Tutup Iklan

Manfaat Begadang Ternyata Ada Segudang

Meski memiliki dampak negatif terhadap tubuh dan kesehatan, tapi sebenarnya ada manfaat begadang loh. Salah satu manfaat begadang adalah lebih kreatif.

JEDA.ID-Selama ini banyak yang menganggap tak ada manfaat begadang. Padahal ternyata manfaat begadang itu ada segudang.

Di sisi lain, kebiasaan begadang dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti waktu tidur yang terganggu, sulit berkonsentrasi, sistem imunitas melemah hingga meningkatkan berisiko obesitas.

Namun sebetulnya begadang tidak selalu buruk. Melansir dari Liputan6 dan berbagai sumber, Selasa (6/10/2020), ada beberapa manfaat dibalik kegiatan ini. Tips kesehatan kali ini membahas manfaat begadang yang belum diketahui banyak orang. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Meningkatkan Kecerdasan

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mereka yang sering begadang memiliki tingkat kecerdasan lebih baik. Mereka dapat berpikir lebih terbuka dengan nilai, norma dan ide-ide baru. Namun, bukan berarti kebiasaan ini sangat dianjurkan, ya.

Lebih Rileks di Pagi Hari

Sebuah penelitian dari University of Westminster menemukan bahwa kadar kortisol pada orang yang sering begadang cenderung lebih tinggi dan pada pagi hari cenderung lebih rendah. Sehingga orang yang sering begadang memiliki tingkat stres rendah dibandingkan orang yang tidur tepat waktu.

Waspada Risiko Pinjam Headset dengan Orang Lain dan Batas Pemakaian Aman

Meningkatkan Stamina

Sebuah studi dari University of Alberta mengungkapkan, bahwa orang-orang yang tidak terbiasa begadang memiliki stamina yang konsisten, tetapi beda hal nya dengan orang-orang yang terbiasa begadang. Stamina mereka justru akan meningkat pada malam hari. Hal ini dikarenakan meningkatkan kekuatan tulang belakang dan motor cortex pada malam hari .

Lebih Kreatif

Ya, bagi sebagian orang kreativitas justru muncul pada malam hari, terutama kreativitas akan solusi dalam memecahkan sebuah masalah. Memang faktanya malam hari dapat merangsang otak menjadi lebih kreatif. Studi ini ditulis dalam jurnal Personality and Individual Differences.

Twitter Membagikan Tips agar Bisnis Cuan

Berani Mengambil Risiko

Mereka yang sering begadang cenderung lebih berani mengambil risiko, terutama dalam hal berbisnis atau berinvestasi. Hal ini disampaikan oleh para peneliti dari University of Chicago.

Meningkatkan Kewaspadaan

Sebuah studi dalam jurnal Science mengatakan, bahwa orang yang biasa bekerja pada malam hari mampu lebih terjaga dan mental yang waspada dibandingkan dengan orang yang bekerja pada pagi hari. Namun, hal ini tetap harus disertai dengan waktu tidur yang cukup.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.