Makin Diminati, Beragam Kerja Luar Ruangan Ini Bisa Anda Pilih

Perkembangan teknologi bisa mengubah segalanya, termasuk pandangan tentang kerja di luar ruangan.

JEDA.ID— Perkembangan teknologi bisa mengubah segalanya, termasuk pandangan tentang kerja di luar ruangan.
Mungkin sebelumnya kebanyakan orang pilih bekerja di dalam ruangan dengan berbagai alasan, seperti tidak lelah, tidak panas, dan kepastian gaji. Namun dengan perkembangan teknologi pendapat itu kian lama kian memudar.

Tak jarang orang memilih kerja luar ruangan setelah mengenal aplikasi ojek online (ojol). Seperti yang dilakukan oleh Edwin Firmansyahm, 38, yang mengaku memilih menjadi driver ojol daripada pekerja kantoran. Nyaris dua tahun Edwin beralih profesi dari seorang karyawan swasta menjadi driver ojek online. Pekerjaan rumah tersebut semata-mata ia lakukan untuk membantu sang istri, yang beberapa bulan lalu terdiagnosis penyakit tumor di dinding rahim.

Membagi waktu soal pekerjaan, menemani istri yang sakit, merawat dan menemani anak memang bukan perkara mudah. Namun Edwin mengatakan sebisa mungkin mengatur 24 jam yang ia miliki.  “Awalnya bapak-ibu mertua, ibu, kakak kandung dan istri nggak setuju. Jujur dulu pekerjaan saya gajinua dua kali lipat gaji [driver ojol]. Kenapa malah waktu saya nggojek bisa nabung, padahal mentok penghasilan bersih saya sehari Rp150.000,” tutur Edwin.
Akhirnya istripun mendukung, dan Edwin mengaku lebih menikmati pekerjaannya kini. Makin banyak waktu dengan keluarga dan sang istri. Walau tak mulus, namun ia selalu berusaha positif dalam tiap langkahnya.

“Ya pernah emosi dan capek. Ada juga obat [terapi istri] yang di luar cover BPJS, hampir Rp3 juta. Tapi saya selalu ngomong saya butuh pekerjaan ini. Lebih baik bekerja daripada nganggur. Jauhi semua yang menyebar hal-hal negatif,” ujarnya seperti dilansir detikcom.

Lebih Fleksibel

Tak hanya menjadi driver ojol, kerja di luar ruangan bisa beragam pilihannya. Berikut pekerjaan di luar ruangan yang bisa Anda pilih seperti dilansir Jeda.Id dari berbagai sumber :

1. Fotografer

Jika Anda memiliki hobi fotografi, beruntunglah karena hobi ini juga dapat menghasilkan uang bahkan dapat Anda jadikan sebagai pekerjaan utama.  Anda hanya memerlukan pengetahuan tentang fotografi, namun kebanyakan para fotografer terus belajar meskipun telah memiliki jam terbang yang tinggi. Selain kamera yang menjadi elemen penting, Anda juga harus memiliki kemampuan untuk mengedit gambar serta insting untuk mengambil angle yang baik agar foto yang dihasilkan juga tidak mengecewakan.

2. Arkeolog

Meskipun beberapa arkeolog bekerja di kantor atau laboratorium, tapi yang lainnya bekerja di lapangan untuk menilai signifikansi potensi situs konstruksi. Gelar master dibutuhkan untuk pekerjaan ini.

3. Ilmuan Konservasi

Pekerjaan ini memungkinkan orang menjadi peneliti hutan, yang mengelola dan mengawasi kualitas lahan hutan secara keseluruhan, bekerja di taman atau di tempat alami yang lain. Gelar sarjana dengan jurusan terkait dibutuhkan untuk pekerjaan ini.

4. Manajer Konstruksi

Profesi ini bekerja mengamati proyek konstruksi lewat pengelolaan, penjadwalan, anggaran, dan implementasi. Gelar sarjana dan yang berpengalaman biasanya diharapkan mengisi pekerjaan ini.

5. Insinyur lingkungan

Para insinyur bidang lingkungan biasanya menghabiskan banyak waktu di dalam kantor tapi bisa juga di lapangan pada saat proyek konstruksi. Sarjana teknik sipil dan mesin cocok mengisi posisi ini.

6. Insinyur Geologi

Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan profesi ini. Tugasnya termasuk mengamati jeis tanah untuk tambang atau tempant pengembangan lain. Lisensi dan gelar sarjana harus Anda miliki untuk profesi ini.

7. Arsitek landskap

Umumnya pekerjaan ini dilakukan di dalam ruangan, tapi bisa juga di luar jika Anda mengunjungi lokasi pembangunan. Sarjana dengan sertifikat negara adalah standar persyaratan minimum untuk pekerjaan ini.

8. Pelaku survei (Surveyor)

Tugasnya banyak dilakukan di luar kantor dengan berbagai jenis lapangan. Tapi para pelaku survei juga bekerja di dalam kantor untuk menyiapkan laporan dan dokumen-dokumen lain. Pekerjaan ini harus dengan gelar sarjana dan biasanya berlisensi.

9. Petani

Jangan salah, bidang pertanian atau perkebunan merupakan bidang yang menjanjikan hlo. Apabila dilakukan dengan serius dan ditunjang dengan metode dan peralatan mutakhir bukan tak mungkin pertanian atau perkebunan akan mendatangkan penghasilan menggiurkan.

 

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.