Beri Pengaruh ke Perilaku, Wujudkan Warna Rumah Idaman

Karena memberi pengaruh ke perilaku, tentu memilih warna rumah sesuai idaman pemilik harus memperhatikan berbagai aspek, jangan malah bikin bad mood.

JEDA.ID–Sebagian orang kerap memilih warna idaman sebagai cat rumah mereka. Hal itu tidak salah karena psikolog sepakat bila warna memengaruhi cara manusia memahami situasi tertentu.

Bahkan, beberapa peneliti sepakat otak menghubungkan warna dengan perasaan. Itulah mengapa tidak sedikit orang menggunakan warna idaman sebagai cat rumah mereka.

Para psikolog meyakini otak manusia menafsirkan warna karena suatu alasan tertentu dan bukan sekadar dari ingatan. Oleh karena itu, setiap warna memengaruhi kita dengan cara yang berbeda.

Karena memberi pengaruh ke perilaku, tentu memilih warna rumah sesuai idaman pemilik harus memperhatikan berbagai aspek. Jangan sampai warna yang dipilih malah membikin bad mood.

Berikut beberapa warna dan pengaruhnya terhadap perilaku yang bisa menjadi pertimbangan saat memilih warna rumah idaman.

Putih

Tidak mengherankan jika putih dikaitkan dengan kesucian. Pengaruh warna putih juga diasosiasikan dengan kebersihan dan kemurnian. Ini menjelaskan mengapa rumah sakit cenderung didominasi warna putih.

Penelitian lain menyebutkan warna putih sebenarnya dapat menyebabkan kebosanan. Meskipun terlihat bersih, ruangan yang berwarna putih cenderung membuat kita lebih cepat bosan daripada ruangan penuh warna.

Kuning

Warna kuning dikaitkan dengan perasaan suka cita, keterbukaan, dan keramahan. Eiseman dan Wright yang merupakan psikolog warna menyebut kuning “warna terkuat” karena diyakini terkait dengan emosi, harga diri, dan kreativitas.

Pengaruh warna kuning bisa memantik emosi kebahagiaan. Kuning juga dikaitkan dengan kecerdasan, ide baru serta kepercayaan terhadap potensi diri.

Kuning adalah warna yang sangat positif sehingga dapat dipakai untuk menghilangkan keragu-raguan, melambangkan kejujuran, dan memberi semangat.

Merah

Pengaruh warna merah meningkatkan daya tarik fisik dan seksual perempuan. Warna merah juga dapat meningkatkan refleks kecepatan dan kekuatan reaksi tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Rochester menemukan pengaruh warna merah. Ketika seseorang melihat warna merah, reaksi mereka menjadi lebih kuat, reflek otot juga menjadi lebih cepat.

Namun, warna merah juga dapat memengaruhi perasaan secara negatif. Penelitian sebelumnya menemukan warna merah meningkatkan tingkat kecemasan seseorang.

Biru

Biru bisa dibilang kebalikan dari merah. Biru adalah warna ketenangan dan konsentrasi. Warna biru muda cenderung menurunkan tekanan darah.

Biru muda juga merupakan warna yang berhubungan dengan keterbukaan, pikiran yang jernih, dan kedamaian. Korelasi ini kemudian diterapkan di Jepang.

Lampu jalan berwarna biru dipasang dengan harapan mencegah kejahatan di jalan-jalan tertentu. Beberapa lokasi yang kerap digunakan untuk bunuh diri seperti stasiun juga dipenuhi warna biru.

Logika yang sama ini digunakan di London, di mana Jembatan Blackfriars dicat biru untuk mengurangi jumlah orang yang bunuh diri dengan melompat dari jembatan.

Warna biru, merah, putih, dan kuning itu ketika diaplikasikan di tembok rumah akan sangat beragam. Ada berbagai jenis warna biru misalnya. Atau warna merah juga beragam.

Inovasi Warna

Ketika akan memilih warna cat rumah sesuai warna idaman kadang kita tidak menemukannya di pasaran. Kini keinginan mewujudkan warna rumah impian tidak hanya sebatas mimpi.

PT Indaco Warna Dunia memiliki teknologi baru bernama Colour Innovation Tinting Machine. Indaco menyediakan 1.220 warna yang tertata rapi pada katalog warna untuk konsumen.

Tersedia beragam warna pastel, tosca, dan warna lain, sehingga konsumen tidak perlu ragu lagi mengombinasikan warna-warna sesuai keinginan.

”Mesin oplos Indaco menggunakan teknologi dari Jerman dan mampu memberi hasil akhir cat dengan daya tutup dan daya sebar prima serta akurasi warna lebih optimal,” sebagaimana dikutip dari Solopos.com, Sabtu (16/11/2019).

Pewarna yang dibuat di laboratorium khusus PT Indaco Warna Dunia, memiliki kepadatan konsentrat. Dengan sifat kentalnya menjadikan irit saat proses pencampuran.

Teknologi yang digunakan PT Indaco Warna Dunia berbeda dengan yang lain, yakni dalam hal penggunaan base (cat dasar). Indaco hanya menggunakan dua warna dasar (tidak empat), yakni medium base untuk menghasilkan warna cerah dan soft.

Tentu ini akan menjadi pilihan menarik untuk mewujudkan warna rumah idaman karena itu bisa memengaruhi perilaku kita.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.