Penting bagi Orang Tua, Ini Tips-Tips Menambah Tinggi Badan Anak

Para orang tua pada umumnya ingin memiliki anak yang tinggi dan kuat, karena kedua parameter ini menunjukan tanda sehat.

JEDA.ID- Para orang tua pada umumnya ingin memiliki anak dengan badan yang tinggi dan kuat, karena kedua parameter ini menunjukkan tanda sehat. Dengan begitu kita selalu berusaha melakukan apapun agar anak tumbuh sehat dan tinggi.

Walaupun ada beberapa anak yang lebih tinggi dari orangtuanya saat kecil, tetapi ada juga anak yang tidak setinggi orang tuanya saat kecil.

Gen memiliki peran yang penting dalam menentukan tinggi badan anak. Namun, itu bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi tinggi badan. Faktor-faktor eksternal seperti kondisi tempat tinggal mereka, jenis makanan yang mereka makan dan olahraga juga memainkan peran penting dalam menentukan tinggi badannya.

Jika Anda sedang bingung bagaimana cara menambah tinggi badan si kecil dengan kegiatan fisik, dikutip dari Times of India, berikut caranya:

Belajar dari Kisah Adik Via Vallen Positif Covid-19, Kapan Kita Harus Periksa?

1. Latihan peregangan

Bahkan latihan peregangan sederhana dapat berdampak besar pada tinggi badan anak Anda. Mengajari anak Anda beberapa latihan sederhana sejak usia dini akan memudahkan proses pertumbuhan tinggi badan. Peregangan membantu memperpanjang tulang belakang dan memperbaiki postur anak Anda. Berikut adalah dua latihan peregangan yang mudah.

Buat anak Anda berdiri tegak dengan punggung menempel ke dinding dan minta dia untuk memperkuat otot-otot kakinya sambil meraih ke atas di dinding. Latihan peregangan lain yang mudah melibatkan anak Anda duduk di lantai dengan kedua kaki terbuka lebar dan ia mencoba meraih kedua jari kaki dengan tangannya.

2. Bergelantung

Bergelantung untuk menambah tinggi badan telah direkomendasikan selama beberapa dekade sekarang bergelantung dari bar membantu memanjangkan tulang belakang, yang merupakan bagian penting untuk menjadi lebih tinggi. Selain bergelantung saja, Anda juga bisa meminta si kecil untuk melakukan pull-ups dan chin-ups. Kedua latihan ini dapat membuat otot-otot punggung dan lengan lebih kuat.

3. Buat si kecil melakukan yoga

Latihan yoga melibatkan banyak peregangan dan keseimbangan, yang keduanya bagus untuk tinggi badan anak. Buat anak Anda melakukan yoga asana seperti Surya namaskar, chakra asana, dan tree pose. Cobalah untuk melakukan pose bersama dengan anak Anda sehingga dia bisa mendapatkan inspirasi dari Anda.

4. Skipping

Lompat tali adalah latihan yang menyenangkan yang terasa lebih seperti permainan untuk anak-anak. Ia akan bekerja pada seluruh tubuh termasuk jantung sekaligus menambah tinggi badan. Seluruh tubuh membentang sambil melewati tali, yang membuat pertumbuhan vertikal pada anak. Ini juga merupakan latihan kardio yang luar biasa, yang membantu menjaga anak Anda aktif dan sehat.

5. Berenang

Berenang adalah olahraga sehat dan menyenangkan yang dapat membantu pertumbuhan anak Anda secara keseluruhan. Ini adalah latihan seluruh tubuh yang bekerja pada semua otot tubuh. Berenang juga melibatkan banyak peregangan, yang memperkuat tulang belakang dan meningkatkan tinggi badan.

6. Tidur nyenyak

Pentingnya tidur yang baik tidak akan pernah cukup ditekankan. Tidur nyenyak tidak hanya penting untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Anda harus memastikan bahwa si kecil tidur 8 jam setiap malam agar tetap sehat dan tumbuh kuat. Tidur melepaskan hormon pertumbuhan yang disebut HGH, yang memainkan peran langsung dalam meningkatkan tinggi badan. Jadi, melewatkan tidur bukanlah ide yang baik.

