Mau Beli Mobil dengan Gaji Rp 3 Juta? Jangan Dulu, Kecuali Untuk Ini

Bagi kalian yang menerima gaji Rp 3 juta setiap bulannya, sebaiknya baca saran dari perencana keuangan di bawah ini sebelum memutuskan untuk beli mobil.

JEDA.ID — Dengan maraknya mobil murah di Indonesia, karyawan dengan gaji Rp 3 juta mulai berpikir-bikir untuk beli mobil secara kredit.

Sebelum memutuskan untuk beli mobil, sebaiknya karyawan bergaji Rp 3 juta simak saran dari perencana keuangan dari Advisors Aliance Group Indonesia Andy Nugroho ini.

Referensi Drakor yang Ditonton Ketua DPR Puan Maharani

Dia mengatakan, karyawan bergaji Rp3 juta per bulan memang bisa menyisihkan uangnya untuk beli mobil. Tetapi, lebih baik dipikirkan terlebih dahulu.

“Menurut saya pribadi sebelum kita memutuskan ambil mobil dengan kondisi gaji Rp 3 sampai Rp 4 juta, pertanyaannya adalah sudah seberapa urgent sih kita untuk punya mobil? tanya Andy dilansir Detik.com, Selasa (3/3/2020).

Cara Mudah Bikin Rambut Cepat Panjang, Salah Satunya Dipotong

Apalagi bagi karyawan yang sudah berkeluarga. Hal yang paling utama adalah mencukupi kebutuhan utamanya seperti pangan, papan, sandang dan juga pendidikan anak-anak. Itu yang utama.

“Kalau memang itu belum bisa dicukupi, saya enggak menyarankan dia menyisihkan uang untuk ambil mobil. Walaupun dia butuh karena mungkin suatu ketika dia harus jalan-jalan sama keluarganya,” tambah dia.

Tak Perlu Oplas, Maria Vania Lakukan Ini Untuk Bikin Payudara Besar & Kencang

“Bahkan buat orang yang sudah berkeluarga, sudah punya anak. Terus kemudian mereka merasa butuh mobil untuk jalan-jalan sama keluarga. Karena misal dia dalam seminggu lebih banyak memakai motor atau angkutan umum ke tempat kerja. Berarti, mobilnya hanya dipakai Sabtu dan Minggu doang. Kalau saya sih daripada untuk beli mobil karena itu butuh maintenance juga. Mending dia pakai Grabcar atau Gocar untuk jalan-jalan sama keluarga,” saran dia.

Rekomendasi HP Harga Rp1 Jutaan dengan Spesifikasi Mumpuni

Untuk Taksi Online

Lain halnya, jika karyawan dengan gaji Rp 3 juta ingin beli mobil untuk menjadi pengemudi taksi online, ia memperbolehkan.

“Kalau kemudian kebutuhannya untuk [taksi online] misalnya mau ngeGrab atau Gocar, itu masih diperbolehkan. Tapi kalau misalnya hanya untuk sekedar lifestyle, punya-punyaan saja. Saya sih belum melihat itu sebagai suatu yang urgent,” lanjutnya.

Begini Cara Diet Aman Bagi Penderita Maag

Namun jika karyawan bergaji Rp 3 juta memang benar-benar butuh beli mobil, Andy menyarankan menabung dulu untuk uang muka.

“Karena dengan penghasilan seperti [Rp 3 juta] itu, enggak yakin lolos BI checking sih. Kecuali sudah menabung sejak jauh hari, kemudian ngeDP-innya jauh lebih besar dibandingkan promo dealer,” pungkasnya.

Jangan Menyimpan Semangka di Kulkas, Ternyata Ini Penyebabnya

Jangan Bingung! Ini Cara Menghadapi Anak Pemalu yang Jago Kandang

Tips Keuangan Lainnya

 

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.