Menjelajah 10 Tempat Wisata di Blitar Paling Menarik

Tidak ada salahnya mencoba berwisata ke Blitar saat akhir pekan atau libur panjang karena ada beragam tempat wisata di kota ini.

JEDA.ID–Kota Blitar, Jawa Timur, selama ini dikenal sebagai Kota Proklamator karena di kota ini proklamator Bung Karno dimakamkan. Tidak hanya itu, Blitar juga menyimpan banyak potensi wisata yang menarik dikunjungi.

Tidak ada salahnya mencoba berwisata ke Blitar saat akhir pekan atau libur panjang karena ada beragam tempat wisata mulai wisata pantai, sejarah, hingga wisata kekinian.

Berikut kami suguhkan 10 tempat wisata di Blitar yang paling menarik untuk dikunjungi.

Makam Bung Karno

wisata di Blitar

Makam Bung Karno di Blitar (UB)

Makam Bung Karno terletak di Jl. Ir. Soekarno No. 152, Bendogerit, Sananwetan, Blitar Jawa Timur. Tak hanya makam, di kawasan tersebut juga terdapat bangunan lain seperti Perpustakaan dan Museum Bung Karno.

Tempat ini buka setiap hari pukul 07.00-16.00 WIB. Ada hal unik yang dapat kita jumpai di sini yaitu Lukisan Bung Karno yang saat dilihat dari samping seolah-olah lukisan itu berdetak seperti jantung manusia.

Tak pasti apa yang membuatnya berdetak. Tetapi wisatawan cukup dibuat merinding dengan hal tersebut. Di dalam museum kita juga dapat melihat pakaian Bung Karno yang pernah dikenakan.

Ada juga foto-foto Bung Karno sejak kanak sampai menjadi kakek. Bung Karno dijuluki sebagai 1.000 wajah karena memilki wajah yang yang berbeda-beda sejak ia kecil hingga tua.

Di tempat wisata unggulan Kota Blitar ini, pengunjung tak hanya dapat berziarah, namun juga dapat berfoto-foto di lungkungan kompleks makam yang fotogenic. Juga dapat berbelanja pernak-pernik dan oleh-oleh khas Blitar.

Istana Gebang

wisata bung karno

Perpustakaan Bung Karno (UB)

Tidak terlalu jauh dari Makam Bung Karno, ada tempat wisata yaitu ke rumah masa kecil Soekarno di Blitar, yakni Istana Gebang. Istana ini terletak di Jl. Sultan Agung No. 59, Sananwetan, Blitar Jawa Timur.

Wisata di Blitar ini buka pada pukul 7 pagi hingg pukul 5 sore. Tempat tersebut merupakan rumah kuno yang asri dan adem. Rumah tersebut adalah rumah kedua oran tua Soekarno.

Sebelum memasuki ruangan biasanya pengunjung mengisi dulu buku tamu. Kemudian bisa melihat-lihat keadaan di rumah tersebut. Rumah tua ini memilki interior khas Belanda. Kita juga dapat melihat mobil berwarna hitam klasih yang terparkir di garasi rumah.

Negeri Dongeng

wisata Blitar

Wisata Negeri Dongeng di Blitar (Youtube)

Tempat wisata kekinian di Blitar ini sangat cocok untuk anak-anak. Berlokasi di Jl. Raya Kawedusan, Ponggok, Blitar, Jawa Timur, Negeri Dongeng buka setiap hari pada pukul 8 pagi sampai 6 sore.

Sesuai namanya, Negeri Dongeng memiliki beberapa replika ikon dari beberapa negara. Ada kincir angin Belanda, Menara Eiffel, Patung Liberty, Menara Pisa, Candi Borobudur, dan lain sebagainya.

Untuk masuk ke Negeri Dongeng, pengunjung hanya perlu membayar Rp.10.000. Selain menawarkan wisata kekinian, di tempat ini ada pula tempat terapi ikan.

Sumber Udel Waterpark

waterpark Blitar

Waterpark di Blitar (Youtube)

Sumber Udel Waterpark berada di Jl. Kalibrantas No. 31, Bendo, Kepanjen Kidul, Blitar, Jawa Timur. Dibuka pukul 7 pagi sampai 5 sore, wisata air ini wajib kalian kunjungi jika berada di Blitar.

Tiket masuk yang ditawarkan cukup murah yakni Rp15.000. Di tempat ini disediakan berbagai wahana seperti kolam anak, kolam arus, kolam dewasa, kolam standar olympic, dan flying fox.

