• Mon, 29 November 2021

Breaking News :

Merasa Kesepian dan Tidak Dicintai? Lakukan Ini

Merasa kesepian pasti pernah menghinggapi sebagian besar manusia.Merasa kesepian adalah hal yang wajar terjadi dan dirasakan manusia.

JEDA.ID—Merasa kesepian pasti pernah menghinggapi sebagian besar manusia.Merasa kesepian adalah hal yang wajar terjadi.

Kesepian merupakan sebuah keadaan di mana seseorang merasa hampa, sendirian, tidak diinginkan, tidak dicintai dan feeling disconnected. Bentuk emosi ini juga dapat menjadi salah satu tanda dari masalah kejiwaan berat seperti depresi.

Banyak orang yang merasa kesepian padahal dirinya sedang berada di tengah keramaian atau di tengah orang-orang terdekatnya. Orang yang kesepian sering kali mendambakan kontak dengan orang lainnya, tetapi keadaan pikiran yang kacau membuatnya lebih sulit untuk membentuk koneksi dengan orang lain.

Kalau Anda merasa kesepian, pasti Anda akan menganggap hidup Anda mendadak jadi lebih menjemukan. Anda menjauh dari lingkungan, menolak diajak hangout dengan teman atau pacar, tidak bergairah untuk beraktivitas dan lebih rentan berpikir negatif. Hati-hati, Anda harus segera mengatasi perasaan seperti ini, karena bisa mengganggu keseharian Anda.

Tips Aman Berwisata di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Tips kesehatan kali ini membahas cara mengusir rasa kesepian. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mental Anda. Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Jumat (28/8/2020) ini adalah hal yang harus Anda lakukan ketika Anda merasa kesepian agar perasaan Anda menjadi lebih baik.

1. Jujur Pada Diri Sendiri

Beberapa orang menyangkal bahwa mereka kesepian dan mencoba mengalihkannya dengan menyibukkan diri sendiri seperti tidur seharian dan menonton TV.

Sebenarnya akan lebih baik jika Anda jujur pada diri sendiri. Cari tahu apa penyebab Anda merasa kesepian, misalnya karena orang-orang di sekitar Anda tampak sedang bahagia sekali dan punya kesibukan masing-masing, sementara Anda sedang merasa terpuruk. Kemudian, cari tahu juga situasi atau waktu seperti apa yang biasanya memicu rasa kesepian.

10 Kampus di Indonesia Ini Punya Jurusan Game, Keren!

Misalnya ketika Anda pulang dari sekolah, kampus, atau kantor dan tidak ada orang yang menyambut di rumah. Dari situ, Anda akan belajar untuk memperbaiki pandangan Anda terhadap hidup Anda dan pelan-pelan mengusir rasa kesepian dalam hati.

2. Sadarilah Bahwa Kesepian Bisa Dilawan

Saat merasa kesepian, tandanya ada sesuatu yang memicu ingatan Anda akan perasaan menyakitkan, menakutkan, dan kehampaan yang membuat Anda merasa sendirian.

Namun, Anda harus segera tersadar bahwa pada dasarnya kesepian adalah kondisi emosi yang sebenarnya muncul dari dalam diri Anda berdasarkan persepsi Anda sendiri. Kesepian bisa Anda lawan, jangan hanya menunggu sampai keadaan membaik sendiri.

3. Buat Rencana untuk Melawan Kesepian

Setelah Anda menerima dan menyadari segala hal tentang kesepian yang Anda alami, sekarang saatnya membuat rencana untuk melawan dan mengatasi kesepian tersebut. Obat untuk mengatasi kesepian itu sederhana. Misalnya duduk santai bersama orang tua sambil minum teh dan mengobrol soal kekhawatiran Anda saat ini.

Ketahui 5 Fakta Dorongan Seksual Pria

Meskipun setiap hari Anda bertemu dengan anggota keluarga, mungkin yang Anda butuhkan adalah waktu berkualitas bersama, tanpa gangguan sama sekali, untuk bisa mengusir kesepian.

4. Merawat Binatang Peliharaan

Beberapa penelitian menyatakan bahwa hewan peliharaan bisa menjadi teman yang menyenangkan untuk para penyendiri. Sebuah studi yang dilakukan menemukan fakta bahwa memelihara seekor anjing dapat membantu seseorang mengurangi risiko kematian dini, terutama pada orang yang hidup sendirian.

Orang-orang yang hidup sendirian ini merupakan kelompok orang yang paling berisiko mengalami kesepian yang dapat berujung pada masalah kesehatan.

5. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa menggunakan media sosial sebenarnya membuat Anda merasa lebih kesepian. Media sosial menciptakan kesan seolah Anda menjalin relasi, tetapi sebenarnya justru sebaliknya.

Waspadai Efek Hand Sanitizer, Hindari Pemakaian Terlalu Sering

Adanya hiperkoneksivitas melalui media sosial yang membuat seseorang menjadi lebih terasing satu sama lain dalam kehidupan nyata. Kontak langsung dan tatap muka jauh lebih baik dilakukan daripada kontak di media sosial karena pada dasarnya manusia butuh sentuhan fisik agar merasa terhibur dan terhubung.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.