Olahraga Outdoor Wajib Patuhi Protokol Kesehatan, Perlu Siapkan Apa Saja?

Olahraga di luar ruangan juga dinilai dapat memberi manfaat bagi kesehatan mental selama pandemi virus Corona penyebab Covid-19.

JEDA.ID — Olahraga di luar ruangan atau outdoor juga dinilai dapat memberi manfaat bagi kesehatan mental selama pandemi virus Corona.

Kesehatan tubuh memang menjadi prioritas utama yang harus dilakukan setiap masyarakat di tengah pandemi virus Corona saat ini.

Berkaitan dengan hal itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengimbau beberapa upaya yang harus dilakukan untuk mencegah penularan virus yang semakin meluas di masyarakat.

Seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak fisik, melakukan etika batuk dan bersin yang benar, menjaga asupan nutrisi yang baik, serta melakukan olahraga secara rutin.

“Ingat kembali tujuan berolahraga. Tujuannya untuk menyehatkan badan, atau berbeda, hanya karena ingin bertemu dan berkumpul dengan teman atau kerabat?” papar dokter Reisa dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Rabu (17/6/2020) pada laman health.detik.com.

Dia  mengingatkan masyarakat agar jangan menjadikan olahraga sebagai alasan berkumpul sambil mengabaikan protokol kesehatan.

“Agak aneh dan terasa baru? Pastinya. Tapi, kita akan terbiasa. Kita bisa karena terbiasa,” tambahnya.

Hobi Bersepeda? Outfit dan Perlengkapan Nan Stylish ini Wajib Anda Punya

Lalu bagaimana melakukan olahraga outdoor yang aman di tengah wabah virus Corona?

Dokter spesialis kesehatan olahraga Dr. Michael Triangto, SpKO, mengungkapkan bahwa olahraga di luar rumah tetap bisa dilakukan dengan upaya perlindungan diri, salah satunya menggunakan masker.

Berolahraga di dalam rumah jauh lebih aman. Namun, beberapa orang merasa tidak tahan untuk diam di rumah saja, sehingga mereka akan berolahraga di luar rumah. Meskipun demikian, mereka yang aktif melakukan olahraga di luar rumah harus mentaati prosedur yang berlaku.

Adapun petunjuk aman untuk keluar rumah berdasarkan anjuran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yakni:

1. Pakai jaket atau baju lengan panjang

2. Tidak perlu pakai aksesoris seperti gelang, cincin, dan anting

3. Pakai masker

4. Usahakan tidak menggunakan transportasi umum

5. Pakai tisu di jari untuk menyentuh permukaan apa pun

6. Remas tisu lalu buang ke tempat sampah

7. Jika batuk dan bersin, tutup dengan siku

8. Usahakan bertransaksi secara nontunai

9. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah menyentuh benda dan permukaan apa pun

10. Jangan sentuh muka sampai tangan benar-benar bersih

11. Jaga jarak dengan orang lain Menurut Michael, tak masalah jika berolahraga seperti jogging dengan menggunakan masker.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ditaati apabila kamu termasuk orang yang aktif melakukan olahraga di luar rumah atau outdoor, supaya terhindar dari virus Corona.

“Tidak apa [memakai masker], bahkan dapat melatih fungsi pernapasan dan dapat meningkatkan kemampuan aerobik,” ujar Michael.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh sebaiknya melakukan olahraga dengan sewajarnya dan secukupnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah, jika kita melakukan olahraga yang berat atau dengan intensitas berat justru akan melemahkan imunitas tubuh. Oleh karena itu, lakukan olahraga sewajarnya, tidak berlebihan.

Gejala Corona Sangat Beragam, Ini Penyebabnya

Hal-Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Saat Olahraga di Luar Ruangan

Kegiatan di luar rumah memang memunculkan risiko penularan Covid-19. Maka dari itu, mereka yang ingin melakukan olahraga di luar ruangan perlu lebih waspada.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika olahraga luar ruangan selama pandemi Covid-19. Berikut seperti dilansir Liputan6 dari iNews UK:

1. Frekuensi Olahraga

Ilustrasi Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Cara Olahraga Teratur (iStockphoto)
Masyarakat sebaiknya hanya melakukan satu jenis olahraga di luar ruang dalam satu hari pada saat pandemi. Tak ada aturan khusus mengenai durasi saat melakukannya.

Namun, akan lebih baik jika masyarakat meminimalisir waktu yang digunakan untuk berolahraga di luar ruang.

2. Jenis Olahraga

Olahraga kelompok jelas tidak dianjurkan, misalnya sepak bola dan basket. Beberapa jenis olahraga di luar ruangan yang bisa dilakukan selama pandemi Covid-19 adalah berlari, berjalan kaki, atau bersepeda. Jenis olahraga atau latihan fisik lain juga diperkenankan selama tidak dilakukan secara berkelompok.

Saat melakukan olahraga luar ruang, jangan lupa menjaga jarak minimal dua meter dari orang lain. Jaga jarak fisik perlu dilakukan untuk menghindari risiko penularan.

3. Tidak Berkendara

Masyarakat yang ingin berolahraga di luar ruangan sebaiknya memilih area di sekitar rumah atau bisa dijangkau tanpa harus berkendara. Manfaatkan saja ruang terbuka yang berjarak dekat.

4. Kondisi Khusus

Olahraga di luar ruang sebaiknya hanya sekali dalam sehari. Namun, beberapa orang mungkin memiliki kondisi kesehatan khusus yang mengharuskan mereka beraktivitas lebih dari itu. Bagi mereka, aktivitas fisik di luar rumah lebih dari sekali.

 

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.