Cara Sederhana Meningkatkan Semangat Kerja di Kantor

Meski sering didera bosan dan stres, para pekerja kantoran perlu terus menjaga semangat kerja agar bisa menyelesaikan tugas dengan baik.

JEDA.ID—Para pekerja kantoran perlu terus menjaga semangat kerja agar bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Mengingat bekerja hanya di dalam ruangan terkadang didera rasa bosan.

Sebagian orang mungkin berpendapat bekerja di kantor adalah pekerjaan yang menyenangkan dan ringan karena tak perlu beradu dengan debu atau kemacetan seperti mereka yang bekerja di luar ruangan. Namun, mereka yang bekerja di dalam ruangan ternyata berpotensi menghadapi sejumlah risiko.

1. Risiko obesitas dan mata kering

Salah satu efek buruk dari duduk di meja sepanjang hari adalah peningkatan risiko obesitas dan penyakit tidak menular seperti stroke hingga diabetes karena pekerja kantoran umumnya tidak terlalu banyak bergerak. Selain itu, penggunaan komputer yang lama juga dapat menyebabkan masalah seperti mata kering.

2. Mudah cemas

Perkembangan teknologi seperti hadirnya email dan grup chat membuat pekerja tak lagi memiliki batasan antara urusan kantor dan pribadi. Hal ini seringkali mendorong perasaan cemas yang lebih tinggi.

3. Stres

Pekerja kantoran terkadang didera rasa bosan, semangat kerja menurun, bahkan stress. E. Kevin Kelloway dari Universitas St. Mary mencatat bahwa perlakuan yang tidak adil dari atasan ke bawahan dapat merusak kesehatan mental para pekerja kantoran dalam jangka panjang. Psikolog juga menemukan bahwa pekerja yang mengalami stres memiliki kinerja 50 persen lebih buruk.

4. Memengaruhi kebiasaan makan

Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak tempat kerja menawarkan pilihan makanan yang tidak sehat seperti pizza, soda, kue, brownies, kue, dan permen. Stres juga dapat membuat sebagian orang menginginkan makanan manis dan semakin sulit ditolak ketika camilan ditawarkan secara gratis.

Stephen J. Onufrak, seorang peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, memimpin sebuah studi baru yang menyoroti bagaimana makanan di tempat kerja seringkali tinggi kalori, biji-bijian olahan, gula tambahan, dan garam. Pola makan seperti ini bisa meningkatkan risiko penyakit tidak menular di masa mendatang.

Menjaga Mood

Di tengah risiko-risiko tersebut pekerja kantor harus tetap menjaga mood dan semangat kerja. Berikut adalah tips-tips sederhana yang bisa meningkatkan semangat kerja di kantor seperti dilansir Jeda.Id dari berbagai sumber, Selasa (20/8/2019).

1. Mencari Hal yang membuat bahagia

Hal ini bisa dilakukan sesederhana mencari sesuatu untuk disyukuri, karena setiap orang memiliki setidaknya satu hal kecil untuk disyukuri. Entah itu lokasi kantor yang strategis dekat dengan pusat jajanan enak, secangkir kopi di meja, atau bahkan sekadar bayangan kasur dan bantal hangat yang menanti kepulangan Anda di rumah.

2. Buat meja kerja senyaman rumah Anda

Jika ingin semangat kerja tetap tinggi, coba sisihkan waktu sebentar untuk membersihkan dan merapikan meja. Boleh saja menghias meja kerja dengan gaya khas Anda, misalnya dengan membawa boneka pajangan, bingkai foto anggota keluarga atau kekasih hati, atau mungkin poster idola kesayangan. Namun pastikan hal ini tetap menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan, ya!

3. Istirahat saat mulai merasa jenuh

Coba bangkit dari kursi untuk meregangkan otot-otot badan atau jalan-jalan sebentar. Mungkin ke pantry untuk isi air minum, ke toilet untuk cuci muka, atau ke kantin untuk cari camilan sebelum melanjutkan pekerjaan.
Selingan singkat dari pekerjaan benar-benar dapat meningkatkan produktivitas Anda dengan memompa aliran darah segar mengalir lancar sehingga memungkinkan Anda untuk kembali memelototi pekerjaan dengan mata segar.

4. Kurangi multitasking

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mencoba untuk melakukan dua atau lebih kegiatan sekaligus malah menjadi mudah teralihkan pikirannya, dan kualitas pekerjaan mereka buruk. Kuncinya, fokus selesaikan satu tugas di satu waktu sebelum beralih ke proyek berikutnya.

5. Rayakan kemenangan, sekecil apa pun

Setiap kali Anda menyelesaikan satu tugas dari daftar harian yang bejibun, kelegaan yang Anda rasakan akan mendorong otak untuk melepaskan senyawa kimia dopamine yang bertanggung jawab untuk mood positif.
Entah itu dengan makan malam romantis dengan pasangan, membeli gadget baru, menikmati sepotong kue, atau meluangkan waktu untuk memanjakan diri dengan pergi ke bioskop atau nyalon, dorongan dopamin akan memberikan Anda motivasi lebih banyak untuk semakin bergerak maju dan melakukan lebih banyak lagi.

Ketika terjebak di masa-masa sulit, coba untuk mengingat kesuksesan di masa lalu, tak peduli seremeh apapun itu. Hal kecil ini ampuh membantu meningkatkan semangat kerja dan kepercayaan diri Anda di kantor. Keyakinan Anda terhadap kemampuan diri sendiri terbukti dapat mencerminkan hasil kerja nyata yang lebih positif di tempat kerja.

6. Tersenyum

Mengenang memori indah seperti contoh di atas juga akan membuat Anda tersenyum. Sesuatu yang sederhana seperti tersenyum dapat meningkatkan kebahagiaan Anda di tempat kerja karena memberitahu otak untuk menjadi lebih bahagia, berkat pelepasan senyawa neuropeptida.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.