Membandingkan Tarif 4 Kereta Bandara di Indonesia

Ada yang kereta bandara yang memiliki tarif Rp10.000, namun ada pula yang tarifnya dipatok Rp100.000.

JEDA.ID–Empat kereta bandara beroperasi di Indonesia dengan tarif yang beragam. Paling baru, kereta bandara akan beroperasi di Bandara Adi Soemarmo Solo pada September 2019.

Sebelumnya, ada tiga kereta bandara yang lebih dahulu beroperasi yaitu kereta Bandara Kualanamu, Medan; kereta Bandara Soekarno Hatta, Jakarta-Cengkareng; dan kereta Bandara Minangkabau, Sumatra Barat.

Empat kereta bandara memiliki tarif yang beragam. Ada yang kereta bandara yang memiliki tarif Rp10.000, namun ada pula yang tarifnya dipatok Rp100.000.

Kereta Bandara Kualanamu

Kereta bandara yang bernama Airport Railink Services (ARS) Kualanamu diresmikan pada 25 Juli 2013 bersamaan dengan beroperasinya Bandara Kualanamu. ARS Kualanamu memiliki frekuensi 20 kali PP perjalanan dari Stasiun Medan ke Stasiun Bandara Kualanamu.

Waktu tempuh kereta ini yaitu 30 menit saat menuju bandara dan 30-47 menit saat menuju Medan. Tarif yang dipatok kereta bandara untuk perjalanan Kualanamu-Medan adalah Rp100.000. Kereta dengan kapasitas 308 tempat duduk ini memiliki fasilitas kenyamanan kereta api eksekutif berupa kereta ber-AC, reclining seat, Wifi , serta layar audio visual.

Kereta Bandara Jakarta

railink

Kereta Bandara Soekarno-Hatta (JIBI)

Sama seperti di Kualanamu, kereta bandara ini dioperasikan Railink. Kereta bandara ini melayani rute Bandara Soekarno Hatta-Stasiun Sudirman Baru (BNI City) sejak 26 Desember 2017. Pengoperasian kereta bandara ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Desember 2018.

Sejak 19 Juni 2018, kereta ini memperpanjang rute hingga Stasiun Bekasi. Kereta bandara ini menggunakan kereta buatan PT Inka Madiun. Tarif tiket kereta bandara yaitu Rp70.000 untuk rute bandara-Stasiun Sudirman Baru dan Rp35.000 untuk rute bandara-Stasiun Batu Ceper. Menariknya, pembayaran tiket dilakukan secara nontunai.

Kereta Bandara Minangkabau

Kereta bandara ini diberi nama KA Minangkabau Ekspres yang beroperasi sejak 1 Mei 2018. Kereta bandara terdiri atas empat gerbong dengan 200 tempat duduk. Dalam sehari, KA Minangkabau Ekspres melayani lima kali pergerakan pulang pergi dari Stasiun Simpang Haru Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau.

sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, jumlah penumpang yang bisa diangkut kereta berwarna putih hijau ini mencapai 393 orang. Tarif yang dipatok kereta bandara ini hanya Rp10.000 untuk jarak terjauh dari Stasiun Padang ke Bandara Minangkabau dengan waktu tempuh 40 menit.

Kereta Bandara Solo

KA Bandara Adi Soemarmo, Solo diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 17 April 2018 lalu. Namun, karera rel kereta yang mengarah ke Bandara Adi Soemarmo belum siap, kereta ini untuk sementara melayani rute Solo-Kutoarjo.

Kereta yang diberi nama Solo Ekspres ini memiliki bentuk yang mirip dengan kereta bandara di Padang dan Jakarta. Tiket yang dipatok adalah Rp30.000 untuk rute Solo-Jogja dan Rp40.000 untuk Solo-Kutoarjo.

Sedangkan tiket untuk yang mengarah ke Bandara Adi Soemarmo belum ditetapkan. kereta bandara ini direncanakan beroperasi penuh hingga Bandara Adi Soemrmo pada September 2019.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.