Makanan Alami untuk Menambah Tinggi Badan

Cara terbaik untuk memastikan bahwa anak Anda mencapai ketinggian maksimal adalah dengan memastikan bahwa ia mendapat nutrisi yang tepat. Diet seimbang harus terdiri dari campuran protein, karbohidrat, lemak dan vitamin dalam proporsi yang benar. Pastikan juga anak-anak Anda menjauhi junk food dan minuman bersoda. Sesekali tidak apa-apa tapi dia tidak boleh mengkonsumsinya setiap hari.

Zinc ditemukan memiliki efek yang besar pada pertumbuhan anak Anda. Karena itu, penting untuk memasukkan makanan kaya akan zinc seperti kacang dan biji labu dalam makanan mereka. Diet seimbang tidak hanya akan memberi anak Anda nutrisi yang tepat untuk menambah tinggi badan, tetapi juga akan membuatnya lebih kuat dari dalam.

Tinggi badan bisa diperoleh dengan cara mengonsumi makanan yang mengandung  nutrisi  yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi badan. Berikut sejumlah makanan yang diyakini bisa mendukung pertambahan tinggi badan seperti dilansir hellosehat.com.

Diperkirakan Laku Rp805 Triliun, Ini Sederet Fakta Lukisan Mona Lisa

1. Lobak

Lobak merupakan makanan yang kaya akan hormon pertumbuhan. Selain itu, lobak juga kaya akan vitamin, mineral, serat, protein, kolesterol, dan lemak.

Lobak bisa dikonsumsi dengan cara dimasak atau ambil ekstraknya dengan berbentuk jus, lalu minum setiap hari secara teratur untuk dapat melihat hasilnya setelah beberapa minggu.

2. Telur

Mengonsumsi 3 butir telur setiap hari untuk meningkatkan keseluruhan pertumbuhan. Selain itu, rambut juga akan ternutrisi dengan baik. Telur adalah sumber protein yang tidak berbahaya bagi tubuh, bahkan jika Anda mengonsumsinya setiap hari.

Bagi Anda yang peduli mengenai kandungan kolesterol pada telur, Anda dapat memilih Omega-3 telur atau bisa juga dengan mengonsumsi putih telurnya saja.

3. Susu

Minum 2 gelas susu setiap hari dapat membentuk tulang yang sehat dan membangun sebagian besar sel tubuh. Tidak hanya mengandung banyak kalsium, susu juga mengandung protein. Vitamin B12, dan vitamin D. Seluruh kandungan tersebut sangat penting bagi Anda untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan tinggi badan secara Alami.

4. Bok choy

Kubis Cina atau bok choy adalah sayuran yang wajib Anda dimasukkan untuk menambah tinggi badan. Sayuran ini mengandung banyak mineral, vitamin, serat makanan, dan karbohidrat. Mengonsumsi bok choy secara teratur akan membantu merangsang hormon pertumbuhan dan juga meningkatkan tinggi badan buah hati Anda.

5. Rhubarb

Rhubarb merupakan batang tumbuhan semacam pohon keladi atau talas. Selain baik untuk pertumbuhan, rhubarb juga baik untuk mengatasi diabetes. Tanaman ini bisa dikonsumi dalam keadaan mentah, atau dimasak setiap 3-4 kali dalam sepekan untuk merangsang sekresi hormon pertumbuhan dalam tubuh.

6. Bayam

Bayam tidak hanya membuat tubuh lebih kuat, namun juga membuat tubuh lebih tinggi. Bayam membantu dalam fungsi tubuh, pertumbuhan otak, membangun sel-sel otot, dan juga pertumbuhan tulang, karena bayam kaya akan vitamin, zat besi, serat, dan kalsium. Ambil segenggam bayam dan masukkan ke blender agar menjadi jus bayam, atau Anda juga dapat menjadikan bayam sebagai salad segar untuk dikonsumsi.

7. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran penting yang kaya akan vitamin C, zat besi, anti kanker dan juga serat yang sangat baik untuk tubuh. Brokoli dapat merangsang hormon pertumbuhan yang tersembunyi dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan tinggi badan.

8. Kacang polong

Kacang polong merupakan sayuran yang bergizi tinggi dan baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Pastikan kacang polong tersebut segar dan tidak kering. Kacang polong kaya akan vitamin, serat, protein, mineral, dan lutein. Berbagai kandungan tersebut baik untuk merangsang hormon pertumbuhan dan meningkatkan tinggi badan.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.