Menelisik Anak Perusahaan Pertamina: EO, Jasa Pengamanan, sampai Hotel

Di laman Pertamina hanya disebutkan ada 22 anak perusahaan, namun Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan ada 142 anak usaha yang dimiliki Pertamina.

JEDA.ID–Menteri BUMN Erick Thohir dibuat heran dengan banyaknya anak perusahaan yang dimiliki Pertamina. Kementerian BUMN mencatat setidaknya ada 142 anak usaha Pertamina.

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapatkan tugas untuk menelisik anak perusahaan Pertamina itu. Erick bahkan tidak mengetahui secara mendetail bidang apa saja yang dikerjakan oleh ratusan anak usaha Pertamina itu.

”Ini saya minta juga untuk Komut dan Direksi, di rapat bulan Januari saya minta mapping 142 perusahaan ini usahanya apa? Terus bagaimana kesehatan perusahaannya?” imbuh dia di Jakarta, Jumat (13/12/2019), sebagaimana dilansir dari Detikcom.

Disorot KPK, Gaji Para Menteri Kalah dari Bos BUMN dan Anggota DPR

Erick memastikan akan menindak tegas bila anak perusahaan hanya diisi oleh oknum dan menggerogoti Pertamina. Dia memberi waktu selama satu bulan kepada Ahok dan direksi Pertamina untuk melaporkan hasil pemetaan terhadap anak perusahaan Pertamina.

”Ini yang saya juga sudah minta laporan dari direktur utama dan komisaris utama,” ujar Erick.

Jumlah anak usaha Pertamina yang disebutkan Erick sebanyak 142 unit usaha itu jauh berlipat-lipat dibandingkan dengan data yang dimuat di laman Pertamina. Di laman Pertamina hanya disebutkan ada 22 anak perusahaan.

Berbagai Bidang

Anak perusahaan Pertamina bergerak di berbagai bidang misalnya eksplorasi migas, asuransi, investasi, rumah sakit, hotel, event organizer, perdagangan BBM, sampai mengurusi dana pensiun.

Berikut daftar 22 anak perusahaan Pertamina sekaligus bidang yang digarap mereka. Bukan tidak mungkin ada cucu perusahaan yang belum tercantum dalam daftar ini.

1. PT Pertamina EP

Berdiri tahun 2005 merupakan usaha hulu di bidang minyak dan gas bumi meliputi: eksplorasi, eksploitasi serta penjualan produksi minyak dan gas bumi hasil kegiatan eksploitasi.

2. PT Pertamina Geothermal Energy

Berdiri tahun 2006 dan bergerak dalam bidang pengelolaan dan pengembangan sumber daya panas bumi meliputi kegiatan eksplorasi & eksploitasi, produksi uap dan pembangkitan listrik dan jasa konsultasi, konstruksi, operasi dan pemeliharaan serta pengembangan teknologi di bidang panas bumi.

3. PT Pertamina Hulu Energi

Berdiri tahun 2002 (d/h PT Aroma) dan bergerak dalam bidang pengelolaan usaha sektor hulu minyak & gas bumi. Perusahaan ini juga mengurusienergi baik dalam maupun luar negeri serta kegiatan usaha yang terkait dan atau menunjang kegiatan usaha di bidang minyak & gas bumi.

4. PT Pertamina EP Cepu

Berdiri 2005 sebagai anak perusahaan PT Pertamina EP dan tahun 2007 berubah status menjadi anak perusahaan PT Pertamina yang bergerak dalam bidang eksplorasi, eksploitasi dan produksi di Blok Cepu.

Tak Ada Harley Davidson di Daftar Harta Ari Askhara

5. PT Pertamina EP Cepu ADK

Berdiri tahun 2013 sebagai anak perusahaan PT Pertamina yang memiliki wilayah kerja Alas Dara Kemuning yang terletak di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

6. PT Pertamina Drilling Services Indonesia

Perusahaan ini merupakan salah satu bagian PT Pertamina yang bergerak di bidang drilling services yaitu pekerjaan pemboran dan kerja ulang pindah lapisan sumur-sumur migas dan geothermal.

7. PT Pertamina Internasional EP

8. PT Tugu Pratama Indonesia

Perusahaan ini bergerak di bidang jasa asuransi umum, minyak dan gas dan industri operasi marine hull.

9. PT Pertamina Dana Ventura

Sebelumnya bernama YTPP. Perusahaan ini bergerak di bidang investment portfolio management services.

10. PT Pertamina Bina Medika

Dahulu RSPP yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan dan rumah sakit di Jakarta.

Properti sampai Dana Pensiun

11. PT Patra Jasa

PT Patra Jasa bergerak di bidang hotel/motel management, kantor dan sewa properti, termasuk barang-barang eks Pertamina dan PT Patra Jasa aset sendiri.

12. PT Pelita Air Service

Bergerak dalam bidang transportasi udara, aircraft charter dan regular air services.

13. PT Pertamina Gas

PT Pertagas berdiri tahun 2007 dan bergerak dalam bidang niaga, transportasi distribusi, pemrosesan dan bisnis lainnya ang terkait dengan gas alam dan produk turunannya.

14. PT Pertamina Lubricants

Didirikan pada 23 September 2013. Cakupan bisnis perusahaan meliputi dalam dan luar negeri. PT Pertamina Lubricants bertekad pada masa-masa mendatang dapat menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, dan mencapai posisi sebagai Top 20 World Lubricants Company.

Anak perusahaan Pertamina

Anak usaha Pertamina (pertamina.com)

15. PT Pertamina Patra Niaga

Berdiri pada 1997 yang bergerak di hilir migas dalam bidang usaha perdagangan BBM, pengelolaan BBM, pengelolaan armada/fleet, dan pengelolaan depot, teknologi dan perdagangan non-BBM.

Ahok Ditempel Media Asing

16. PT Pertamina Trans Kontinental

Bergerak dalam bidang non tanker domestik transportasi untuk industri minyak dan manajemen KABIL Jetty di Batam, agency, jasa underwater dan HOP.

17. PT Pertamina Retail

Bergerak dalam bidang retail SPBU dan didirikan 1 September 2005, namun baru beroperasi tahun 2006.

18. PT Pertamina Training & Consulting

Sebelumnya bernama PT Patra Tridaya. Bergerak di bidang human capital, consulting dan jasa manajemen lainnya. Bisnis yang dijalani adalah man power supply, event organizer & other services, jasa pengamanan, assessment center, serta training & consulting.

19. PT Nusantara Regas

Perusahaan ini terlibat dalam pengadaan LNG, penyediaan fasilitas FSRU dan fasilitas lainnya serta penjualan gas bumi.

20. Dana Pensiun Pertamina

Mengelola data peserta dan mengembangkan dana guna memenuhi kewajiban membayar manfaat pensiun tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat subyek.

21. PT Patra Dok Dumai

Bergerak di bidang teknologi pemeliharaan perbaikan kapal. Sebelumnya bernama Unit Operasi Pertamina.

22. PT Pertamina International Shipping

Berdiri sejak 2016. PT Pertamina International Shipping dibentuk sebagai perusahaan pelayaran internasional.

Deretan anak perusahaan Pertamina itu belum termasuk anak usaha di dalam perusahaan itu sehingga tidak menutup kemungkinan jumlahnya menembus 142 seperti yang disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.