Kampung Afrika

Kampung Afrika Blitar

Kampung Afrika Blitar (Youtube)

Kampung Afrika. Tempat yang memilki banyak spot foto yang unik dan menarik ini terletak di Jl. Sultan Ageng Tirtoyoso, Santren, Tanggung, Kepanjenkidul, Blitar, Jawa Timur.

Harga tiket masuk yaitu Rp5.000-Rp10.000 agar pengunjung bisa menikmati pemandangan yang disuguhkan di tempat wisata unik di Blitar ini. Destinasi wisata in buka pada pukul 8 pagi sampai setengah 5 sore.

Sesuai dengan namanya Kampung Afrika menyuguhkan pemandangan layaknya di Afrika. Seperti bentuk rumahnya. Kostum yang disediakan. Hingga pertunjukkan yang ditampilkan.

Kampung Coklat

wisata Blitar

Wisata Kampung Coklat Blitar (Youtube)

Kampung Coklat adalah wisata di Blitar yang mengusung tema cokelat. Bahkan saat datang ke sini akan tercium beraroma khas cokelat. Berlokasi di Jl. Banteng Blorok 18, Plosorejo, Kademangan, Blitar, tempat ini ramai dikunjungi pengunjug, apalagi saat liburan tiba.

Di sini disediakan berbagai kuliner khas cokelat, seperti minuman cokelat, mi cokelat, dan lain sebagainya. Selain itu, ada banyak sekali varian cokelat yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Suasana yang disuguhkan cukup asri dengan dikelilingi oleh pohon cokelat. Pengunjung juga diberi fasilitas tempat duduk untuk bersantai. Harga tiket masuknya sekitar Rp5.000. Tempat ini buka setiap hari pukul 8 pagi sampai menjelang petang.

Pantai Pangi

Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar (Youtube)

Pantai Pangi berada di Desa TumpakKepuh, Bakung, Blitar. Tiket masuk pantai ini Rp8.000. Namun, jika sudah tidak ada petugas biasanya tidak perlu membayar.

Pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas berkeliling muara sungai pantai dengan merogoh kocek Rp5.000/orang untuk 2 putaran. Pepohonan cemara udang yang rimbun membuat pengunjung dapat berteduh di bawahnya. Selain itu, banyak juga pengunjung yang memancing dan camping di pantai ini.

Pantai Serang

Pantai Serang Blitar

Pantai Serang Blitar (Youtube)

Pantai Serang terletak di desa Serang, Panggungrejo, kurang lebih 45 Km arah barat daya kota Blitar. Pantai ini biasa digunakan untuk Larung Saji pada 1 Sura. Pantai ini memilki pasir berwarna putih dan ombak yang tidak terlalu deras.

Di Pantai Serang juga sering diadakan festival, seperti festival layang-layang dan beberapa festival lainnya.

Taman Kebon Rojo

Taman Kebon Rojo Blitar

Taman Kebon Rojo Blitar (Youtube)

Taman Kebon Rojo merupakan salah satu tempat wisata yang beruopa taman kotadi Blitar. Taman Kebon Rojo terletak di Jl. Diponegoro No.12, Bendogerit, Sananwetan, Blitar, tepat di depan SMAK Diponegoro.

Cukup bermodal membayar uang parkir saja pengunjung dapat berkeliling tempat ini. Tempat ini adalah salah satu tempat yang sejuk di Blitar. Selain itu, pada tiap pohon tak jarang dijumpai tulisan yang menjelaskan tentang pohon tersebut. Dan ada beberapa satwa yang dipertontonkan di sini. Tempat ini buka setiap hari sejak pukul 6 pagi sampai 5 sore.

Kesambi Trees Park

wisata Kesambi Blitar

Tempat wisata Kesambi Blitar (Youtube)

Kesambi Trees Park, dulunya tempat ini bernama Penangkaran Rusa Maliran atau Maliran Deer Feeding. Tak hanya dapat berinteraksi dengan rusa, wisata di Blitar yang berlokasi di Jatianom, Jatilengger, Ponggok, juga menawarkan beberapa fasilitas dan spot yang menarik.

Ada area remaja, camping deck, sejumlah view deck, arboretum, gift shop, forest corner, dan kafetaria. Tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga karena memilki tempat yang asri dan harga tiket masuk yang hanya Rp.10.000. Tempat ini buka pukul 8 pagi sampai setengah 5 sore.

Ditulis oleh : Ardea Ningtias Yuliawati/Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.