatan sebelum dan sesudah menggunakannya. Selalu ingat untuk mencuci tangan setiap ada waktu dan hindari menyentuh wajah ketika berolahraga.

Benarkah Pasangan Kelas Menengah Lebih Empati Dibandingkan Pasangan Kaya?

Bakteri berkembang biak pada peralatan yang berkeringat dan jika Anda menyentuh wajah Anda, Anda hanya mentransfer kuman langsung ke kulit Anda. Hal ini akan menyebabkan jerawat dan infeksi kulit.

2. Cleansing

Hal pertama yang perlu Anda mulai setelah berolahraga dengan baik adalah membersihkan kulit dari semua kotoran. Semakin lama keringat tertinggal di tubuh dan wajah Anda, semakin tinggi kemungkinannya masuk ke pori-pori Anda dan menarik sel-sel kulit mati dan bakteri. Mandilah dengan air hangat dan gunakan gel mandi lembut dan pembersih wajah.

3. Lembapkan kulit sebelum dan sesudah olahraga

Menjaga kelembapan kulit Anda adalah kunci untuk menjaganya tetap tenang saat mengeluarkan keringat. Hal ini akan menenangkan kemerahan dan gatal setelahnya.

Holidate, Solusi Saat Lelah Ditanya Kapan Kawin oleh Keluarga

Anda mungkin masih menemukan kulit menjadi merah setelah olahraga, tetapi itu karena Anda berkeringat. Maka itu, setelah Anda selesai membersihkan kulit secara menyeluruh, Anda perlu melembapkan kulit guna menutup pori-pori terbuka.

4. Jauhkan makeup

Makeup hanya berfungsi sebagai musuh jika Anda memadukannya dengan keringat dan kotoran. Hal tersebut membuat tempat berkembang biak yang sempurna untuk jerawat. Hapus makeup Anda sebelum berolahraga.

Ada Wanita Lain Tertarik Pasangan Anda? Sebaiknya Bersikaplah Seperti Ini

Keringat yang bercampur dengan kotoran, minyak, dan riasan hanya akan menyumbat pori-pori yang pada akhirnya menimbulkan jerawat. Bebas dari makeup akan membuat kulit Anda bernafas. Anda dapat menyemprotkan air mawar setelah olahraga untuk menjaga kulit Anda bersinar dan sehat.

5. Gunakan toner

Olahraga membuat kulit Anda dehidrasi dari dalam ke luar. Sehingga penting bagi Anda untuk memberi hidrasi pada kulit dengan minum air yang banyak dan menyemprotkan toner ringan di kulit untuk mengurangi resiko dehidrasi kulit dari luar.

6. Lindungi kulit Anda

Ini menjadi tip perawatan kulit terakhir setelah berolahraga untuk mencegah jerawat yang tidak diinginkan. Lindungi kulit Anda dengan tabir surya karena beberapa detik terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.