Butuh Semangat, Usir Bad Mood Saat Kerja dengan Cara Ini

Padatnya aktivitas di kantor kadang membuat Anda merasa jenuh dan bad mood. Rasa bad mood ini bisa diatasi dengan berbagai cara sederhan

JEDA.ID – Padatnya aktivitas di kantor kadang membuat Anda merasa jenuh dan bad mood. Rasa lelah yang timbul saat bekerja membuat Anda lebih sensitif dibandingkan ketika Anda semangat saat bekerja. Bila Dibiarkan bad mood akan memengaruhi kinerja dan target-target kerja yang hendak kita capai. Bisa kacau kan?

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi bad mood saat di kantor? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasai bad mood seperti dirangkum Jeda.Id dari berbagai sumber, Selasa (18/2/2020).

1. Atur Pernapasan

Anda harus memperhatikan pernapasan saat diliputi rasa penuh tekanan, marah, lelah, hingga stres. Mengatur napas dianggap menjadi salah satu cara terbaik untuk menghadapi rasa bosan atau bad mood. Secara ilmiah, kekuatan napas terbukti berguna untuk memperlambat kerja jantung dan menghilangkan stres, terutama pada masa-masa penuh tekanan.

Selain itu manfaat lain dari mengatur pernapasan adalah mampu menghambat pikiran negatif, membantu menenangkan pikiran saat Anda sedang khawatir, dan mampu menghubungkan Anda dengan spiritual yang baik.

2. Introspeksi Diri

Anda perlu introspeksi diri ketika sedang bad mood. Cari tahu sumber masalah yang menyebabkan Anda bad mood. Jika Anda sudah menemukan penyebabnya, maka Anda lebih mudah mengatasi bad mood dan mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Karena hanya Anda yang tahu bagaimana cara mengatasi rasa bad mood dalam diri Anda. Cobalah untuk merenungkan berbagai peristiwa yang sudah terjadi dalam kehidupan Anda. Luangkanlah waktu untuk merenung. Dengan menenangkan diri, Anda berarti memberi jeda sebelum menyiapkan diri untuk berpikir dan mencari solusi.

3. Manfaatkan Waktu

Fokuskan perhatianmu kepada hal yang membuat Anda nyaman, karena cara ini akan membantu Anda untuk sedikit melupakan rasa bad mood. Manfaatkanlah waktu yang ada untuk mengerjakan hal-hal yang penting. Kerjakan pekerjaan yang mampu membuatmu menjadi tidak bad mood lagi.

Gunakan sisa waktu di luar jam kerja Anda untuk melakukan hal yang Anda suka. Seperti menghabiskan beberapa menit untuk membaca ataupun bermain game yang setidaknya bisa mengubah suasana hati Anda menjadi good mood.

4. Mendengarkan Musik

Sebuah penelitian menunjukkan dengan mendengarkan musik dengan nada yang ceria dapat meningkatkan mood seseorang setidaknya selama dua minggu. Musik juga mampu membuat Anda menjadi lebih ceria.

Musik ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai terapi untuk mengurangi gejala depresi, melawan stres, dan meningkatkan konsenstrasi, memperbaiki memori, dan menjaga kesehatan otak.

Mengutip psychcentral, ada pula hasil studi yang menyatakan mendengarkan musik dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres (kortisol). Studi tersebut dilakukan pada 54 perawat yang mendengarkan musik menenangkan selama 30 menit.

Maka dari itu, dengarkanlah musik favorit Anda agar semangat Anda kembali bangkit. Saat perasaan bosan muncul di kantor, pastikan Anda mendengarkan musik menggunakan earphone agar rekan kerja yang lain tidak terganggu.

5. Jalan-jalan ke Luar Kantor

Salah satu penyebab Anda bad mood bisa jadi karena bosan dengan rutinitas yang Anda lalui setiap hari di kantor. Berdiam diri lama di depan komputer dan melakukan hal yang sama setiap harinya akan membuat Anda jenuh. Anda membutuhkan suasana baru untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut.

Luangkan waktu sejenak untuk berjalan-jalan ke luar kantor atau ruangan untuk merefreshkan pikiran Anda. Carilah tempat yang bisa membuat Anda senang dan melupakan sejenak beban pikiran.

6. Cari Hal-hal yang Membuat Anda Tersenyum

Jika keadaan memang memaksa Anda untuk tidak dapat beranjak dari kantor, maka tak ada salahnya Anda membayangkan hal-hal yang mampu membuat Anda tersenyum. Mungkin dengan memutar video lucu atau memandang foto orang tersayang di galeri ponsel Anda mampu sedikit mengurangi rasa bad mood.

Pikirkan hal yang membuat Anda bersyukur, meskipun itu merupakan hal sepele. Bisa jadi dengan bersyukur, mood Anda kembali baik karena Anda tersadar akan kehidupan ini tak luput dari masalah.

7. Ngemil atau Menghirup Aroma

Mungkin dengan ngemil, Anda bisa mengatasi bad mood yang sedang melanda di kantor. Makanlah camilan kesukaan Anda untuk mengurangi perasaan kesal atau tidak enak. Ada baiknya jika Anda ngemil dalam porsi cukup, jangan berlebihan, karena itu justru tidak baik untuk kesehatan Anda.

Bawalah camilan sehat ketika Anda hendak ke kantor, seperti almond yang kaya akan omega 3, cokelat hitam, biskuit, buah atau sepaket oatmeal untuk mengganjal rasa lapar di perut.

Tidak hanya ngemil makanan, minum juga bisa jadi cara untuk mengatasi rasa bad mood. Ketika Anda menghirup aroma vanila yang lembut atau aroma kopi, mungkin rasa stres yang Anda alami akan berkurang. Penulis buku terlaris asal Amerika Serikat, Gretchen Rubin, mengatakan bahwa menghirup aroma yang menyegarkan dan menenangkan dapat meningkatkan mood jadi lebih baik. Menurutnya meredakan suasana hati yang buruk di kantor bisa dengan cara sederhana ini.

8. Curhat dengan Rekan Kerja

Saat bad mood melanda, tiba-tiba Anda hanya ingin bersantai dan refreshing. Namun perlu diingat, Anda tidak bisa meninggalkan pekerjaan di kantor hanya karena ingin bersantai menghilangkan penat. Ketika Anda berada di kantor, cobalah untuk curhat dengan rekan kerja agar perasaan menjadi sedikit lega.

Carilah rekan kerja yang Anda percaya bisa menjaga rahasia Anda dan dapat memberikan solusi yang baik untuk masalah Anda. Namun, jangan gunakan waktu bekerja untuk cuhat ya, Anda bisa mengajaknya pergi makan siang bersama tanpa mengurangi waktu kerja kalian.

9. Lihat Youtube

Bila memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk melihat video lucu atau inspiratif di Youtube. Carilah video yang bisa membuat Anda bahagia. Dengan tertawa mungkin bisa membuat Anda menjadi kembali semangat bekerja dan tidak bad mood lagi.

10. Berdoa

Sudah melakukan berbagai cara di atas namun masih saja bad mood? Mungkin dengan cara terakhir ini Anda bisa kembali ceria dan melupakan masalah yang ada. Ada kalanya Anda memerlukan waktu sendiri untuk berdoa. Carilah waktu senggang yang dapat Anda manfaatkan untuk berdoa. Karena apapun masalah yang terjadi dalam kehidupan kita, hanya Tuhan yang mampu membantu dan mengabulkan segala permohonan kita. Selamat mencoba! (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.