Muncul di Indonesia, Bagaimana Gejala Mutasi Virus Corona B117 dari Inggris?

Pemerintah baru saja mengumumkan mutasi virus corona B117 dari Inggris, lalu bagaimana gejala yang muncul dari strain baru ini?

JEDA.ID — Sudah muncul di Indonesia, sebenarnya bagaimana sih gejala seseorang terinfeksi mutasi virus corona B117 dari Inggris? Apakah sama saja dengan Covid-19 yang sudah ada selama ini?

Sebagaimana diketahui, pemerintah baru saja mengumumkan mutasi Covid-19 dari Inggris yang ditemukan di Indonesia. Hal tersebut diungkap oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono.

“Tepat satu tahu hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” jelas dia dilansir Detik.com, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga: Ini Cara Mudah Ganti Foto KTP Elektronik, Mau Coba?

Menurut studi pracetak dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, mutasi virus corona B117 dari Inggris ini 56 persen lebih menular dibandingkan dengan strain aslinya, SARS-CoV2.

Lalu, bagaimana dengan gejala seseorang yang terinfeksi mutasi virus corona B117 dari Inggris ini?

Baca Juga: Trik Rahasia Biar Menang Giveaway, Gimana Caranya?

Inikah Gejalanya?

Berdasarkan berita yang diterbitkan Okezone.com dari laman Prevention, banyak ilmuwan masih sulit untuk mengenali gejala tersebut. Akan tetapi, Asisten Profesor Kedokteran Penyakit Menular di Baylor College of Medicine di Houston menjelaskan gejalanya bisa saja mirip dengan strain aslinya.

“Tapi, ada kemungkinan gejala dari B117 tidak berbeda dengan Covid-19 asal Wuhan,” beber dia.

Baca Juga: Vaksinasi Tahap Kedua Ditargetkan Selesai Mei 2021, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Hal senada juga diungkap oleh Guru Besar dan Kepala Penyakit Menular di University at Buffalo di New York, Thomas Russo. Ia menjelaskan masyarakat tidak bisa membedakan secara detail mengenai gejala mutasi virus corona dari Inggris dengan strain sebelumnya.

“Dengan kata lain, Anda tidak bisa membedakan dengan cukup detail apakah Anda terpapar Covid-19 atau virus corona B117 asal Inggris,” jelas Thomas.

Baca Juga: Berharta Rp21 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming

Untuk mengenali perbedaan maupun gejala yang muncul pada orang yang terpapar mutasi virus corona B117 dari Inggris ini harus dilakukan uji genom virusnya.

Sebagaimana diketahui, gejala seseorang terpapar Covid-19 yang umum adalah demam, menggigil, sesak napas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh hingga sakit kepala. Kemudian, bisa juga mengalami kehilangan rasa dan bau, skait tenggorokan, hidung tersumbat, mual, muntah, atau pun diare.

Baca Juga: Orang Kaya Menghindari Membelanjakan Uang untuk Ini, Apa Ya?

Baca Juga: Ini Makna Barang yang Dipakai Anggota Kerajaan Inggris

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.