Memilih Warna Cat Tembok Bernuansa Optimisme

Memilih warna biru sebagai cat tembok rumah Anda menyiratkan keinginan menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran dan kontemplasi.

JEDA.ID–Memilih warna cat tembok rumah bisa dibilang sebagai urusan yang gampang-gampang susah. Selain soal selera, pertimbangan dalam memilih warna cat biasanya adalah padu padan dengan model rumah, interior, dan lainnya.

Mengganti warna cat tembok rumah biasanya dilatarbelakangi banyak faktor seperti sudah bosan dengan warna yang ada, warna cat sudah kusam, sampai ingin menciptakan suasana baru lewat cat.

Pilihan warna cat tembok ini memang tidak bisa dilepaskan dari sisi psikologi seseorang. Sebagaimana dikutip dari Solopos.com, Jumat (27/9/2019), penelitian yang dilakukan perusahaan penyedia teknologi warna di Amerika Serikat, Pantone, menyebutkan warna bisa memberikan stimulus yang beragam kepada seseorang.

Psikolog setuju warna memengaruhi cara manusia memahami situasi tertentu. Beberapa peneliti sepakat otak menghubungkan warna dengan perasaan.

Misalnya, psikolog yang meneliti warna merah menemukan sebagian besar orang mengaitkannya dengan bahaya. Ini adalah hubungan umum yang dibuat oleh otak manusia. Dulu kita belajar jika benda panas berwarna merah.

Atau tanda bahaya berwarna merah. Ingatan ini bisa memengaruhi penafsiran sebuah warna dan respons terhadap warna tersebut. Sebagian besar psikolog percaya otak kita menafsirkan warna karena suatu alasan tertentu dan bukan sekadar dari ingatan.

Inilah menjadi alasan ketika kadang banyak orang membutuhkan waktu yang cukup lama saat memilih warna cat. Bila ingin membangun perasaan optimisme, ada beberapa warna cat tembok yang bisa menjadi pilihan.

memilih warna cat tembok

Ilustrasi memilih warna cat tembok (Freepik)

Hijau

Bila Anda memilih warna cat tembok adalah hijau, ini pilihan yang tepat. Warna ini kerap mengingatkan kita kepada suasana padang rerumputan yang asri. Selain memberikan kesan alami pada rumah, warna hijau juga bisa menciptakan suasana segar dan teduh pada rumah Anda.

Hijau juga kerap menjadi menjadi simbol pertumbuhan, kesuburan, serta harmoni. Warna hijau mampu memberikan keyakinan bahwa kehidupan penuh dengan pertumbuhan, kesuburan, dan harmoni.

Selain itu, bila memilih warna hijau untuk cat tembok rumah, akan ada nuansa kesegaran di rumah Anda.

Biru

Warna yang kedua adalah biru. Saat memilih warna biru sebagai cat tembok rumah, ini akan mengingatkan pada suasana langit di pagi hari yang hangat. Ini seperti saat setiap orang menikmati segala aktivitas yang menyenangkan, misalnya berkumpul dan bermain bersama keluarga.

Warna ini melambangkan kedalaman, kesetiaan, dan ketenangan suasana. Selain itu, warna biru juga kerap dikaitkan dengan spiritualitas, kesabaran, dan kontemplasi.

Memilih warna biru sebagai cat tembok rumah Anda menyiratkan keinginan menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran dan kontemplasi. Sabar yang dimaksud di sini adalah sabar dalam meraih segala resolusi yang telah ditetapkan.

misalnya, Anda memilih warna biru muda sebagai cat tembok, ini cenderung menurunkan tekanan darah. Biru muda juga merupakan warna yang berhubungan dengan keterbukaan, pikiran yang jernih, dan kedamaian

Putih

Cat warna putih

Cat warna putih

Warna putih kerap digunakan pada acara-acara sakral misalnya peribadatan, pernikahan, dan lain-lain. Memilih warna putih sebagai cat tembok bisa menjadi simbolisasi kesucian dan kemurnian.

Tidak hanya itu, warna putih di tembok rumah juga melambangkan sebuah permulaan baru yang menyiratkan optimisme dalam menghadapi lembaran baru bagi datangnya hal-hal baik dalam hidup Anda.

Tiga warna itu bisa diaplikasikan di rumah bila Anda ingin membangun rasa optimisme. Namun, ada kalanya kita terkendala saat memilih warna cat tembok. Kadang kala warna cat di pasaran seringkali tidak sesuai keinginan Anda.

Warna biru, hijau, dan putih, mungkin warna pasaran yang kerap dijumpai. Namun, warna turunannya sangat beragam. PT Indaco Warna Dunia selaku produsen cat tembok Belazo dan Envi memiliki teknologi Colour Innovation Tinting Machine.

Indaco menyediakan 1.220 warna yang bisa dipilih konsumen. Tersedia beragam warna pastel, tosca, dan warna lain, sehingga konsumen tidak perlu ragu lagi mengombinasikan warna-warna sesuai keinginan.

Teknologi yang digunakan PT Indaco Warna Dunia berbeda dengan yang lain, yakni dalam hal penggunaan base (cat dasar). Indaco hanya menggunakan dua warna dasar (tidak empat), yakni medium base untuk menghasilkan warna cerah dan soft. Sedangkan black base untuk warna gelap dan tua.

Misalnya cat interior Belazo Maxima yang menawarkan sentuhan akhir yang mewah dan tahan lama atau durable luxurious finish. Belazo Maxima adalah cat tembok berbahan dasar air dengan formula rendah timbal dan raksa sehingga aman bagi kesehatan.

Sertifikat Green Label Singapore menjadi jaminan bahwa Belazo Maxima adalah cat ramah lingkungan. Kelebihan lain adalah Belazo Maxima tidak berbau menyengat, dapat dicuci, rendah kandungan racun, dan tampilan akhir semisatin.

Dengan teknologi ramah lingkungan dan Colour Innovation Tinting System, Belazo Maxima hadir dalam ribuan varian warna sehingga tepat sekali untuk mengekspresikan warna dan seni hunian Anda. Jadi memilih warna cat tembok untuk rumah Anda bukan lagi menjadi masalah.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.