Kulit Kering Bikin Risih, Cara Alami Ini Bisa Anda Pilih

JEDA.ID—Setiap orang terutama kaum wanita sering dibikin galau karena masalah kulit kering. Jangan buru-buru membeli produk berbahan kimia untuk mengatasinya. Bahan-bahan alami di sekitar kita bisa dimanfaatkan untuk membuat kulit kita terjaga dari kekeringan dan kembali sehat.

Uumumnya kulit yang mengering disebabkan oleh cuaca dingin atau kosmetik dan sabun yang kamu gunakan. Kelenjar sebaceous di dalam kulit yang lamban memproduksi minyak alami juga bisa menyebabkan masalah ini. Selain itu riasan kosmetik, perubahan iklim, pemakaian obat-obatan tertentu, dermatitis kontak juga dapat menjadi penyebab lainnya. Berikut ini adalah sejumlah penyebab kulit kering yang dirangkum Jeda.Id dari berbagai sumber, Senin (19/8/2019)

1. Cuaca dingin dan kelembapan udara rendah

Situasi ini biasanya bukan masalah besar bagi negara tropis seperti Indonesia. Namun, seiring meningkatnya penggunaan pendingin udara, risiko kulit kering semakin meningkat. Suhu AC terlalu dingin dapat menyebabkan lingkungan kurang lembap dan membuat kulit kering bila terlalu sering berada dalam ruangan.

2. Mandi Terlalu Lama

Kebiasaan mandi terlalu lama juga dapat membuat semakin banyak air yang menguap dari tubuh. Kulit memang melakukan kontak langsung dengan air ketika mandi. Namun setelah mandi, air di permukaan tubuh justru menguap dan berisiko membuat kulit kering . Untuk menjaga kelembapan kulit, batasi waktu mandi sekitar 5-10 menit saja.

3. Penggunaan sabun atau bahan antiseptik berlebihan

Rasa kesat setelah mandi bukan berarti kulit bersih, melainkan lapisan minyak alami kulit hilang dan kulit menjadi kering. Semakin sering terkena sabun, semakin banyak lapisan minyak pada kulit yang hilang. Hal yang sama juga terjadi ketika kita berlebihan menggunakan bahan antiseptik.

4. Terlalu sering menggosok tubuh (scrubbing)

Scrubbing memang diperlukan agar kulit mati bisa hilang, namun terlalu sering menggosok tubuh justru membuat permukaan kulit menjadi rusak. Penggunaan alat bantu mandi seperti batu apung, spons kasar, atau bahan kasar lainnya memang membuat kulit terasa lebih bersih. Namun, sebaiknya hanya gunakan tangan atau lap lembut untuk membersihkan tubuh.

Cara mengatasi secara alami

ilustrasi air minum (freepik)

ilustrasi air minum (freepik)

1. Konsumsi makanan bergizi dan minum air putih

Perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu, rajinlah mengonsumsi air putih agar kulit terhidrasi dengan baik. Hal ini tak hanya membuat kulit sehat namun Anda pun akan menjadi lebih segar. Seperti dilansir Antaranews, makanan yang kaya akan asam lemak, antioksidan, dan vitamin C akan bekerja baik untuk kulit. Namun Anda sebaiknya mengurangi makanan berminyak dan gula.

2. Makan ikan

Para ahli juga menyarankan untuk banyak makan ikan sebagai cara mengatasi masalah kulit secara alami. Cobalah menyeimbangkan diet dengan lebih banyak mengonsumsi ikan dan sayuran untuk memberi tubuh dosis asam lemak dan vitamin, membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi.

3. Menggunakan pelembap alami

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembap alami. Bubuk almond, minyak argan, dan madu bisa memberi pengelupasan pada kulit wajah. Pastikan untuk mencampurkan bubuk almond hingga halus guna menghilangkan bagian bergeriginya yang mungkin dapat menggores permukaan kulit.

4. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan matahari dan kulit kering. Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan lidah buaya adalah dengan menggunakan krim yang terbuat dari gel lidah buaya. Jika memiliki masalah kulit kering pada bagian yang berambut, Anda tidak perlu mencukur terlebih dahulu. Krim ini dapat melumasi daerah berambut yang mengalami kulit kering.

5. Gunakan minyak kelapa

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak ini merupakan salah satu bahan herbal yang sederhana nan ekonomis. Minyak kelapa dapat dioleskan pada bagian kulit yang kering. Tak hanya kulit, jika mengalami bibir kering, Anda juga dapat memanfaatkannya dengan mengoleskannya pada bagian tersebut.

6. Perawatan dengan yogurt dan telur

Kandungan protein dan lemak baik dalam telur juga yogurt dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Kombinasi kandungan keduanya juga membantu menyehatkan dan melindungi kulit dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara. Untuk membuatnya, gunakan yogurt murni tanpa tambahan gula dan perasa.

Caranya, ambil beberapa sendok yoghurt dan campurkan telur ke dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Biarkan hingga kurang lebih 10 menit sebelum dibersihkan. Usahakan untuk membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

Ditulis oleh :

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.