Mengintip Ruang Kerja Kekinian di Bappenas

Bappenas menjadi instansi pemerintah pertama yang menetapkan Integrated Digital Work serta memiliki ruang kerja kekinian.

JEDA.ID–Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kini punya ruang kerja kekinian setelah menetapkan Integrated Digital Work (IDW).

Ruang kerja kekinian di Bappenas berada di Ruang Rapat Benny S. Muljana (BSM). Tidak seperti ruang kerja kantor pemerintahan pada umumnya, ruangan itu mirip co-working space yang kini tengah ngetren di berbagai kota.

Saat menerapkan IDW, sarana teknologi informasi menjadi penopang utama. Misalnya ada ruangan untuk teleconference dengan pegawai Bappenas yang tengah menempuh pendidikan di luar kota atau luar negeri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung pelaksanaan IDW di ruang kerja kekinian di Bappanas itu pada Kamis (16/1/2020).

ruang kerja kekinian

Presiden Jokowi meninjau penerapan IDW di Bappenas (Kemenpan & RB)

Presiden Jokowi didampingi Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, meninjau co-working space di ruang BSM.

Negara-Negara Paling Siap PNS Diganti Robot

Jokowi juga melihat implementasi flexi-work di ruang DH Bappenas. Saat melihat ruang co-working space, Jokowi melihat bagaimana fungsi ruangan sebagai ruang kerja mandiri, sekretariat RPJMN, ruang kerja kolaboratif, dan juga berkesempatan melakukan teleconference dengan ASN Kementerian PPN/Bappenas yang sedang tugas belajar di luar negeri.

2 Jenis FWA

ruang kerja kekinian Bappenas

Ruang kerja kekinian Bappenas (Kemenpan RB)

Suharso mengatakan IDW ini khusus dirancang untuk memungkinkan ASN Kementerian PPN/Bappenas berperan aktif sebagai clearing house program, memperkuat kerja sama di antara para perencana, serta sebagai sarana knowledge sharing.

Dia mengatakan Kementerian PPN/Bappenas sebagai instansi pemerintah pertama yang mengimplementasikan IDW dan ruang kerja kekinian akan dicontoh instansi pemerintah lainnya.

”Paling tidak ada 4 kementerian dan daerah. Jadi kami akan menjadi contoh. Teruslah menjadi yang terbaik. Kami ingin membuat sejarah, salah satunya dengan Integrated Digital Workplace ini,” ujar Suharso sebagaimana dikutip dari laman jpp.go.id.

Ruang teleconference

Ruang teleconference (Kemenpan RB)

Penerapan IDW dengan ruang kerja kekinian itu tidak lepas dari penerapan flexible working arrangement atau FWA. Suharso sempat menyatakan dengan adanya smart office akan banyak ASN yuang bisa bekerja dengan cara flexy job dan flexy schedule.

PNS Lebih Rawan Dahulukan Keluarga Dibanding yang Bayar

FWA adalah jadwal yang memungkinkan pekerja mengatur fleksibilitas jam kerjanya dengan tanggung jawab pribadi. Misalnya soal berapa lama, di mana, dan kapan mulai bekerja.

Setidaknya ada dua jenis FWA yaitu tempat kerja yang artinya  tempat kerja bisa fleksibel dan waktu kerja yang fleksibel. Disebutkan flexible working itu dapat menurunkan konflik antara pekerjaan dan keluarga, mengurangi stres kerja, sampai mengurangi resign dari pekerjaan.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.