Metode Proning Position untuk Atasi Sesak Napas, Benarkah?

Video tentang metode proning position menjadi viral. Video tentang metode proning position ini dibagikan dokter asal Bay County, Florida,

JEDA.ID-Video tentang metode proning position atau posisi tengkurap untuk mengatasi sesak napas pada pasien Covid-19 menjadi viral. Video tentang metode proning position ini dibagikan oleh Ahmad Rifai, dokter asal Bay County, Florida, lewat akun Facebook miliknya.

Dalam video itu, Ahmad Rifai membagikan cara mengatasi sesak napas pada pasien virus Corona Covid-19 di ruang ICU, yakni dengan melakukan proning position. Posisi ini dilakukan mirip seperti orang sedang tengkurap.

“Saya ingin Anda berlutut, lalu turunkan siku, taruh kepala di atas siku, tarik napas dalam-dalam, sekeras yang Anda bisa… Batuk,” kata Rifai dalam video tersebut, dikutip dari My Panhandle dan dilansir detikcom, Sabtu (12/9/2020).

Terkait hal ini, ahli paru dari RS Persahabatan,  Diah Handayani,   mengatakan proning position memang bukanlah hal baru dalam dunia kedokteran. Posisi ini biasa dilakukan untuk mengatasi sesak napas pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan seperti Covid-19.

Ilmuwan Peringatkan Kemungkinan Luwak Indonesia Bisa Munculkan Wabah Baru

“Orang-orang dengan Covid-19 itu kan memang mengalami ARDS [acute respiratory distress syndrome]. Jadi dengan posisi seperti itu pola pernapasan kita lebih stabil, lebih baik,” jelas  Diah, saat dihubungi, Jumat (11/9/2020).

Diah menjelaskan, proning position bertujuan untuk memaksimalkan pola pernapasan pada pasien. Posisi ini dapat membantu mengeluarkan cairan yang mungkin terkumpul di paru-paru, yang mengganggu pernapasan mereka.

“Dan itu juga biasanya pasien akan merasa lebih nyaman kan pernapasan itu bukan hanya faktor paru-paru saja, tapi posisi otot dan lainnya [berpengaruh] itulah tujuannya dari proning position,” tuturnya.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.