Alasan Kenapa Anak Lebih Suka Coret-Coret Dinding

Ternyata ada alasan khusus kenapa anak usia 2-4 tahun lebih suka membuat gambar alias coret-coret dinding ketimbang di buku gambar.

JEDA.ID–Anak-anak umumnya suka menggambar dengan menggunakan krayon atau pensil warna. Salah satu area favorit anak untuk menggambar adalah dinding rumah. Aktivitas coret-coret dinding yang dilakukan anak kadang membuat orang tua kebingungan.

Tidak sedikit orang tua menyediakan buku gambar sampai papan tulis agar anak mereka menggambar di buku atau papan. Hasilnya, anak tetap memilih coret-coret dinding rumah.

Ternyata ada alasan khusus kenapa anak usia 2-4 tahun lebih suka membuat gambar alias coret-coret dinding ketimbang di buku gambar.

”Anak-anak lebih asyik saat menggambar di dinding. Kenapa? Karena saat menggambar di dinding, mereka merasa ikut terlibat di dalam kisah yang mereka gambarkan. Melalui bidang yang lebih luas, mereka lebih bebas menggambar dan masuk ke dalamnya,” papar psikolog Tubagus Amin sebagaimana dikutip dari Solopos.com, Senin (14/10/2019).

Rasa terlibat dalam dunia di dalam gambar itu tidak akan didapat ketika anak menggambar di bidang kertas. Inilah kenapa para anak-anak lebih suka coret-coret dinding rumah.

Beberapa penelitian menunjukkan alasan lain mengapa anak suka sekali mencoret-coret dinding. Anak-anak yang lebih kecil menjelajahi dinding karena suka mewarnai bidang apa saja.

Hal ini berbeda dengan anak-anak usia 3-4 tahun, saat perkembangan fisik membuatnya lebih mudah menggambar dengan merentangkan tangan di depannya ketimbang di bawahnya. Hal ini disampaikan Becky Bailey, penulis buku There’s Gotta Be a Better Way.

Menggambar di dinding memberi posisi yang lebih nyaman karena memungkinkan kontrol tangan dan mata yang lebih baik. Dengan cara ini, menggambar menjadi jauh lebih menyenangkan bagi si kecil.

Menggambar di meja akan mulai menyenangkan ketika anak baru lepas dari taman kanak-kanak. Sebelum anak menyelesaikan TK, orang tua harus merelakan dinding rumah menjadi ekspresi kebebasan anak lewat coret-coretan mereka.

coretan anak di dinding

Ilustrasi coretan anak di dinding (Freepik)

Membersihkan Coretan Anak

Hadirnya produk cat dinding interior Belazo Kidzdream yang diproduksi PT Indaco Warna Dunia akan memberikan ruang kreasi bagi anak lewat coret-coretan dinding sekaligus orang tua tenang agar tembok tidak menjadi kotor.

AdaBelazo Kidzdream-Easy Wash yaitu cat ramah anak yang tidak mengandung timbal dan raksa, rendah kandungan racun, tidak berbau menyengat, dan mengandung stain proof anti graffiti technology atau lapisan pelindung noda.

Belazo Kidzdream juga dilengkapi lapisan penolak noda atau stain repellent. Lapisan pelindung dan penolak noda itu mampu menahan noda kopi, teh, krayon, lumpur, debu, dan noda lain agar tidak meresap pada pori-pori dinding dan memungkinkan Anda membersihkan noda tanpa harus merusak lapisan cat.

Cara membersihkan noda cukup mudah. Anda dapat mengelap dinding yang ternoda menggunakan air dan sabun. Hasil uji laboratorium membuktikan bahwa daya cuci Belazo Kidzdream mampu bertahan hingga 980 kali gesekan cuci keras.

Belazo Kidzdream mengandung keharuman bunga lavender. Aroma lavender berfungsi sebagai aroma terapi sehingga membuat penghuni rumah nyaman dan mengusir nyamuk.

Tampilan akhir semisatin membantu menyamarkan permukaan tembok yang bergelombang atau tidak rata. Belazo Kidzdream menyuguhkan 60 pilihan warna cerah khas anak-anak ready mixed dan 1.220 colour innovation tinting system.

Cat ini akan menjadi solusi bagi orang tua. Kreativitas anak lewat coret-coret dinding tetap tersalurkan dan orang tua tidak lagi resah membersihkan dinding tembok.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.